8 Cara Hemat Uang Ekstrem Anak Kos dan Remaja 2020

8 Cara Hemat Uang Ekstrem Anak Kos dan Remaja 2020

IndoSuggest - Melakukan cara hemat uang yang benar-benar ekstrem bagi beberapa orang terbilang cukup mudah. Seperti anak kos maupun remaja pada rentang usia 20 an di tahun 2020, yang dipaksa oleh keadaan. Kamu bisa melakukannya sebagaimana orang-orang sebelum kamu. Asalkan NIAT dan sungguh-sungguh dalam menjalankannya. 

Kamu beruntung menemukan artikel ini, baca juga hal-hal terkait keuangan yang sudah tersusun berdasarkan label kami. Pada kesempatan ini, akan kami jabarkan langkah-langkah secara urut bagaimana mulai menghemat pengeluaran, mengatur keuangan, bahkan menghemat uang ekstrem. Berikut adalah langkah-langkah mudahnya.

Cara Hemat Uang Ekstrem 2020


cara hemat uang gaji

Perhatikan hal ini sebagai informasi: kamu bisa meminta request artikel selanjutnya yang dibahas dalam situs rekomendasi kami. Kalau yang kamu minta tersebut merupakan salah satu dari label yang ada. Lihatlah kategori apa saja yang bisa kamu lakukan request. Kami akan sangat senang melayani kebutuhan dan membantu kamu dalam menentukan pilihan. 

1. Membedakan Mana Kebutuhan dan Mana Keinginan


cara hemat uang Membedakan Mana Kebutuhan dan Mana Keinginan

Dalam rangka cara hemat uang, tentu membedakan mana kebutuhan dan keinginan menjadi fondasi utama yang harus dipenuhi. Maka dari itu kami letakkan pada urutan pertama. Kebutuhan adalah hal-hal pokok, yang jika hal tersebut tidak ada maka kehidupanmu tidak berlanjut. Sedangkan keinginan merupakan hal sekunder dan tersier.

Contohnya adalah laptop. Apakah laptop merupakan kebutuhan atau keinginan tergantung pada keseharian kamu. Kalau kamu seorang pekerja teks komersial, jurnalis, atau penulis, maka laptop menjadi kebutuhan. Sedangkan kalau kamu seorang anak SD yang ingin menonton drama korea, laptop adalah keinginan belaka.

Kebutuhan dan keinginan dalam tatanan hidup belum menikah dan sesudah menikah mengalami perubahan yang signifikan. Jika sudah menikah, kamu perlu mengatur semuanya dengan cara mendaftar satu per satu. Utamakan kebutuhan pokok seperti cicilan rumah, makanan pokok, dan pakaian yang layak. 

Sementara, keinginan membeli HP baru, membeli jaket terkenal, atau membeli cangkir berlapis berlian bisa ditunda dulu sebagai cara hemat uang. Untuk sementara pakai HP lama kamu, kenakan jaket pemberian kekasihmu, dan tetap gunakan cangkir sebagaimana biasanya. 

2. Menggunakan Skala Prioritas dalam Pemenuhan Kebutuhan


cara hemat uang Menggunakan Skala Prioritas

Sebagaimana disebutkan sebelumnya bahwa segala sesuatu terkait kebutuhan perlu dicatat. Salah satu yang dianggap paling mudah yaitu dengan membuat skala prioritas. Gampangnya, kamu membuat daftar dari kebutuhan yang sudah dipisahkan dari keinginan secara lengkap.

Kemudian beri penomoran yang urut dimulai dengan angka 1, 2, 3 dan seterusnya. Urutan angka 1 itulah yang harus kamu penuhi lebih dulu. Jika yang pertama belum tuntas, maka jangan mengalokasikan dana untuk urutan berikutnya. 

Memanfaatkan skala prioritas sebagai cara hemat uang baik dari gaji maupun pemasukan lain sudah diterapkan banyak orang. Kalau mau juga telah menggunakannya, maka lanjut pada langkah berikutnya.

3. Bersikap Optimis Akan Masa Depan



Apakah hanya bersikap optimis bisa dijadikan cara hemat uang? Tentu saja bisa. Selain dari hal fisik dan tindakan, menjaga kesehatan mental sangat dibutuhkan. Bersikap optimis lebih condong kepada mental kamu. Selalu berpikir positif, gembira, dan berbuat baik kepada sesama dipercaya mendatangkan rezeki yang tidak disangka-sangka.

Nah, hal ini sejalan dengan menjaga hubungan baik kepada sesama. Kalau kamu anti sosial atau tidak punya teman, cobalah berkawan dengan orang-orang. Caranya dapat kamu mulai dengan mengajak bicara orang di kedai kopi, di jalan, atau saat berkumpul bersama teman lama. Telakkan gawai pintar dan utamakan mengobrol secara langsung.

Percayalah bahwa orang-orang tersebut memiliki pengalaman serta informasi yang bermanfaat untuk kehidupanmu. Menjaga hubungan dengan keluarga dan tetangga juga dibutuhkan. Kalau kenalan kamu membutuhkan orang untuk menjalankan bisnis, karena kamu memiliki hubungan baik, maka kamu bisa menjadi orang pertama yang dihubungi.

Tetaplah menjaga hubungan baik dengan siapa pun, temasuk tetangga. Walaupun cocot e tonggo ancen koyok ngono! 
-IndoSuggest 2020

4. Hiburan Gratis Lebih Utama


cara hemat uang Hiburan Gratis

Kalau kamu keluar ke acara-acara tertentu seperti bazar buku, pasar malam, atau ke pasar. Akan melihat berbagai macam godaan yang benar-benar mengerikan. Godaan untuk menghabiskan uang dengan cara ugal-ugalan!

Kamu akan kebal! Sebab sudah bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Maka dari itu, sebagai cara hemat uang selanjutnya adalah lebih mengutamakan hiburan gratis yang menyenangkan hati. Hiburan dengan cara liburan tidak perlu aneh-aneh, sesuai dengan kesenangan masing-masing.

Misalnya kamu menyukai traveling barangkali beberapa candi di Tulungagung bisa menjadi rekomendasi yang tepat. Selain murah, kamu juga bisa mendapat tambahan wawasan mengenai sejarah. Berkumpul bersama orang-orang dengan hobi serupa juga amat disarankan.

5. Konsisten Menabung


cara hemat uang Konsisten Menabung

Menabung dengan investasi tentu berbeda. Menabung itu maknanya lebih condong untuk menyisihkan sebagian penghasilan. Sedangkan investasi merupakan menanam modal untuk kehidupan di masa depan. Investasi membutuhkan banyak modal, setidaknya sekian juta. Sedangkan menabung berdasarkan kesepatanmu dengan diri sendiri.

Nah, untuk cara hemat uang ekstrem versi anak kos dan remaja 2020, berapa persentase menabung yang paling pas? Nilainya sekitar 10 sampai 20 persen dari total penghasilan. Hanya 10-20% saja? Jangan meremehkan nilai yang sedikit. Sebab menabung merupakan kegiatan yang memiliki sisi magis: membuat uang terkumpul.

Menabung sedikit demi sedikit lama-lama menjadi crazy rich selanjutnya. 
-IndoSuggest 2020

Sebenarnya, dalam hari pertama atau kedua. Atau minggu pertama atau kedua. Atau bulan pertama atau kedua. Menabung merupakan kegiatan yang sangat mudah dilakukan. Konsisten menabung dalam sekian tahun merupakan tantangan yang jarang bisa dilaksanakan orang-orang. Perlu kamu ingat, bahwa uang yang ditabung, jangan diambil sebelum terkumpul. Itulah yang lumayan bikin kepala puyeng.

6. Cara Hemat Uang Terbaik 


Cara Hemat Uang Terbaik

Setelah langkah 1 sampai 5 dalam cara hemat uang ekstrem anak kos sudah kamu laksanakan. Maka selanjutnya adalah mengulangi dan terus konsisten. Dalam waktu yang sama, kamu juga bisa mencari tambahan pemasukan untuk memenuhi kebutuhan.

  • Mengingat niat awal;
  • Konsisten dan istikomah hemat uang;
  • Menuntaskan kebutuhan dalam skala prioritas;
  • Tetap menjaga relasi baik;
  • Tetap bahagia dan tersenyum.
Setiap manusia tidak mungkin diberikan ujian di luar batas kemampuan dirinya. Jadi, kalau ujian hidupmu terasa begitu berat hingga berpikir lebih baik mati saja, sebenarnya itu menjelaskan bahwa kamu merupakan orang kuat dibanding orang-orang lainnya. 

Lah, kenapa kok jadi membawa ke arah spiritual? Tentu saja, sebab cara hemat uang berkaitan dengan materi duniawi. Sedangkan materi selalu memiliki berat atau massa. Kalau kamu fokus ke dalam urusan akhirat, misalnya saat bersedekah atau membantu sesama tidak mengharap balasan apapun, tentu setiap langkahmu berikutnya menjadi enteng dan ringan. Mau dicoba?

7. Melakukan Pencatatan dengan Baik



Setiap orang di zaman modern ini bisa menulis, benar? Dan menulis sekarang ditunjang dengan kemudahan teknologi. Kamu bisa melihat berbagai cara mencatat baik di laptop maupun di smartphone. Lakukan pencatatan mulai jadwal gajian, pemasukan, pengeluaran, kebutuhan, dan lain sebagainya yang dianggap perlu.

Sebelum belanja, lihatlah catatan yang sudah kamu buat tersebut. Kalau ingin belanja, carilah harga yang benar-benar murah misalnya terdapat diskon. Namun perhatikan metode pemasaran seperti menaikkan harga sebelum diskon, jadi diskon tersebut sebenarnya merupakan harga aslinya. Jangan langsung tergiur dengan barang yang ada label diskon, ya.

Catatan juga dimaksudkan sebagai perencanaan pribadi. Situasi dan kondisi, jumlah tanggungan, dan lainnya juga berpengaruh terhadap catatan tersebut. Usahakan membuat catatan yang detail mencangkup semua hal dalam kehidupan kamu untuk cara hemat uang terbaik.

8. Membawa Bekal dari Rumah


cara hemat uang Membawa Bekal dari Rumah

Kamu ingin berlibur ke pantai dan memiliki rencana membeli makanan dari sana? Sebagai cara hemat uang ekstrem versi anak kos maupun remaja, hal tersebut harus tidak dilakukan. Sebab semua tahu, harga makanan di tempat liburan akan selalu berbeda jika kamu membelinya di toko kelontong sekitar rumah.

Namun jika memang berniat menghabiskan uang ya tidak masalah. Kamu bisa membeli semuanya di tempat lokasi liburan. Lebih memilih menyewa hotel mahal daripada menginap di rumah kenalan, menyewa kendaraan daripada meminjam, dan sebagainya. Lantas, kalau berniat menghabiskan uang, mengapa kamu mencari cara hemat uang ini?

Nah, setelah melihat beberapa cara tersebut akan menjadi lebih mudah dalam mengontrol pengeluaran. Kamu mesti fokus terhadap tujuan masa depan. Dan tidak menggelontorkan semuanya sekali waktu. Kamu tetap bisa berkumpul bersama teman-teman, tentunya dengan mempertimbangkan timbal balik atas keuanganmu.

Demikianlah cara yang bisa kamu coba sekarang juga dalam rangka menghemat pengeluaran baik dari gaji maupun hal lain. Kehidupan di masa depan juga penting, dengan konsisten menabung setiap hari, kamu bisa menikmati hasilnya di masa mendatang. Itulah cara hemat uang ekstrem 2020 mudah dilakukan.