8 Kota Hilang yang Belum Ditemukan, Mitos atau Fakta?

8 Kota Hilang yang Belum Ditemukan, Mitos atau Fakta?

IndoSuggest - Dunia ini penuh misteri, termasuk berbagai kota hilang yang belum ditemukan. Kota-kota ini pernah tercatat atau diceritakan secara turun temurun. Akan tetapi, karena keberadaannya yang misterius, banyak orang mulai skeptis mengenai kota-kota tersebut. Oleh karena itu, muncul pertanyaan sebagai akibat, apakah kota-kota hilang sekadar mitos atau benar-benar sebuah fakta?

Daftar Kota Hilang yang Belum Ditemukan


kota hilang

Rasanya, mustahil saat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak mampu menemukan kota-kota yang hilang. Oleh karena itu, banyak orang menganggap kota-kota tersebut sebagai legenda. Apalagi ada berbagai kisah yang tidak masuk akal turut menyertai kota-kota tersebut. Lantas, kota-kota apa saya yang hilang dan belum ditemukan sampai sekarang?

1. Atlantis


kota hilang Atlantis

Pasti kamu tidak asing mengenai Atlantis. Yap, kota ini merupakan salah satu kota hilang yang paling populer. Menurut legenda, kota ini hancur dan tenggelam karena gempa bumi. Beberapa ilmuwan juga memercayai cerita ini. Oleh karena itu, Atlantis diperkirakan berada di sebagian Amerika, Eropa, Asia, dan Afrika.

Sebenarnya, Atlantis tercatat dalam tulisan seorang filsuf Yunani kuno, yakni Plato. Dia menggambarkan Atlantis mempunyai istana-istana megah yang dialiri air. Di bagian tengah kota, terdapat kuil Poseidon dan Cleito terbesar dalam kota tersebut. Dalam catatan, Plato juga menulis bahwa Atlantis dipimpin oleh 10 orang raja. 

2. Avalon


kota hilang Avalon

Kota hilang yang belum ditemukan selanjutnya adalah Avalon. Para ilmuwan percaya, Avalon berasal dari bahasa Wales, yakni apel. Sedangkan, berdasarkan legenda, Avalon merupakan pulau di mana pedang Arthur ditempa. Akan tetapi, legenda juga menceritakan bahwa Arthur, Breton, Cornish, dan Wales tidak pernah mati untuk memimpin orang-orang kembali.

Rasanya, memang terdengar tidak masuk akal. Namun, para ilmuwan tetap mengasosiasikan Avalon dengan Glastonbury. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab  berdasarkan tulisan Wales dan Gerald, Glastonbury dikenal sebagai Isle of Avalon di masa lalu. Kemudian, nama Glastonbury menjadi populer ketika bangsa Saxon menyerang.

3. El Dorado


kota hilang El Dorado

Siapa yang belum mendengar kota emas El Dorado sebagai kota yang misterius? Bahkan, manga populer asal Jepang, yakni One Piece tampak terinspirasi dari kota ini untuk membuat scene mengenai kota emas Pandora. Sedangkan, menurut sejarah, El Dorado mulai populer pada abad 16 saat Spanyol menjajah Meksiko. 

Berdasarkan legenda, El Dorado dipimpin seorang raja dengan tubuh dilapisi serbuk emas. Akan tetapi, tidak ada bukti nyata mengenai keberadaan kota ini, kecuali temuan emas oleh Francisco Pizarro. Berabad-abad kemudian, El Dorado mulai menjadi mitos. Bahkan, sampai sekarang, keberadaan kota ini belum pernah ditemukan.

4. Cantre’r Gwaelod


kota hilang Cantre’r Gwaelod

Ternyata, Wales juga mempunyai kota hilang yang belum ditemukan. Kota ini dikenal sebagai Atlantis Wales atau populer disebut Cantre’r Gwaelod. Keberadaannya dimulai dari sebuah legenda kerajaan kuno yang berada di antara Pulau Bardsley dan Pulau Ramsey. Selain itu, Cantre’r Gwaelod juga disinggung dalam lagu, literatur, dan cerita rakyat.

Masyarakat percaya bahwa Cantre’r Gwaelod tenggelam di kedalaman Teluk Cardigan. Akan tetapi, sampai sekarang kota ini belum pernah ditemukan di teluk tersebut. Menurut cerita, kota ini tenggelam karena kelalaian seorang pangeran pemabuk berna Sitenin, yang mana dia menghancurkan tanggul pelindung sehingga Cantre’r Gwaelod mulai tenggelam.

5. Lyonesse


kota hilang Lyonesse

Sir Tristan, salah satu ksatria Raja Arthur dikabarkan mempunyai tempat tinggal di Lyonesse. Lokasinya tidak pernah diketahui, kecuali di dekat Cornwall sebagaimana cerita legenda. Selain itu, legenda dalam mitologi Breton dan Cornish juga mengisahkan bahwa Lyonesse tenggelam dan hilang sampai saat ini. Nah, apa kamu penasaran mengenai kota ini?

6. Agartha


kota hilang Agartha

Kabarnya Agartha merupakan kota legendaris yang berada di inti bumi. Rasanya, memang tidak masuk akal. Akan tetapi, keberadaan kota ini menyangkut hipotesis bahwa bumi mempunyai banyak rongga. Berdasarkan cerita, Agartha terhubung di sudut-sudut bumi melalui terowongan yang rumit. Sedangkan, penghuni kota ini adalah orang-orang baik hati dan lembut.

Legenda Agartha berusia sangat tua, bahkan Plato juga menyinggung kota hilang yang belum ditemukan ini dalam catatannya. Menurutnya, ada terowongan sempit menuju sebuah tempat yang dipimpin penguasa hebat di inti bumi. Beberapa orang memercayai keberadaan kota ini, termasuk penduduk Atlantis yang lari ke bawah tanah ketika kota mereka hancur.

7. Lemuria


kota hilang Lemuria

Menurut Legenda, Lemuria merupakan kota hilang yang tenggelam di Samudra Hindia atau Samudra Pasifik. Keberadaan kota ini sempat disebut-sebut pendiri theosophy, yakni Helena Blavatsky. Menurutnya, Lemuria dihuni orang-orang hermaprodit dengan mental yang belum berkembang dan mempunyai fisik setinggi 2,1 meter.

Keberadaan Lemuria kerap dikaitkan dengan dunia magis. Oleh karena itu, William Scott-Elliot mampu menjelaskan lokasi Lemuria melalui dunia arwah. Dia menerbitkan buku berjudul The Lost Lemuria dan menerangkan bahwa kota ini terletak dari pantai timur Afrika, melalui  India, sampai Samudra Pasifik.

8. Troy


kota hilang Troy

Troy menjadi kota legenda yang menjadi tempat tinggal pahlawan Yunani, seperti Achilles. Kota ini juga dikenal sebagai lokasi perang Trojan yang populer. Pada tahun 1871, tembok Troy tanpa sengaja ditemukan oleh ilmuwan. Akan tetapi, Troy tidak pernah ditemukan secara utuh, melainkan hanya sisa-sisa reruntuhan.

Demikian, 8 kota hilang yang sampai saat ini belum ditemukan. Oleh karena itu, berbagai orang mulai menganggap kota-kota tersebut sebagai mitos. Nah, kira-kira dari 8 kota tersebut, kota mana yang membuatmu tertarik? Selain membaca mengenai kota hilang yang belum ditemukan, sebaiknya baca juga perihal dinosaurus terbesar, ya.