8 Dinosaurus Paling Besar yang Membuat Manusia Bagai Seekor Semut

8 Dinosaurus Paling Besar yang Membuat Manusia Bagai Seekor Semut

IndoSuggest - Sekarang, paus merupakan hewan terbesar. Sedangkan, gajah adalah hewan terbesar yang hidup di darat. Namun, ukuran keduanya benar-benar tidak ada nilainya jika dibandingkan dinosaurus paling besar yang hidup di bumi. Pasalnya, para paleontolog berhasil menemukan beberapa fosil dinosaurus, kemudian memperkirakan ukuran dinosaurus-dinosaurus tersebut. Pada akhirnya, hasilnya akan membuatmu tercengang.

Jenis Dinosaurus Paling Besar Di Bumi


dinosaurus paling besar

Secara umum, ukuran dinosaurus dipertimbangkan berdasarkan bobot, panjang, dan tinggi. Akan tetapi, kombinasi ketiganya menjadi landasan pengkategorian dinosaurus terbesar. Sampai saat ini, ilmuwan menemukan fakta-fakta bahwa dinosaurus terbesar yang hidup di bumi didominasi dinosaurus-dinosaurus pemakan tumbuhan. Jadi, dinosaurus karnivora paling menakutkan tidak ada apa-apanya dalam hal ukuran, ya.

1. Argentinosaurus


dinosaurus paling besar Argentinosaurus

Berdasarkan bobotnya, argentinosaurus merupakan dinosaurus terberat yang hidup di bumi. Dinosaurus ini termasuk dinosaurus herbivora dengan leher dan ekor yang panjang atau populer disebut sebagai titanosaurus. Seperti namanya, argentinosaurus ditemukan di Argentina.  Sedangkan, terkait periode hidupnya, dinosaurus ini hidup pada 100 juta hingga 93 juta tahun yang lalu.

Jika ditelaaah melalui fosilnya, argentinosaurus diperkirakan mempunyai bobot hingga 110 ton. Hal ini didasarkan pada temuan satu fragmen tulang rusuk, satu tulang kering, lima tulang pinggul, dan enam tulang belakang. Bobot  ini dapat dihitung melalui tiga cara, yakni memakai metode lingkar poros minimum, metode volumetrik, dan metode menebak.

2. Diplodocus


dinosaurus paling besar Diplodocus

Dinosaurus paling besar selanjutnya adalah diplodocus. Dinosaurus ini memegang rekor sebagai dinosaurus paling panjang yang pernah ditemukan. Berdasarkan fosilnya, diplodocus merupakan dinosaurus bertubuh panjang dan ramping atau biasa disebut sauropoda. Sedangkan, panjangnya diperkirakan mencapai 35 meter, lho. Bayangkan saat kamu berdiri di sisinya, pasti kamu bagai seekor semut.

3. Dreadnoughtus


dinosaurus paling besar Dreadnoughtus

Dinosaurus dreadnoughtus diketahui mempunyai bobot 65 ton dengan panjang mencapai 26 meter. Sedangkan, tinggi badannya adalah 9 meter dengan leher sepanjang 11 meter. Seperti argentinosaurus, dreadnoughtus juga berasal dari Argentina. Menurut ilmuwan, dreadnoughtus hidup di zaman Kapur atau sekitar 77 juta tahun yang lalu. 

Selain itu, seperti dinosaurus-dinosaurus berukuran raksasa, dreadnoughtus merupakan dinosaurus pemakan tumbuh-tumbuhan. Meski tampak besar dan lambat, tetapi dinosaurus ini mempunyai ekor yang panjang dan kuat untuk melindungi dirinya dari predator. Sampai sekarang, hanya ditemukan satu spesies dreadnoughtus, yakni Dreadnoughtus schrani.

4. Patagotitan Mayorum


dinosaurus paling besar Patagotitan Mayorum

Patagotitan mayorum adalah salah satu dinosaurus paling besar yang berhasil ditemukan manusia. Tulang pahanya berukuran 2,4 meter, sedangkan panjang tubuhnya secara keseluruhan diperkirakan mencapai 37,2 meter. Jika dibandingkan dengan argentinosaurus, Patagotitan mayorum mempunyai bobot yang lebih kecil, yakni hanya 70 ton.

Dinosaurus ini pertama kali diumumkan pada tahun 2014. Kemudian secara resmi dinamai Patagotitan mayorum pada tahun 2017 oleh Diego Pol, Jose Carballido, dan ilmuwan-ilmuwan lain yang terlibat. Perlu diketahui bahwa Patagotitan mayorum hidup di zaman Kapur, yakni sekitar 102 juta hingga 95 juta tahun yang lalu.

5. Saltasaurus


dinosaurus paling besar Saltasaurus

Dinosaurus ini ditemukan di kota Salta, Argentina Utara, pada tahun 1980. Oleh karena itu, dinosaurus ini dinamai sebagai saltasaurus. Bobotnya mencapai 7,7 ton dengan panjang 12,8 meter. Selain ukuran tubuhnya yang besar, saltasaurus melindungi diri dari predator dengan lempengan tulang yang keras atau disebut sebagai osteodermata.

6. Rapetosaurus


dinosaurus paling besar Rapetosaurus

Madagaskar juga mempunyai dinosaurus, lho. Pada tahun 1998, tepatnya di lereng bukit utara Madagaskar, ditemukan salah satu fosil dinosaurus paling besar bernama rapetosaurus. Menurut catatan, rapetosaurus merupakan titanosaurus dengan fosil terlengkap yang berhasil ditemukan. Selain fosil yang lengkap, ilmuan juga menemukan rapetosaurus dewasa dan remaja.

Rapetosaurus dewasa diketahui mempunyai panjang 15 meter, sedangkan rapetosaurus remaja hanya mempunyai panjang 8 meter. Berdasarkan fosilnya, para ilmuwan menduga bahwa rapetosaurus hidup  70 juta tahun yang lalu. Nah, kalau kamu berdiri di dekatnya, pasti kamu bagai seekor semut yang bisa diinjak kapan saja.

7. Austroposeidon Magnificus


dinosaurus paling besar Austroposeidon Magnificus

Pada tahun 1953 di pinggir kota San Paulo, ilmuwan menemukan tulang rusuk dan sebagian tulang belakang. Kemudian, temuan tersebut disimpan lebih dari 60 tahun di museum. Setelah Brazil mempunyai sumber daya dan staf-sataf untuk mempelajari berbagai fosil, akhirnya temuan tersebut mulai diteliti. Dengan demikian, Austroposeidon magnificus diperkenalkan pada dunia.

Karena ukurannya yang besar, Austroposeidon magnificus dikategorikan sebagai titanosaurus. Berdasarkan fosilnya, dinosaurus ini diperkirakan mampu tumbuh sepanjang 25 meter dengan tinggi mencapai 8 meter. Menurut usia batu lumpur dan batu pasir yang menyelimuti fosil tersebut, Austroposeidon magnificus hidup pada 84 juta hingga 66 juta tahun yang lalu.

8. Paralititan Stromeri


dinosaurus paling besar Paralititan stromeri

Paralititan stromeri termasuk dinosaurus paling besar yang baru ditemukan, pasalnya dinosaurus ini dideskripsikan pada tahun 2001. Fosil-fosilnya ditemukan di Mesir, tepatnya di sebuah situs yang berjarak 300 kilometer dari Kairo. Lantas, berapa ukuran dinosaurus ini? Nah, ilmuwan menemukan tulang paha Paralititan stromeri dengan panjang 1,69 meter.

Dengan demikian, Paralititan stromeri diperkirakan mempunyai bobot 83 ton dengan panjang mencapai 30,5 meter. Sedangkan, tingginya mencapai 9 meter. Para ilmuwan menduga Paralititan stromeri hidup di zaman kapur, yakni sekitar 94 juta tahun yang lalu. Selain itu, dinosaurus ini mungkin merupakan dinosaurus yang hidup di rawa-rawa hutan bakau.

Demikian 8 jenis dinosaurus terbesar yang berhasil ditemukan. Seandainya dinosaurus-dinosaurus ini masih hidup, manusia pasti menyerupai seekor semut yang dapat diinjak kapan pun. Oleh karena itu, cobalah bersikap bijak, seperti mensyukuri kehidupanmu atau tidak sombong terhadap makhluk-makhluk lainnya. Pasalnya, dinosaurus paling besar telah dimatikan untuk kebaikan manusia.