8 Dekorasi Kolam Ikan Alami Bikin Adem dan Tenang

8 Dekorasi Kolam Ikan Alami Bikin Adem dan Tenang

IndoSuggest – Memilih dekorasi kolam ikan tentunya mempertimbangkan beberapa faktor. Faktor tersebut di antaranya seperti biaya, luas lokasi, model, hingga posisi melihat. Usahakan kolam yang bagus dapat dilihat baik dari dalam rumah maupun halaman depan.

Mempunyai desain kolam sendiri sangat cocok bagi kamu yang hobi memancing. Pasalnya, ikan hasil memancing tidak jarang dirawat untuk terus hidup. Misalnya memancing pakai umpan hampala, kemudian hampala tersebut segera kamu bawa pulang untuk ditaruh dalam kolam.

Begitu pula dengan ikan jenis lain seperti wader, gabus atau channa, lele albino, bahkan uceng sekalipun. Rasanya sangat menyenangkan dan menenangkan ketika memelihara ikan yang diperoleh secara langsung dari alam liar. Kamu juga bisa beli ikan hias seperti koi, arwana, atau lainnya juga loh.

Saran Dekorasi Kolam Ikan Alami


dekorasi kolam ikan

Nah, beberapa jenis ikan untuk ditaruh dalam kolam buatan tentunya harus yang terbaik. Jangan lupakan selera, sebab bagi sebagian orang, kolam ikan merupakan representasi dari identitas mereka. Beragam cara buat kolam untuk ikan bisa meminta bantuan orang atau tukang, bahkan bisa pula membuatnya sendiri.

Kalau kamu belum punya pandangan kolam tersebut akan diisi ikan jenis apa, cobalah melihat beragam ikan hias termahal yang telah kami bahas. Oya, kalau kolam tersebut berada di rumah, tentunya kemungkinan besar hanya akan diisi oleh ikan air tawar. Selain mudah mendapatkannya, biaya mengurusnya juga tidak terlalu mahal.

1. Dekorasi Kolam Ikan Sungai Kecil Mengalir


Dekorasi Kolam Ikan Sungai Kecil Mengalir

Kamu rindu masa kecil bermain-main di sungai kecil? Cobalah membuat dekorasi kolam versi sungai kecil yang mengalir. Desain ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mengulang masa-masa bermain di kali. Misalnya mencari ikan, basah-basahan, mengikuti tukang setrum, dan sebagainya.

Cara membuatnya tidak bisa dibilang sulit asal kamu mempunyai niat yang bulat. Membutuhkan tukang yang profesional, sebab kolam akan didesain mengalir berdasarkan tinggi rendahnya tanah. Sumber pengairan tersebut berasal dari aerator ukuran lumayan besar di bagian hulu.

Jika benar-benar akan mendesain kolam ini, posisi yang paling bagus adalah di samping rumah. Kalau di sebelah rumah ada kebun lebih cocok lagi, sebab akan sangat serasi dengan dekorasi yang akan dibangun. Kebun anggur yang enak sekali, angin yang sepoi-sepoi, seorang kekasih, dan kolam ikan hias air mengalir dangkal yang menenangkan. Lengkap sudah, kamu sedang berada di surga.

2. Kolam Ikan dengan Air Terjun Bertingkat


Kolam Ikan dengan Air Terjun Bertingkat

Berporos pada dinding samping rumah, kamu dapat membuat bangunan bertingkat sebagai air terjun buatan. Pada bagian bawah akan diisi ikan berwarna-warni supaya terlihat. Model ini akan lebih berisik karena air yang jatuh selalu berbunyi.

Kamu perlu menyiapkan beberapa pompa air mini yang ditanam pada bagian masing-masing tingkat. Diskusikan terkait dekorasi kolam ikan air terjun bertingkat dengan tukang terpercaya. Yah, pastikan juga kamu telah siap dengan biaya listrik dan pembangunannya ya.

3. Desain Aquarium Outdoor Tampak Elegan


Desain Aquarium Outdoor Tampak Elegan

Aquarium kebanyakan berada di dalam ruangan. Namun bagaimana jadinya jika tempat ikan hias dari kaca tersebut berada di halaman rumah? Tentu menjadi jauh lebih elegan. Gunakan kaca yang kuat, besar, dan bening, supaya ikan-ikan menampakkan keindahan. Kamu harus telaten membersihkan lumut agar tidak mengganggu pemandangan.

4. Kolam Ikan dengan Dekorasi Tempat Duduk Santai


Kolam Ikan dengan Dekorasi Tempat Duduk Santai

Ingin bersantai di atas kolam ikan, jenis dekorasi satu ini bisa diisi jenis ikan bermacam-macam. Mulai dari ikan hias kecil, koi, bahkan ikan predator misalnya channa dan spatula. Sesuaikan selera, sebab beda jenis ikan berbeda pula perawatannya. Oya, jika memakai dekorasi ini, kamu bisa memancing setiap sore yang syahdu.

5. Model Minimalis yang Paling Populer


Model Minimalis yang Paling Populer

Kolam model minimalis paling banyak diproduksi. Selain proses instalasi kolam yang mudah, produsen yang menyediakan struktur jadi juga tersedia banyak. Karena proses cepat itulah banyak pelanggan yang menginginkan model ini. Cobalah melihat saran desain minimalis untuk kolam ini secara lebih jauh, siapa tahu kamu cocok.

6. Lantai Cerah untuk Kolam Dangkal


Lantai Cerah untuk Kolam Dangkal

Detail kecil justru membuat penampilan berkelas dan indah tampak mata. Termasuk detail warna lantai kolam ikan. Kebanyakan dari kolam ikan memiliki lantai dasar berwarna gelap, hal tersebut membuat ikan yang berada di dalamnya tidak terlihat.

Kamu bisa mengganti warna tersebut dengan yang lebih cerah seperti biru muda, hijau lumut, merah muda, putih gading, dan sebagainya. Dengan begitu semua kehidupan dalam kolam ikan yang dangkal akan terlihat sangat anggun. Kamu juga dapat menambah desain lain seperti lampu dalam air supaya tampak mewah ketika malam hari.

7. Kolam Ikan Bawah Lantai


Kolam Ikan Bawah Lantai

Benar-benar membutuhkan tukang yang berpengalaman, biasanya dibangun bersamaan dengan rumah. Dekorasi kolam ikan satu ini sangat menawan dan berkelas. Apakah kamu pernah melihat lantai rumah kaca, dan di bawahnya hidup puluhan ikan raksasa? Yah, memang sangat mewah, harga pemasangan juga tidak murah. Sebab harus memperhatikan sisi keamanan supaya lantai tidak runtuh.

8. Ide Kolam Ikan dalam Pot Tanaman


Ide Kolam Ikan dalam Pot Tanaman

Tidak ingin melibatkan orang lain, menginginkan membuat dekorasi sendiri, ide kolam ikan dalam pot tanaman adalah solusinya. Kamu cukup siapkan beberapa pot tanaman yang cukup besar, pada bagian bawah dan samping dilapisi supaya air tidak bocor.

Nah, pada kolam jenis ini, usahakan menggunakan tanaman air seperti bambu air atau sejenisnya. Kolaborasi antara ikan, air, dan tanaman hijau membuat halaman rumah kamu menjadi begitu asri dan adem.

Setelah mengetahui beberapa saran dekorasi di atas, apakah kamu justru makin kebingungan? Ya, semua desain tersebut sangat bagus dan elegan, bayangkan kamu memiliki salah satunya. Pasti akan semangat mengisi dengan jenis ikan yang paling mahal sekalipun.

Sekali lagi, perhatikan biaya, lokasi, dan model yang kamu inginkan. Misalnya, rencananya ingin membuat kolam di pojok, tentu desain minimalis atau aquarium outdoor bisa menjadi pilihan. Pilihlah dekorasi kolam ikan yang paling sesuai dengan keinginan kamu.