8 Rekomendasi Makanan Korea Selatan yang Harus Dicicipi

8 Rekomendasi Makanan Korea Selatan yang Harus Dicicipi

IndoSuggest - Demam drama Korea dan K-pop membuat makanan Korea Selatan menjadi populer. Oleh karena itu, tidak heran jika gaya hidup Korea Selatan digandrungi berbagai kalangan masyarakat di Indonesia, mulai dari remaja hingga orang tua. Tidak hanya gaya berpakaian atau selera musik, tetapi berbagai makanan khas Korea Selatan juga diminati.

8 Rekomendasi Makanan Khas Korea Selatan


8 Rekomendasi Makanan Korea Selatan yang Harus Dicicipi


Makanan tradisional Korea kerap ditampilkan dalam adegan drama. Selain itu, artis K-pop juga mengekspos keseharian dengan aneka makanan yang menggiurkan dan kekinian. Pecinta drama Korea dan K-pop pun dapat melihat berbagai makanan khas Korea, dari makanan tradisional hingga jajanan di pinggir jalan. Demikian 8 rekomendasi makanan khas Korea Selatan:

1. Sannakji


Sannakji Rekomendasi Masakan Korea Selatan


Jika kamu jijik dengan gurita, sebaiknya jangan coba-coba untuk memesan Sannakji. Pasalnya, Sannakji merupakan makanan Korea Selatan yang akan mengingatkanmu pada gurita yang sedang berenang. Jika kamu memesannya, pramusaji akan memberikan sebuah piring yang dipenuhi potongan kaki gurita berukuran kecil, tentunya dengan menggeliat-geliat untuk disantap.

Nah, jika kamu menyukai makanan ekstrem, mungkin Sannakji dapat menjadi rekomendasi makanan khas Korea yang sesuai. Selain gurita mentah, kamu juga dapat memesan gurita hidup, lho. Biasanya, Sannakji disajikan dengan mi kuah dingin disertai siraman minyak wijen. Pokoknya, kamu bisa menikmati sensasi geliatan dan tempelan tentakel-tentakel gurita di mulut.

2. Kimchi


Kimchi Rekomendasi Masakan Korea Selatan


Sayuran yang difermentasi dengan bumbu-bumbu khusus merupakan cara membuat kimchi. Secara umum, kimchi merupakan makanan Korea Selatan paling populer. Makanan ini mempunyai cita rasa yang pedas dan asam. Sedangkan, melalui visualnya, kimchi terlihat berwarna merah dan menyegarkan. Biasanya, kimchi terbuat dari sawi putih, timun, lobak, dan sayur-sayuran yang lain.

3. Miyeok Guk


Miyeok Guk Rekomendasi Masakan Korea Selatan


Apa kamu tipikal orang yang menyukai makanan berkuah? Kalau begitu, pesan sup asal Korea yang disebut miyeok guk. Sup ini termasuk makanan Korea Selatan yang terbuat dari rumput laut. Meski Jepang mempunyai sup berbahan sama, tetapi keduanya mempunyai cita rasa yang berbeda. Pasalnya, miyeok guk dibuat dengan bumbu-bumbu tertentu.

Miyeok guk terbuat dari rumput laut yang dilunakkan, kemudian dimasak memakai kaldu sapi atau ikan. Sedangkan, bumbu-bumbu yang membuat cita rasa miyeok guk berbeda ialah minyak wijen, bawang putih, tofu, dan lain-lain. Kamu bisa membuatnya sendiri atau memesan miyeok guk dengan bahan-bahan tambahan sesuai selera.

4. Ramyeon


Ramyeon Rekomendasi Masakan Korea Selatan


Mi instan Korea Selatan disebut ramyeon. Makanan ini mempunyai karakteristik pedas dan kental. Biasanya, ramyeon terbuat dari campuran kimchi, sosis, bakso ikan, daging, hingga telur setengah matang. Orang Korea kerap memakan ramyeon di panci dalam keadaan yang panas. Jadi, apa kamu berniat mencicipinya dengan cara yang sama?

5. Jajangmyeon


Jajangmyeon Rekomendasi Masakan Korea Selatan


Jangan ngaku-ngaku sebagai penggemar mie jika belum mencicipi makanan Korea Selatan bernama jajangmyeon. Pasalnya, makanan ini terbuat dari mi dengan karakteristik tertentu. Dengan demikian, kamu dapat menemukan cita rasa mi Korea Selatan yang unik. Mi jajangmyeon dibuat tebal dengan campuran potongan daging, saus kedelai hitam, sayuran, dan bawang bombai.

Tidak hanya itu, air kaldu akan ditambahkan untuk mengurangi rasa asin. Maka, cita rasa jajangmyeon yang gurih akan memberi sensasi kuliner yang menarik. Sebelum memesannya, sebaiknya ketahui bahwa jajangmyeon disajikan dengan acar lobak. Kemudian, kamu harus mengaduk saus dan mi agar tercampur merata. Tada! Jajangmyeon siap kamu nikmati.

6. Bibimbap


Bibimbap Rekomendasi Masakan Korea Selatan


Sebenarnya, apa makna bibimbap di Korea Selatan, ya? Ternyata, bibimbap merupakan nasi campur khas Korea. Dengan memesan bibimbap, kamu akan menjumpai nasi putih dengan berbagai jenis sayuran dengan saus tertentu. Kemudian, diaduk merata. Selain itu, kamu bisa menambahkan topping lain sesuai selera pada makanan Korea Selatan ini, lho.

Biasanya, topping tambahan berupa telur setengah matang atau bahkan telur mentah. Bibimbap juga disajikan di hotplate sehingga kamu dapat menikmatinya dalam keadaan yang hangat. Dengan mencicipinya, kamu akan tahu bahwa bibimbap mempunyai sensasi rasa yang unik, mulai dari aneka tekstur hingga saus yang tercampur merata.

7. Kimbab


Kimbab Rekomendasi Masakan Korea Selatan


Siapa yang tidak mengenal kimbab sebagai makanan Korea Selatan paling populer di Indonesia? Yup, kimbab merupakan makanan khas Korea yang menyerupai sushi di negara Sakura. Perbedaannya, ada pada lembaran rumput laut, di mana di dalamya terdapat nasi yang digulung memakai potongan telur, sayur-sayuran matang, daging, dan lain-lain.

Biasanya, kimbab disajikan berbentuk segitiga atau bulat sehingga tampak berisi dan mengenyangkan untuk dimakan. Nah, ternyata kimbab merupakan makanan alternatif untuk penggemar sushi karena terbuat dari bahan baku yang aman. Pasalnya, kimbab dibuat dari isian yang matang dan tidak semua mentah layaknya sushi yang populer sebagai makanan Jepang.

8. Japchae


Japchae Rekomendasi Masakan Korea Selatan


Ketika mendengar japchae sebagai salah satu makanan Korea Selatan, sebaiknya jangan berpikir mengenai capcay yang ada di Indonesia. Keduanya memang mempunyai pelafalan yang mirip, tetapi keduanya juga mempunyai perbedaan, lho. Mungkin yang membuat keduanya sama ialah pada pemakaian sayur-sayuran sebagai bahan utama.

Ketika memesan japchae, kamu tidak hanya menemukan sayur-sayuran, tetapi juga menjumpai mi tebal dan kenyal. Secara keseluruhan, visual mi ini menyerupai bihun goreng yang biasa ditemui di tanah air. Meskipun demikian, japchae di Korea Selatan juga mempunyai rasa yang gurih dan manis. lho.

 Demikian, 8 rekomendasi makanan khas Korea yang sebaiknya dicicipi, baik ketika berkunjung di negeri Ginseng atau mengunjungi rumah makan Korea di tanah air. Selain itu, aneka makanan khas tersebut juga dapat dijumpai secara instan, seperti di berbagai supermarket-supermarket populer. Jadi, makanan Korea Selatan apa yang ingin dicicipi pertama kali?