8 Jenis Emas Logam Mulia 18 Karat Sampai 24 Karat

8 Jenis Emas Logam Mulia 18 Karat Sampai 24 Karat

IndoSuggest - Di dunia ini, terdapat beragam jenis emas dengan berbagai bentuk seperti serbuk, butiran, dan yang paling dikenal adalah emas batangan. Selain itu, kamu perlu mengenal kadar kandungan emas yang disebut sebagai karat.

Nilai karat dalam emas adalah kandungan yang ditentukan berdasarkan berapa persen campuran. Nah, kalau kamu mendapat perhiasan logam mulia emas dengan karat 24 murni, pasti teksturnya lebih lembek daripada 18 karat atau di bawahnya. 

Jenis Emas Kandungan Menurut SNI


8 jenis emas 18 sampai 24 karat

Mayoritas produk jadi dari bahan emas berupa perhiasan seperti cincin, anting, kalung, gelang, dan sebagainya. Corak emas yang mengkilap selalu memberikan kesan elegan dan mahal. Emas menjadi benda berharga yang juga dapat digunakan untuk investasi menguntungkan. Lihat juga cara membuat catatan untuk emas kamu, ya.

Inilah jenis emas kadar kandungan kemurnian berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI) NO. 13-3487-2005:

1. Emas 18 Karat Adalah

Kandungan emas murni dalam 18 karat memiliki persentase sekitar 75 sampai 78 persen. Hal tersebut tergantung dari produsen emas sampai lokasi geografis. Misalnya, lokasi Jawa Timur dengan Aceh terdapat perbedaan atas penafsiran kandungan emas (karat) tersebut. Sedangkan kalau kadar karat 17, emas murni sebanyak 70 hingga 75 persen. 

2. Emas 19 Karat Adalah

Kadang kemurnian dalam emas 19 karat adalah sekitar 78 sampai 82 persen. Kandungan tersebut bisa dicampur bahan lainnya seperti logam yang lebih keras. Hal tersebut dimaksudkan supaya daya tahan atau durabilitas emas semakin baik untuk dipakai sehari-hari. Semakin murni logam mulia jenis emas, maka makin mudah berubah bentuk (lembek).

3. Emas 20 Karat Adalah

Merupakan logam mulia dengan kandungan emas murni sebanyak 82 hingga 86 persen. Emas campuran bisa diukir sesuai keinginan dan kebutuhan kamu loh. Tidak jarang orang yang memesan emas, sekaligus meminta ukiran menarik. Selain itu, bahkan kamu bisa request bentuk emas seperti nama, angka, dan sebagainya.

4. Emas 21 Karat Adalah

Mendekati emas murni, memiliki kandungan kemurnian yang lumayan tinggi. Yakni sekitar 86.5 sampai 90.5 persen! Kamu mesti berhati-hati dalam menggunakan emas 21 karat untuk kehidupan sehari-hari. Terutama dalam bentuk cincin dan gelang, alasannya tetap durabilitas bentuk tetap yang gampang berubah.

5. Emas 22 Karat Adalah

Kandungan dari jenis emas 22 karat menurut SNI sekitar 90.6 hingga 94.7 persen tentunya sangat memuaskan. Dengan kandungan kemurnian yang begitu tinggi, biasanya jenis ini digunakan untuk produk momentum. Seperti cincin kawin, perhiasan mewah, serta perhiasan polos. Sebab kandungan karat tinggi tidak terlalu cocok jika diukir.

6. Emas 23 Karat Adalah

Mempunyai kandungan sekitar 94.8 sampai 98.8 persen! Kandungan karat dalam Indonesia dan luar negeri berbeda. Misalnya 18 karat luar negeri, di Indonesia bisa menjadi 21, 22, atau bahkan 23 karat. Jangan terpaku pada karat semata, ketika beli emas alangkah lebih bijak menanyakan kandungan dalam persen (%).

7. Emas 24 Karat Adalah

24 karat dalam emas merupakan kandungan murni yang nyaris 100 persen. Nilainya sekitar 99 sampai 99.99 persen! Sisanya, biasanya adalah campuran dari perak atau logam mulia lain. 

Secara tabel, kesimpulan dari jenis emas kandungan karat adalah sebagai berikut.

Karat Kadar emas SNI 2005 (%)
24 99.0 - 99.99
23 94.8 - 98.9
22 90.6 - 94.7
21 86.5 - 90.5
20 82.3 - 86.4
19 78.2 - 82.2
18 75.4 - 78.1

8. Jenis Emas Secara Umum

Selain jenis di berdasarkan karat, emas juga dibedakan dari bentuknya. Inilah beberapa kategori yang sudah kami rangkum dalam keuangan. Sebab, emas logam mulia mewah dengan harga cenderung naik terus.

a. Emas Jenis Perhiasan


emas jenis perhiasan

Jenis emas untuk perhiasan adalah yang paling banyak dijumpai baik di kota besar hingga di pasar tradisional. Jenis logam mulia satu ini berbentuk cincin, gelang, anting, kalung, gelang, bahkan berbagai benda lainnya.

b. Batangan Emas Jenis Mulia


Batangan Emas Jenis Mulia

Emas batangan murni disebut juga sebagai emas Antam. Memiliki cap dan sertifikat Antam atau LM. Maka dari itu, harganya lumayan fantastis, apalagi kamu membeli dalam varian ukuran kilogram!

c. Emas Batangan Lokal


Emas Batangan Lokal

Sama-sama berbentuk batang, namun perbedaan dengan batangan Antam adalah, emas lokal tidak ada cap dan sertifikatnya. Selain itu, kebanyakan bentuknya sering penyok atau tidak rapi. Walau demikian, harganya juga tidak bisa dikatakan murah. Alasannya jelas: karena ini emas. 

d. Koin Emas


jenis emas koin

Adalah emas yang berbentuk koin bundar, di Indonesia yang paling dikenal adalah dinar emas. Selain itu ada jenis koin emas ONH atau Ongkos Naik Haji. Ukuran koin emas tidak besar, kalau kamu pernah melihat harta karun bajak laut, ukurannya kurleb segitu. 

e. Emas Butiran


jenis emas butiran serbuk

Merupakan bahan baku pembuatan emas perhiasan, atau disebut juga sebagai emas mentah yang belum diolah. Jenis emas butiran ini dikenal juga dengan nama emas Granule. Logam mulia emas yang telah diolah dan dibentuk mempunyai harga yang lebih mahal dibanding mentah atau butiran. 

Nah, demikianlah beberapa macam-macam emas yang populer beredar. Mengingat harga emas sekarang di masa pandemi justru mengalami kenaikan. Walaupun kamu tidak menginginkan emas, tetap harus tahu jenis emas, untuk merencanakan cincin kawin, misalnya.