8 Cara Bahagia dan Tenang  Coba Sekarang Juga

8 Cara Bahagia dan Tenang Coba Sekarang Juga

Setiap manusia yang hidup selalu mempunyai masalah. Jangan biarkan masalah semakin besar dan memperburuk kehidupan nyata kamu. Lakukan beberapa cara bahagia di bawah ini untuk meraih ketenangan yang hakiki. Raih tenang dalam kehidupan sehingga memberikan manfaat untuk semua orang.

Sejatinya hidup di dunia untuk bermanfaat bagi siapa saja. Nah, itulah poin utama yang akan kami bahas untuk kamu. Seorang manusia bisa bermanfaat kepada siapa saja. Tetaplah pelihara pikiran positif yang jernih dan terang. Berikut beberapa cara bahagia yang dapat kamu coba.

Cara Bahagia dan Tenang untuk Keselarasan Kehidupan


8 Cara Bahagia dan Tenang  Coba Sekarang Juga

Pertama-tama yang perlu kamu lakukan adalah mengosongkan pikiran. Letakkan dulu semua masalah dalam hidup ini, dan istirahatkan otak dengan santai. Ketenangan dan kebahagian adalah dua hal yang saling bersinggungan. Kamu akan merasa tenang dan bahagia dalam hidup.

1 Menghilangkan Keinginan yang Tidak Perlu

Kamu tidak bahagia. Kamu tidak tenang. Karena terlalu banyak keinginan yang tidak terwujudkan. Kehidupanmu menjadi terganggu, gelisah, sampai murung terus. Hilangkan dulu keinginan tersebut, caranya cukup mudah asal kamu benar-benar mempunyai kekuatan hati. Yaitu dengan bersyukur atas apa yang kamu miliki.

Contohnya kamu menginginkan smartphone terbaru yang rilis. Padahal smartphone milikmu sudah sangat mumpuni melakukan kinerja guna menunjang pekerjaan. Nah, karena tidak mendapat keinginan tersebut kamu menjadi tidak bahagia. Lakukan cara bahagia dengan selalu berterima kasih kepada yang memberi kehidupan ini.

Peran agama di sini sangat berpengaruh. Kamu bisa mulai dengan meredam keinginan, meningkatkan ritual beribadah masing-masing, kemudian bersyukur karena tidak semua orang seberuntung kamu. Kamu adalah orang yang beruntung, lihatlah di cermin, akan tampak seseorang yang sangat beruntung. Maka bersyukurlah setiap pagi.

2 Berbagi Kebaikan Baik Materi Maupun Kegiatan Sosial

Cara kedua untuk bahagia dan hidup tenang adalah bermanfaat untuk orang banyak. Kamu bisa mulai dengan membagikan kebaikan dalam berbagai konteks. Misalnya dengan hal paling sederhana saja: membayar makanan dan minuman yang dipesan teman kamu. 

Kalau sikap berbagi tanpa mengharap imbalan tersebut sudah menjadi kebiasaan. Pasti kehidupan kamu seterusnya akan selalu tenang. Berbagi bukan hanya memberi berdasarkan jumlah nominalnya, tetapi lebih besar daripada sekadar nilai, yaitu niat baik dan ikhlas.

Tidak ada gunanya menjadi orang yang iri maupun dengki. Bahagialah bersama teman-teman, tetap berpikir positif atas mereka, serta memberi kebaikan baik dengan materi maupun tenaga. Bagi kamu yang bisa membantu dalam bentuk tenaga, contohnya ada teman yang minta tolong akan sesuatu. Selama itu tidak jahat atau merugikan orang lain, tidak ada alasan untuk menolaknya.

Saat memberi bantuan itu tidak perlu mengharap balasan. Lakukan cara bahagia dengan membagikan kebaikan untuk semua orang, karena sejatinya kita tidak memiliki apa-apa. Semuanya akan kembali kepada Yang Maha Kuasa. 

3 Menghirup  Udara Segar

Dari faktor biologis juga perlu kamu perhatikan, loh. Contohnya otak membutuhkan pasokan oksigen yang cukup. Lakukan cara bahagia dengan refleksi diri sendiri lebih dulu, apakah kamu orang yang tidak pernah keluar rumah atau bahkan tidak pernah keluar kamar. Suasana seperti terkurung menjadi salah satu faktor kamu tidak bahagia.

Keluarlah sebentar, hidup segarnya udara kemudian pandangi sekitar bahwa sejatinya dunia ini sangat luas sekali. Bayangkan kamu melakukan hal menyenangkan sebagaimana masa kecil dulu. Seperti mencari ikan di parit sawah, makan tebu, berburu kumbang, dan sebagainya.

Meski kamu sudah dewasa, tetap bisa melakukan itu semua. Ketika kamu membayangkan hal tersebut, sadari perbedaan bahwa sekarang kamu sudah lebih bahagia dibandingkan sebelumnya. Benar kan? Keluar dari rutinitas yang menjemukkan juga perlu dilakukan. 

4 Olahraga yang Rutin

Melakukan olahraga akan membuat tubuh sehat, selain itu otak menjadi rileks. Cobalah melawan sifat malas kamu dengan berolahraga. Kamu akan memperoleh pikiran yang tenang, bahkan tidur pun menjadi jauh lebih nyenyak daripada sebelumnya.

Olahraga yang kami maksud sangat simpel dan mudah dilakukan. Misalnya senam setiap pagi di halaman rumah, berlari kecil, atau bersepeda. Lihat? Di zaman dan masa sekarang, bersepeda menjadi tren yang disukai banyak orang. 

Kamu bisa mulai bersepeda atau lari pagi. Tetapi jangan lupa sarapan ya, sarapan juga dibutuhkan tubuh karena karbohidrat itu perlu. Olahraga dan sarapan menjadi cara bahagia dan menjalani hidup tenang yang disarankan. Makanan bergizi seperti sayur dan buah-buahan, jauh lebih baik lagi kalau sayur dan buah itu dari halaman rumahmu.

5 Tersenyum Bikin Bahagia Ajaib

Cara bahagia yang paling instan adalah tersenyum! Kamu akan merasa seperti tersihir dengan senyuman. Pikiran menjadi lebih tenang, serta berpikir tentang sesuatu akan jernih. Kalau tidak percaya, sekarang kamu harus tersenyum.

Tersenyum dan melihat orang lain senyum akan memancarkan energi positif yang dapat kamu rasakan. Yah, cara tersenyum mudah saja. Kamu cukup membuat bulan sabit menggunakan bibir. Atau ingatlah masa perkenalan pertama antara kamu dengan orang tercinta. 

6 Membatasi Media Sosial

Sadari bahwa sebenarnya media sosial yang berlebihan itu sama sekali tidak baik. Kamu akan mudah merasa iri, mudah marah, atau menginginkan sesuatu yang sebenarnya kamu sudah memilikinya. Gunakan media sosial secukupnya, hal ini membutuhkan paksaan yang kuat untuk melawannya.

Contoh yang paling mudah adalah saat nongkrong bersama teman-teman. Letakkan smartphone tanpa menggunakannya sama sekali, kemudian ajaklah teman di depan dan di samping kamu untuk berbicara. Hal tersebut sebenarnya jauh lebih menyenangkan daripada masing-masing dari kalian bermain smartphone saja. 

Dengan berbicara secara langsung dengan teman, kamu akan mendapat pengetahuan baru tentang kehidupan ini. Mulailah pertanyaan dengan mengapa, dan biarkan temanmu itu bercerita panjang. Baik tentang pengalaman maupun hal lainnya.

7 Melakukan Hobi yang Disenangi

Hobi adalah suatu kegiatan yang jika dilakukan pasti menyenangkan. Misalnya kamu suka memancing, seorang pemancing akan tetap senang walaupun tidak mendapat ikan. Atau kamu suka memasak, kalau masakan jadi, meskipun rasanya tidak karuan sama sekali kamu akan tetap senang.

Melakukan hobi di waktu-waktu tertentu sangat dibutuhkan. Kamu bisa melakukannya di akhir pekan, sela waktu, asal tidak mengganggu pekerjaan utama. Mencari hobi atau kesenangan lainnya tidak ada salahnya dicoba, oh ternyata selain suka memancing, kamu juga suka menulis! Maka menulislah sambil memancing, pernah terpikirkan?

8 Menghargai Diri Sendiri dengan Wajar

Apakah kamu pernah mendengar tentang hutan butuh diri di negara Jepang? Jangan sampai memelihara anggapan negatif yang selalu berakhir tidak baik. Selalu bahagia, selalu tersenyum, dan selalu berpikiran positif

Hargailah diri kamu sendiri. Kamu tidak bisa melakukan suatu pekerjaan hingga lewat pukul dua dini hari, maka istirahatlah dan lanjutkan pekerjaan di esok harinya. Menghargai diri sendiri dengan wajar adalah salah satu cara bahagia dan tenang. Ingat, kamu adalah orang yang berharga, misalnya bagi dia yang tercinta.

Sudah merasa lebih baik? Lakukan kegiatan yang bermanfaat dalam hari-hari kamu. Sebarkan kebaikan kepada orang terdekat kamu supaya sama-sama merasa bahagia. Yaitu dengan membagikan informasi di atas tentang cara bahagia dan meraih ketenangan serta jangan lupa tersenyum pada setiap hari.