8 Kota yang Ditemukan Kembali Setelah Hilang Berabad-Abad

8 Kota yang Ditemukan Kembali Setelah Hilang Berabad-Abad

IndoSuggest - Setelah membaca kota hilang yang belum ditemukan, kamu pasti merasa kota-kota tersebut sebagai mitos ketimbang fakta. Akan tetapi, sejarah mencatat ada kota yang ditemukan kembali setelah menghilang selama berabad-aba. Namun, kamu tidak bisa menemukannya secara utuh, melainkan hanya reruntuhan, baik di darat atau di dasar perairan.

Daftar Kota yang Ditemukan Kembali


8 Kota yang Ditemukan Kembali Setelah Hilang Berabad-Abad

Ternyata, dunia berhasil menemukan berbagai kota-kota hilang yang dipercaya mempunyai peran penting di masa lalu. Dari temuan ini, ilmuwan  juga mempelajari perihal arsitektur bangunan, seni, dan kebudayaan orang-orang penghuni kota tersebut. Nah, kalau kamu penasaran perihal kota-kota yang pernah ditemukan lagi, yuk baca artikel ini sampai tuntas.

1. La Ciudad Blanca


La Ciudad Blanca

Siapa sangka, Hernan Cortes menemukan desas-desus mengenai La Ciudad Blanca atau populer sebagai Kota Dewa Monyet ketika mencari emas. Desas-desus ini mengatakan bahwa kota tersebut berada di hutan hujan Honduras. Akan tetapi, Cortes tidak pernah beruntung untuk menemukannya. Namun, desas-desus tersebut terus berkembang sampai La Ciudad Blanca ditemukan.

Pada akhirnya, para arkeolog berhasil menemukan La Ciudad Blanca, tepatnya juga di hutan hujan Honduras. Di hutan ini terdapat piramida berusia sekitar 1000 tahun dengan patung berarsitektur yang memukau. Meski banyak orang meragukan temuan ini, tetapi tidak ada catatan lain yang menunjukkan bahwa temuan tersebut bukan La Ciudad Blanca.

2. Heracleion


Heracleion

Heracleion merupakan salah satu kota yang ditemukan tenggelam di dasar laut, lho. Menurut legenda, kota ini merupakan tempat persembunyian Paris dan Helen sebelum perang Troya serta sebagai tempat Heracles mengambil langkah sebelum  ke Afrika. Akan tetapi, Heracleion kemudian tenggelam karena gempa bumi dan tsunami sekitar 2.200 tahun yang lalu.

Berabad-abad kemudian, arkeolog berhasil menemukannya pada tahun 2000. Sebagian kota ini masih utuh, seperti patung-patung yang menggambarkan peradaban mesir kuno, prasasti, permata, dan lain-lain. Awalnya, penyelam menemukan Heracleion ketika membawa sebuah batu untuk diteliti. Kemudian terungkap bahwa batu tersebut merupakan potongan undang-undang kuno yang menakjubkan.

3. Vinland


Vinland

Ketika berlayar melalui Samudera Atlantik, Bangsa Viking menemukan sebuah kota bernama Vinland. Kota ini mempunyai tanah yang luas dan subur. Kemudian, bangsa ini juga menuturkan bahwa mereka sempat bertempur dengan penduduk setempat yang tinggal di gua dan gemar memakai pakaian putih. Lantas, mereka menamai penduduk Kota Vinland sebagai Skraeling.

Awalnya, kota ini dianggap sebagai mitos yang diceritakan bangsa Viking secara turun temurun. Sedangkan, kebenaran mengenai Kota Vinland baru terungkap pada tahun 1960. Ternyata, kota ini berlokasi di L’Anse aux Meadows, Newfoundland, Canada. Arkeolog berhasil menemukan sisa-sisa pemukiman bangsa Viking sebagaimana dalam cerita.

4. Sigiriya


Sigiriya

Apa kamu pernah melihat sebuah istana di atas batu? Yap, Sigiriya merupakan kota yang ditemukan kembali di atas sebuah batu setinggi 200 meter. Kota ini berada di Sri Lanka dan dibangun Raja Kassapa pada abad ke-5. Kalau kamu mengunjunginya, maka kamu harus melalui tangga besar dan gerbang singa.

Menurut cerita, ketika kota ini diserang Mogallana, Sigiriya mulai terlupakan. Pasalnya, hal ini membuat Raja Kassapa meninggalkan Sigiriya, sedangkan istri-istrinya melompat ke bawah hingga meninggal dunia. Dengan demikian, Sigiriya sempat dipakai sebagai biara Budha, kemudian terlupakan begitu saja. Kini, Sigiriya termasuk keajaiban dunia kedelapan menurut UNESCO.

5. Xanadu


Xanadu

Dalam catatannya, Marco Polo sempat mendeskripsikan mengenai kemegahan istana Kubilai Khan. Dalam catatan itu, tertulis Xanadu sebagai kota musim panas yang menakjubkan. Pasalnya, Xanadu terdiri atas istana-istana marmer dengan air mancur, taman, binatang liar, dan sungai. Bahkan, terdengar cerita bahwa Xanadu terlihat seperti surga.

Akan tetapi, Xanadu hancur pada tahun 1369 yang disebabkan oleh tentara Ming. Kemudian, Xanadu sempat dianggap sebagai legenda belaka selama berabad-abad. Namun, arkeolog berhasil menemukan reruntuhan Xanadu dan mengamini catatan Marco Polo. Pasalnya, reruntuhan Xanadu menunjukkan sebuah istana yang dua kali lebih besar dari Gedung Putih.

6. Great Zimbabwe


Great Zimbabwe

Kota yang ditemukan selanjutnya adalah Great Zimbabwe. Penemuannya diawali desas-desus yang terdengar penjelajah Portugis pada abad ke-16. Menurut penduduk lokal, Great Zimbabwe merupakan sebuah benteng batu yang menjulang. Namun, orang-orang Eropa tetap menganggapnya sebagai legenda selama berabad-abad.

Nah, pada abad 19 semua mulai berbeda. Pasalnya,  Great Zimbabwe ditemukan arkeolog. Berdasarkan penemuannya, kota ini diketahui mempunyai sebuah kastil dengan dinding setinggi 11 meter. Sedangkan, menurut para ilmuwan, Great Zimbabwe dibangun pada tahun 900 M oleh peradaban yang hilang.

7. Dvaraka


Dvaraka

Umat Hindu mensakralkan Dvaraka, sebab kota ini merupakan tempat tinggal Krishna dalam kepercayaan mereka. Menurut cerita, Dvaraka dibangun di bawah perintah Krishna dengan bantuan para dewa. Ilmuwan memercayai Dvaraka adalah kota tertua di bumi yang dibangun pada 9000 tahun yang lalu. Sayangnya, reruntuhan kota ini berada di dasar laut.

8. Phanagoria


Phanagoria

Berdasarkan catatan, Phanagoria merupakan kota perdagangan yang besar di tanah Rusia. Diperkirakan, kota ini mempertahankan kejayaannya selama 15 abad. Akan tetapi lebih dari sepertiga kota ini tenggelam. Oleh karena itu, Phanagoria juga disebut-sebut sebagai Atlantis Rusia. Kemudian, setelah berabad-abad, kota ini ditemukan kembali, tepatnya pada abad 18.

Demikian 8 daftar kota-kota hilang dan ditemukan kembali. Jadi, kalau kamu mendengar sebuah legenda atau cerita turun temurun, bisa jadi hal itu adalah nyata dan menunggu untuk ditemukan. Oleh karena itu, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat dibutuhkan untuk menemukan lusinan kota hilang agar menjadi kota yang ditemukan.