8 Jenis Kucing Populer Dipelihara di Indonesia (Gambar + Harga)

8 Jenis Kucing Populer Dipelihara di Indonesia (Gambar + Harga)

IndoSuggest - Kucing merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang sangat digemari. Bahkan dianggap membuat kamu merasa bahagia, senang, dan tenang dengan cara mengelus bulunya. Di Indonesia, terdapat beragam jenis kucing dan akan kami jabarkan beberapa di antaranya dengan gambar dan harga.

Harga? Tentu saja jika kamu berniat untuk mengadopsinya sejak kecil. Apakah kamu pernah mengetahui, bahwa kucing bisa makan ketimun? Kalau sejak kecil diberi dan dilatih makan sesuatu, maka besarnya kelak juga demikian. Tertarik menjajalnya?

Sebelum masuk pada rekomendasi 8 jenis kucing populer, kami mengingatkan kembali kepada kamu. Bahwa IndoSuggest selalu membuka saran untuk pembahasan berikutnya. Masuk pada halaman Request Artikel atau pada kolom komentar pada setiap postingan. 👍

8 Jenis Kucing Populer yang Dapat Kamu Adopsi


jenis kucing populer gambar dan harga

Siapkan tempat untuk mengadopsi jenis kucing populer di Indonesia. Seperti mainan simulasi, tempat tidur, hingga pasir untuk tempat membuang kotoran. Berikan imbalan berupa makanan yang dia sukai ketika berhasil mengikuti aturan yang kamu buat. 

1. Kucing Persia (Felis Catus)


kucing persia jenis populer gambar dan harga

Merupakan jenis kucing populer yang berasal dari Persia, memiliki ciri-ciri berbulu lebat dan moncong pendek. Selain itu, yang cukup digemari orang-orang adalah karena kepala kucing Persia ini berbentuk bulat. Semakin imut dan lucu dan kamu bisa memeliharanya di rumah sekarang juga.

Harga untuk setiap ekor kucing Persia berkisar antara 300 - 500 ribu rupiah. Tergantung dari jenis, keadaan, sampai besar kucing yang akan diadopsi. Jangan khawatir, kucing jenis populer ini akan lama menemani kamu karena usianya bisa mencapai 20 tahun!

2. Kucing Siam (Meezer)


kucing siam gambar dan harga populer

Kucing populer lainnya yakni berasal dari negeri Siam atau sekarang dikenal sebagai Thailand. Kamu bisa melihat ciri-cirinya dengan bulu yang pendek, kepala runcing, dan moncong agak panjang. Selain itu warna dari bulunya biasanya cukup 2 kombinasi antara putih dan cokelat muda.

Harga untuk satu ekor kooocheeeeng Siam hampir sama dengan Persia. Terdapat orang tertentu yang suka dengan jenis Siam karena dianggap sebagai keturunan ras murni. Yang cukup ditonjolkan dari kucing jenis Siam adalah karakternya yang cerdas, lincah, dan rasa ingin tahu besar.

3. Kucing Maine Coon


ras kucing raksasa Maine Coon gambar dan harga besar

Kamu mempunyai mimpi memiliki peliharaan kucing yang dapat tumbuh besar. Inilah kucing raksasa yang dapat menjadi rekomendasi yang pas untuk mimpi kamu tersebut. Kucing Maine Coon dapat hidup hingga panjang sekitar 1 meter! Wow, sangat besar sudah mirip harimau atau singa. Bedanya, kucing jenis Maine Coon sangat jinak kepada majikannya.

Harga kucing jenis Maine Coon dimulai dari angka 5 juta rupiah! Berat dari kucing ini untuk betina adalah 4 sampai 6 kilogram, sedangkan untuk jantan lebih fantastis lagi. Beratnya dapat mencapai 9 kilogram! Bulu lebat, badan bongsor, dan tentunya menggemaskan. Siapkan Royal Canin yang banyak!

4. Kucing Bulu Pendek (European Shorthair)


European Shorthair

Kita sering melihat kucing jenis ini, kucing yang dikenal masyarakat lokal Indonesia sebagai kucing desa atau kucing kampung. Di negara asalnya, Eropa, kucing bulu pendek juga dianggap sebagai kucing liar yang mendiami desa-desa.

Kamu bisa menemukan dan membawa pulang kucing European Shorthair dengan memungutnya dari berbagai sumber. Misalnya anakan dari indukan milik teman, kenalan, atau saudara. Bahkan kamu bisa menemuinya di pasar tradisional Indonesia, kemudian membawanya pulang. Asalkan tidak ada yang punya, hehe...

5. Kucing Tanpa Bulu (Peterbald)


Peterbald kucing tanpa bulu ras terbaik

Peterbald juga dikenal sebagai kucing tanpa bulu. Pasalnya, kucing jenis ini nyaris tidak mempunyai bulu sama sekali. Ciri yang menonjol adalah penampilan dari bulu yang jarang tersebut. Selain itu juga telinga dari kucing Peterbald cukup besar dan panjang. Berasal dari Rusia dan beberapa artis juga memelihara kucing jenis ini, lho.

Harga untuk kucing Peterbald ini, hmm kita mesti menabung dari sekarang, sebab harganya dimulai pada kisaran belasan juta rupiah. Belum lagi alat mengurusnya yang mesti khusus. Kalau kamu merupakan pecinta dari jenis kucing tanpa bulu ini, maka kesenangan kamu akan menjadi purna.

6. Kucing Bulu Lebat (Anggora)


Anggora ras kucing bulu lebat

Siapa yang tidak kenal jenis kucing populer ini, kucing yang mempunyai bulu sangat banyak dan lebat bernama Anggora. Merupakan salah satu ras kucing domestik alami dan tertua di seluruh dunia, bahkan menghasilkan persilangan seperti Persia tadi. Selain itu jenis persilangan dari Anggora ada banyak ragamnya.

Harga kucing Anggora berdasarkan usianya dimulai dari ratusan ribu rupiah saja. Kamu sudah bisa membawa pulang kucing Anggora yang kelak bakal dewasa dan lebat bulunya. Meski ukurannya tidak sebesar kucing raksasa, tetap sangat menggemaskan untuk membuat hari kamu makin menyenangkan.

7. Kucing Besar Ragdoll


Ragdoll kucing besar yang terkenal

Jenis kucing besar yang dapat kamu miliki dan sangat populer adalah Ragdoll. Ukurannya ya 11 12 sama kucing jenis Maine Coon. Fakta yang terdapat dalam kucing Ragdoll bahwa dirinya telah diakui oleh Guinness World Records sebagai salah satu ras kucing paling besar di dunia. Wow, kamu pasti ingin memeluk kucing yang rasanya seperti memeluk boneka beruang raksasa kan?

Harga kucing jenis Ragdoll rata-rata dimulai dari 4 juta rupiah untuk usia remaja. Kamu sudah bisa mendapat penampilan yang anggun dari Ragdoll, sebab mayoritas warna di tubuhnya berwarna putih bersih. Mempunyai karakter santai dan pemalas, berwajah bulat nan imut.

8. Kucing Hutan Siberia


Siberia kucing ras yang unik

Penyesuaian diri dengan lingkungan dingin yang bersalju, membuat kucing hutan Siberia mempunyai bulu yang indah dan lumayan panjang. Model bulu di bagian wajah membuat ciri khas yang mudah dikenali. Kucing yang berasal dari Rusia ini cukup diminati dan dikenal hingga Indonesia. Kalau ingin memeliharanya di rumah, simak harga kucing Siberia berikut.

Harga kucing Siberia dimulai dari 20 jutaan untuk usia remaja! Meski harga selangit, karena begitu anggun dan indah, tidak sedikit peminat untuk jenis kucing ini. Nah, sebelum membeli kucing ras terbaik yang mempunyai harga selangit, alangkah lebih baik kamu berkonsultasi kepada ahli kucing supaya lebih jelasnya ya.

Itulah beberapa jenis kucing populer yang sering dipelihara masyarakat Indonesia. Untuk jenis yang kamu anggap populer tetapi belum masuk pada daftar, atau harga yang terlalu jauh berbeda dengan kenyataan: kami mohon maaf. Sertakan informasi yang terbaru tentang jenis kucing populer di kolom komentar ya.