8 Daftar Hutan Terangker di Indonesia, Masih Berani untuk Berkunjung?

8 Daftar Hutan Terangker di Indonesia, Masih Berani untuk Berkunjung?

Hutan tidak selamanya menjelma sebagai tempat yang menyenangkan untuk penelitian, rekreasi, berburu, atau berbagai aktivitas lainnya. Pasalnya, hutan terangker di Indonesia kerap memberi kesan gaib dan misterius. Tidak hanya satu, melainkan ada ratusan hutan yang terkenal menyimpan berbagai hal-hal magis sehingga menciptakan lusinan kearifan lokal yang unik. 

8 Daftar Hutan Terangker di Indonesia

Indonesia dikenal mempunyai hutan yang luas. Tak khayal, Indonesia menempati posisi ketiga sebagai negara dengan hutan tropis terluas, di mana Brazil menempati urutan pertama. Oleh karena itu, negara ini dijuluki paru-paru dunia. Di antara ratusan hutan yang telah diberi nama, setidaknya ada beberapa yang terkenal paling angker untuk dikunjungi.

1. Hutan Halimun Salak, Jawa Barat


Hutan Halimun Salak Terangker

Seperti namanya, Hutan Halimun Salak berada di dekat Gunung Halimun dan Gunung Salak. Ketika berkunjung, kamu bisa menemukan pura yang dibangun sebagai penghormatan untuk Prabu Siliwangi, yakni raja Kerajaan Pajajaran yang paling terkenal. Masyarakat juga memercayai bahwa hutan ini merupakan tempat tinggal prajurit Prabu Siliwangi yang berupa makhluk gaib.

Apalagi ada berbagai kecelakaan yang melibatkan Hutan Halimun Salak yang menggemparkan di masa lalu. Jika ditotal, setidaknya ada 7 kecelakaan pesawat, sedangkan kecelakaan terbaru terjadi pada tahun 2012 yang melibatkan pesawat Sukhoi Superjet. Jadi, tidak mengejutkan jika hutan ini dijuluki sebagai salah satu hutan terangker di Indonesia.

2. Hutan Paloh, Kalimantan Barat


Hutan Paloh terangker

Apa yang kamu pikirkan jika mendengar Pulau Kalimantan? Rasanya tidak mengejutkan jika Kalimantan mempunyai hutan yang misterius. Pasalnya, sebagian besar wilayah ini berupa hutan dengan berbagai suku yang kental dengan nilai-nilai kearifan. Nah, kali ini akan dibahas mengenai Hutan Paloh yang dipercaya sebagai lokasi kerajaan gaib oleh masyarakat lokal.

Masyarakat juga memercayai gerbang gaib di Hutan Paloh akan terbuka setiap malam. Tujuannya mengajak manusia ke alam mereka. Menakutkannya lagi, siapa pun yang masuk tidak bisa keluar. Pada tahun 1970-an, juga terjadi peristiwa misterius di hutan terangker di Indonesia ini, yakni bangkai pesawat TNI yang jatuh tidak pernah ditemukan.

3. Hutan Purwo, Jawa Timur


Hutan Purwo terangker, Jawa Timur

Sebagian besar masyarakat Jawa tidak asing ketika mendengar Hutan Purwo atau populer disebut Alas Purwo. Pasalnya, Hutan Purwo dikenal sebagai hutan terangker di Pulau Jawa secara turun temurun. Menurut cerita orang tua zaman dahulu, orang yang memasuki hutan ini tidak pernah kembali. Hutan Purwo berada di Banyuwangi, Jawa Timur.

Karena kemisteriusannya, Presiden Soekarno dikabarkan berkomunikasi dengan Ratu Pantai Selatan di Gua Istana yang ada di kedalaman hutan. Sampai sekarang, hutan ini juga tetap disakralkan. Hal ini terbukti dari banyaknya peziarah yang datang pada tanggal 1 Suro, baik untuk mencari wangsit atau bertapa di kedalaman hutan terangker di Indonesia.

4. Hutan Gunung Semeru, Jawa Timur


Hutan Gunung Semeru terangker

Siapa, sih, yang tidak tahu Gunung Semeru? Yap, gunung ini memang kerap menjadi tempat favorit untuk pendaki. Namun, siapa sangka jika Gunung Semeru mempunyai hutan misterius dan gaib? Pasalnya, setiap tahun selalu ada pendaki yang hilang tanpa jejak ketika melewati Hutan Gunung Semeru untuk mencapai puncak.

Selain itu, juga dikenal titik Arcopodo yang digadang-gadang sebagai titik terangker di Hutan Gunung Semeru. Konon, Arcopodo adalah dua patung kembar yang dibuat oleh prajurit Majapahit. Akan tetapi, hanya orang-orang tertentu yang bisa melihat patung Arcopodo tersebut. Kemudian juga dikenal daerah Kelik. Benar-benar hutan terangker di Indonesia, ya?

5. Hutan Roban, Jawa Tengah


Hutan Roban terangker

Dalam bahasa Jawa, hutan adalah alas. Oleh karena itu, Hutan Roban populer sebagai Alas Roban. Jika kamu pernah ke Jawa Tengah, mungkin kamu juga melalui hutan ini. Hutan Roban terkenal angker dengan segudang cerita mistis. Masyarakat percaya bahwa hutan Roban merupakan tempat tinggal Wewe Gombel dan Buto Ijo.

Konon, ketika Daendels dengan tangan besi memaksa masyarakat membangun jalan di Hutan Roban, dia harus merelakan sebagian besar orang-orangnya meninggal. Tentunya, hal ini membuat Hutan Roban semakin layak dijuluki sebagai hutan terangker di indonesia. Selain itu, Hutan Roban juga dijadikan sebagai tempat favorit pembuangan mayat di masa orde baru.

6. Hutan Bukit Barisan, Sumatera


Hutan Bukit Barisan angker

Selain Pulau Jawa dan Kalimantan, Pulau Sumatera juga tidak ketinggalan dalam menyumbang hutan terangker untuk Indonesia. Misalnya adalah Hutan Bukit Barisan yang menyimpan misteri mengenai orang bunian dan manusia kerdil. Sampai sekarang, setidaknya ada dua kecelakaan pesawat yang melibatkan Hutan Bukit Barisan, yakni terjadi pada tahun 1948 dan 2011.

Orang bunian adalah makhluk astral yang gemar menyesatkan manusia. Bahkan, mereka tidak segan untuk membuat manusia tidak bisa kembali. Masyarakat percaya, orang yang berhasil mengelabui orang bunian adalah orang gila atau orang yang sakti. Sama halnya dengan orang bunian, hutan ini juga mempunyai misteri mengenai manusia kerdil.

7. Hutan Leuweung Sancang, Jawa Barat


Hutan Leuweung Sancang angker

Tampaknya, Pulau Jawa merupakan gudang hutan terangker di Indonesia. Hutan Leuweung Sancang misalnya, hutan ini ditakuti masyarakat lokal, apalagi setelah matahari terbenam. Oleh karena itu, semua orang dihimbau untuk meninggalkan kawasan ketika malam. Pasalnya, makhluk halus penunggu hutan kerap menyesatkan manusia.

8. Hutan Baluran


Hutan Baluran angker

Apakah Hutan Baluran masuk ke dalam daftar tempat wisata yang ingin kamu kunjungi? Hutan ini memang menawarkan pesona yang luar biasa. Akan tetapi, muncul sebuah cerita mistis, yakni mengenai seorang anak yang menginginkan turun di Hutan Baluran. Lantas, menghilang tanpa jejak. 

Demikian, 8 hutan paling angker yang ada di Indonesia. Percaya atau tidak, nilai magis yang dipercaya masyarakat di hutan-hutan tersebut selayaknya dihormati sebagai kearifan lokal. Selain itu, jangan lupa untuk senantiasa menjaga kelestarian hutan, di hutan yang masih asli pasti ada ayam hias dengan harga termahal.

Kira-kira, setelah membaca artikel ini, apakah kamu masih berani mengunjungi hutan-hutan terangker di Indonesia tersebut?