8 Jenis Ayam Hias Termahal dengan  Harga Selangit

8 Jenis Ayam Hias Termahal dengan Harga Selangit

Salah satu hewan peliharaan yang familier adalah ayam, mulai dari ayam kampung, ayam broiler, sampai ayam hias. Namun, bagaimana jika memelihara ayam hias termahal? Mungkin, tetangga Anda akan melongo. Pasalnya, tidak seperti harga ayam potong yang berkisar pada angka Rp30.000, tetapi ayam hias mampu mencapai harga puluhan juta.

8 Jenis Ayam Hias Termahal

Ayam memang hadir dengan berbagai macam jenis atau varian. Rata-rata, ayam juga mudah dirawat hingga dikembangbiakkan. Selain itu, ayam cenderung ramah dan jinak. Oleh karena itu, tidak jarang Anda menemukan orang-orang yang memelihara ayam untuk dimakan atau sebaliknya, memelihara ayam untuk dinikmati visual dan suaranya sebagai ayam hias.

1. Ayam Serama


ayam hias termahal serama

Tidak berasal dari Indonesia, tetapi ayam hias termahal ini berasal dari Malaysia. Ayam serama mempunyai tampilan visual yang unik dan menggemaskan. Pasalnya, tubuhnya terbilang kecil dengan tembolok yang dibusungkan layaknya orang yang percaya diri. Hal ini membuat ayam serama tampak menyerupai miniatur, khususnya bagi ayam serama jantan yang mungil.

Oleh karena visualnya, ayam serama kerap dipelihara sebagai ayam hias. Sedangkan, ayam serama yang diikutkan di kompetisi dipilah berdasarkan berat tubuhnya, yakni kelas A untuk berat rata-rata 350 gram, kelas B dengan berat rata-rata 500 gram, dan kelas C dengan berat 600 gram.

2. Ayam Cemani


ayam hias termahal cemani


Pernah membayangkan seekor ayam yang dibanderol dengan  harga Rp 35 juta? Yup, ayam cemani merupakan ayam hias termahal yang dibanderol dengan harga fantastis. Tidak khayal jika daging ayam cemani yang hitam menjadi menu makanan termahal. Pasalnya, ayam ini merupakan spesies asli Indonesia dan terbilang langka di masa sekarang.

Selain itu, ayam cemani kerap dikaitkan dengan ilmu hitam. Mungkin, hal ini karena seluruh tubuhnya yang hitam, baik untuk organ dalam hingga warna darah, kecuali lidahnya yang berwarna abu-abu. Ayam cemani dibedakan menjadi dua, yakni ayam cemani walik dan ayam cemani biasa yang dapat dibedakan berdasarkan bentuk bulunya.

3. Ayam Kadaknath


Ayam Kadaknath termahal

India mempunyai jenis ayam yang masuk dalam kategori ayam hias termahal, yakni ayam kadaknath dengan julukan unggas berwarna hitam. Karakteristik ayam ini memang menyerupai ayam cemani. Sedangkan, di negara asalnya, ayam kadaknath kerap dipakai untuk pengobatan. Oleh karena itu, ayam ini dibanderol dengan harga selangit.

4. Ayam Hen Deathlayer


Ayam termahal Hen Deathlayer

Ayam hen deathlayer mempunyai nama lain westfalische totleger omo. Ayam ini mempunyai tampilan visual memukau yang didukung bulu-bulunya yang indah. Selain itu, ayam hen deathlayer juga mempunyai mata menyerupai boneka dengan tampilan ekor yang menawan. Ayam ini juga tetap produktif meski memasuki usia yang tua.

Ayam hen deathlayer merupakan jenis ayam hias termahal yang dapat dibanderol hingga Rp1,4 juta per ekor. Bobotnya mencapai 2 kg untuk ayam jantan dan 1,5 kg untuk ayam betina. Meskipun termasuk ayam yang mahal, tetapi ayam hen deathlayer tetap mudah dirawat layaknya ayam peliharaan yang lain, lho.

5. Ayam Hitam Swedia


ayam hias termahal ayam hitam swedia

Ternyata, ada berbagai jenis ayam berwarna hitam. Ayam cemani, ayam kadaknath, hingga ayam hitam Swedia sama-sama mempunyai persamaan, yakni  tubuhnya berwarna hitam. Akan tetapi, berdasarkan kelangkaannya, ayam hitam Swedia menempati urutan pertama. Oleh karena itu, tidak jarang ayam ini dibanderol dengan harga Rp1,4−4,2 juta per ekor.

Ayam hitam Swedia mempunyai sifat fibro melanistic, yakni tubuh dan organ-organ dalamnya ikut berwarna hitam. Jadi, Anda tidak perlu takut jika menemukan lidah, pial, paruh, bulu, kaki, dan daging tampak hitam dan mengerikan. Bisa jadi, Anda menemukan ayam hitam Swedia yang mahal. Sebaiknya, pelihara ayam ini layaknya ayam kampung biasa.

6. Ayam Kalkun Black Spanish


Ayam hias termahal Kalkun Black Spanish

Jika Anda melihat seekor ayam dengan tampilan yang tidak biasa, mungkin ayam tersebut termasuk dalam jenis ayam kalkun black Spanish. Biasanya, ayam ini dijadikan sebagai jenis ayam hias termahal untuk koleksi yang eksotis. Anda dapat menikmati visual bulunya yang hitam metalik dengan kilauan khas saat terkena cahaya.

Selain itu, ayam kalkun black Spanish termasuk sebagai ras ayam kalkun tertua di dunia, lho. Ayam ini berasal dari daratan Eropa dan diketahui sebagai keturunan kalkun asal Meksiko. Meski ukurannya terbilang besar, tetapi ayam ini tetap ramah dan jinak pada manusia. Nah, apakah Anda berniat untuk memelihara?

7. Ayam Olandsk Dwarf


Ayam hias termahal Olandsk Dwarf

Apakah kamu menyukai ayam-ayam mini berukuran kecil? Kalau begitu, cobalah untuk memelihara ayam Olandsk dwarf. Pasalnya, ayam ini masih termasuk keluarga ayam kate. Bulunya tampak berwarna-warni dengan tubuh yang kecil. Oleh karena itu, ayam ini dinamai sebagai ayam kurcaci. Berdasarkan sejarah, ayam Olandsk dwarf berasal dari Pulau Oland, Swedia.

8. Ayam Liege Fighter


Ayam hias termahal Liege Fighter

Jenis ayam hias termahal yang terakhir adalah liege fighter. Sesuai namanya, ayam ini populer sebagai ayam petarung yang paling mahal. Tubuhnya tampak gagah dan kuat dengan bobot mencapai 5,5 kg. Oleh karena itu, mereka termasuk golongan ayam berukuran besar. Sedangkan, menurut sejarah, ayam ini berasal dari Belgia Timur.

Jika diamati, ayam liege fighter tampak mempunyai bentuk tubuh yang ideal, yakni panjang dan ramping dengan tubuh yang berotot. Warna ayam ini juga bervariasi, mulai dari putih, hitam, emas, perak, biru-emas, bichen biru, dan lain-lain. Di pasaran, ayam ini dipatok dengan harga Rp1,5 juta per ekor bisa untuk usaha dengan modal 2 juta rupiah.

Demikian 8 jenis ayam hias yang dibanderol dengan harga selangit. Anda dapat menyisihkan sebagian pendapatan untuk membeli ayam hias tersebut. Pasalnya, beternak ayam hias menjadi prospek usaha sampingan yang menggiurkan. Jadi, tidak sekadar memelihara sebagai hiburan, tetapi ayam hias termahal juga sebagai ladang uang usaha untuk dijual lagi yang menjanjikan.