8 Jenis Hantu Populer dari Pulau Jawa yang Paling Menakutkan

8 Jenis Hantu Populer dari Pulau Jawa yang Paling Menakutkan

IndoSuggest - Kamu wajib bangga tinggal di Indonesia. Pasalnya, Indonesia adalah negara yang kaya, baik perihal keragaman suku, keanekaragaman hayati, hingga berbagai hantu populer dari Pulau Jawa. Hantu-hantu lokal ini, juga tidak kalah menakutkan jika dibandingkan dengan hantu dari luar negeri, lho. Bahkan, beberapa telah populer dalam kancah perfilman nasional. 

Jenis Hantu Populer dari Pulau Jawa


8 Jenis Hantu Populer dari Pulau Jawa yang Paling Menakutkan

Jawa memang mempunyai berbagai hal magis. Oleh karena itu, kamu bisa menemukan berbagai jenis hantu dari pulau ini, dari yang biasa-biasa saja sampai yang paling menakutkan. Atau mungkin, kamu malah pernah menemui salah satu dari mereka. Berikut akan diulas 8 jenis hantu dari Pulau Jawa yang paling populer.

1. Glundhung Pringis


Glundhung Pringis Hantu Pulau Jawa

Kalau kamu tahu buah kelapa tua yang jatuh dari pohon, berarti kamu bisa membayangkan hantu populer dari Pulau Jawa yang satu ini. Yap, glundung pringis adalah hantu berkepala botak yang menggelinding layaknya buah kelapa. Hantu ini tidak mempunyai badan, melainkan hanya kepala dengan berekor usus.

Konon, orang-orang yang tidak beruntung melihat hantu glundhung pringis akan terperanjat. Apabila orang tersebut mempunyai jiwa yang lemah, dia bisa jatuh sakit, lho. Akan tetapi, hantu glundhung pringis sebenarnya tidak berniat menyakiti manusia, melainkan hanya sekadar menakut-nakuti. Jadi, kalau mendengar sesuatu yang jatuh, hati-hati, ya.

2. Jerangkong


Jerangkong Hantu Pulau Jawa

Pernah melihat tokoh Brook dalam anime One Piece? Yup, jerangkong merupakan hantu populer dari Pulau Jawa yang berwujud tengkorak dan tulang. Kalau kamu ahli Biologi, mungkin kamu bisa mempraktikkan ilmumu untuk mengenali jenis-jenis tulang yang ada di hantu ini. Biasanya, jerangkong menyukai kegelapan dan kerap berjalan-jalan di keadaan tersebut.

Sayangnya, mungkin kamu hanya bisa melihat jerangkong dalam waktu yang singkat. Pasalnya, sudah sifatnya untuk menghampiri anak cucunya dalam sekejap. Jadi, kalau jerangkong bukan anggota keluargamu, dia tidak akan menghantuimu. Namun, bisa jadi anggota keluargamu yang dibunuh, menjelma sebagai jerangkong. Tanda kemunculannya dapat ditandai dengan listrik yang mati, lho.

3. Wewe Gombel


Wewe Gombel Hantu Pulau Jawa

Nah, hantu legendaris ini cukup berkarisma dan kerap menjadi momok bagi orang-orang. Wewe gombel merupakan hantu populer dari Pulau Jawa yang didaulat sebagai istri genderuwo. Hantu ini menyukai tempat-tempat gelap dan sepi. Mungkin, kalau kamu tidak beruntung dan melihatnya, kamu bisa menyaksikan bagaimana hantu ini menggendong anak kecil.

Lantas, apa yang bisa membuatmu tahu kalau hantu tersebut adalah wewe gombel? Tentu saja, kamu bisa mengetahui hantu ini melalui karakteristiknya, yakni berpayudara besar, berambut panjang, dan memakai pakaian putih. Jadi, jaga anak-anak yang ada di sekitarmu atau wewe gombel akan menculiknya, khususnya saat magrib, ya.

4. Genderuwo


Genderuwo Hantu Pulau Jawa

Setelah berkenalan dengan wewe gombel, kamu juga harus berkenalan dengan suaminya, yakni genderuwo. Sepasang suami istri ini, benar-benar sukses dalam menduduki posisi sebagai hantu populer dari Pulau Jawa, lho. Sedangkan, ciri khas genderuwo ialah berpostur besar dan tampak hitam kemerah-merahan. Pokoknya sangat menakutkan.

Masyarakat Jawa juga beranggapan genderuwo adalah hantu hidung belang atau hantu mesum karena kerap menggoda perempuan, khususnya wanita-wanita yang sudah berumah tangga. Oleh karena itu, kamu disarankan membaca doa agar mendapat perlindungan. Biasanya, genderuwo berkeliaran pada malam hari. Dia tinggal di tempat-tempat lembab, pohon-pohon besar, atau tempat sepi.

5. Lampor


Lampor Hantu Pulau Jawa

Jika kamu berada di tempat-tempat sepi, kemudian melihat obor-obor bermunculan di kejauhan, jangan coba-coba untuk berhenti, ya. Pasalnya, bisa jadi kamu sedang melihat lampor, yakni salah satu hantu populer dari Pulau jawa yang menyerupai orang-orang membawa obor. Nyala lampor akan muncul-hilang-muncul-hilang layaknya kerlap-kerlip bintang-bintang di langit.

Hantu lampor hanya tampak di kejauhan, sedangkan jika didekati, lampor akan menghilang dan seolah-olah nyalanya tidak pernah ada sebelumnya. Dalam kepercayaan masyarakat Jawa, lampor merupakah prajurit hantu, lho. Jadi, jangan sekali-kali mengusiknya, sebab lampor muncul tidak hanya satu, melainkan dalam jumlah ratusan.

6. Lelepah


Lelepah Hantu Pulau Jawa

Orang-orang yang gemar memancing, sebaiknya menjaga ikan-ikannya dengan baik atau hantu lelepah akan memakan ikan mentah tersebut. Oleh karena itu, masyarakat kerap menyebut hantu populer dari Pulau Jawa itu dengan ungkapan lelepah pakanane iwak mentah. Jadi, kamu dilarang memakan ikan mentah karena itu adalah makanan lelepah.

Selain itu, lelepah juga suka berkeliaran di dapur, lho. Jadi, hati-hati jika menyimpan ikan dan daging mentah atau lelepah akan berkunjung. Di sisi lain, masyarakat Jawa juga mempunyai tradisi menyiapkan sesajen daging mentah saat mempunyai hajat di rumah. Tujuannya agar lelepah tidak mengganggu acara tersebut.

7. Thongthong Sot


Thongthong Sot Hantu Pulau Jawa Seram

Hantu thongthong sot memang jarang didengar di zaman sekarang, tetapi hantu ini bisa dikatakan tetap mempunyai eksistensi sebagai hantu populer dari Pulau Jawa. Thongthong Sot merupakan hantu yang berwujud manusia, tetapi mempunyai kepala hewan. Biasanya, hantu ini mempunyai peran untuk menggoda orang-orang munafik yang mempunyai jabatan.

Nah, coba pikirkan baik-baik, apakah kamu orang munafik yang mempunyai jabatan? Jika iya, coba perhatikan. Pasalnya, thongthong sot kerap mengganggu kursi yang kamu duduki, seperti kursi yang bergoyang-goyang sendiri atau kursi yang tiba-tiba mendapat sebaran duri. Oleh karena itu, emban jabatanmu dengan sebaik-baiknya.

8. Umbel Molor


Umbel Molor Hantu Pulau Jawa

Seperti namanya, umbel molor merupakan hantu yang muncul di malam hari. Hantu ini suka menakut-nakuti anak-anak, tetapi orang dewasa juga bisa melihatnya. Wujud hantu ini berupa kotoran yang ada di hidung. Kira-kira, jika kamu melihatnya, kamu akan tertawa atau lari terbirit-birit, ya?

Demikian, 8 jenis hantu dari Pulau Jawa yang paling terkenal. Kalau kamu penasaran, cobalah untuk mengunjungi hutan-hutan angker di Indonesia. Biasanya, di hutan-hutan tersebut kamu bisa melihat mereka. Sekarang, coba kamu rasakan baik-baik, apakah kamu orang yang penakut atau tidak. Jika penakut, berarti salah satu hantu populer dari Pulau Jawa itu ada di belakangmu.