8 Dinosaurus Paling Menakutkan di Bumi, Untung Sudah Punah

8 Dinosaurus Paling Menakutkan di Bumi, Untung Sudah Punah

IndoSuggest - Apa kamu seorang penggemar dinosaurus? Kalau kamu pernah menonton Jurassic Park, pasti kamu berpikir T-Rex merupakan dinosaurus paling menakutkan dan berkuasa. Padahal, peneliti berhasil menemukan dinosaurus-dinosaurus lain yang tidak kalah super power seandainya T-Rex dan dinosaurus-dinosaurus itu dipertemukan. Nah, kira-kira, dinosaurus apa yang yang lebih menakutkan dari T-Rex, ya?

Jenis Dinosaurus Paling Menakutkan di Muka Bumi


dinosaurus paling menakutkan

Nyatanya, berjuta-juta tahun ke belakang, hidup berbagai jenis dinosaurus dengan karakteristik ukuran, perilaku, dan tampilan yang berbeda-beda. Akan tetapi, banyak di antaranya menjelma bagai mimpi buruk untuk manusia seandainya mereka masih hidup di zaman sekarang. Peneliti juga terus mengais-ngais fosil mereka untuk kepentingan ilmu pengetahuan.

1. T-Rex


dinosaurus paling menakutkan t-rex

Sebenarnya, T-Rex merupakan kependekan dari Tyrannosaurus Rex. Tampaknya semua orang setuju bahwa T-Rex merupakan dinosaurus yang populer sebagai makhluk hidup paling menakutkan di bumi. Hal ini kian didukung dengan temuan-temuan para ilmuan, yang mana T-Rex mempunyai kedudukan layaknya singa sebagai raja hutan di zaman Jurasik.

T-Rex mempunyai tinggi 12 meter dengan bobot mencapai 6 ton! Dinosaurus ini juga mempunyai kecepatan luar biasa ketika berburu. Dia kerap mengandalkan gigi-gigi runcingnya untuk mengoyak mangsa dalam sekali serangan. Pokoknya, seperti Jurassic Park, seandainya manusia bertemu T-Rex, maka sebaiknya cepat-cepat bersembunyi atau kamu akan dimakan.

2. Spinosaurus


dinosaurus paling menakutkan Spinosaurus

Menurut penelitian, karnivora terbesar yang hidup di bumi ialah spinosaurus. Tidak hanya sebagai dinosaurus terbesar, tetapi spinosaurus juga dipercaya sebagai karnivora terpanjang yang hidup di zaman Jurasik. Pasalnya, dinosaurus ini mempunyai tinggi 18 meter dengan bobot 20 ton!!! Untungnya, dinosaurus ini sudah punah sehingga manusia tidak perlu merasa khawatir.

Sayangnya, spinosaurus tidak sepopuler Tyrannosaurus Rex di industri hiburan. Pasalnya, tidak banyak sineas yang mau melibatkannya dalam sebuah film, kecuali Jurassic World yang tayang pada tahun 2018 silam. Dalam film tersebut, spinosaurus dan Tyrannosaurus Rex dipertemukan di tempat yang sama. Jadi, kamu bisa menentukan penilaian mengenai dinosaurus paling menakutkan.

3. Velociraptor


dinosaurus paling menakutkan Velociraptor

Dinosaurus yang menakutkan tidak hanya berasal dari dinosaurus berukuran raksasa, tetapi dinosaurus berukuran setinggi manusia juga mempunyai power yang menakutkan. Yap, kamu tidak salah menebak. Dinosaurus ini adalah velociraptor yang mempunyai bobot sekitar 15 kg saja. Akan tetapi, jangan meremehkannya, sebab velociraptor terkenal lincah, kuat, dan cerdas. 

Velociraptor beberapa kali menjadi bintang di Jurrasic Park. Pasalnya, dinosaurus ini mempunyai kecerdasan yang patut diapresiasi. Selain itu, velociraptor kerap berburu secara berkelompok. Jadi, seandainya kamu bertemu seekor velociraptor, maka kamu harus meningkatkan kewaspadaan, sebab dinosaurus ini tidak pernah sendirian. Fosil velociraptor ditemukan di Mongolia dan Cina.

4. Sarcosuchus


dinosaurus paling menakutkan Sarcosuchus

Kalau kamu setuju buaya adalah hewan yang mengerikan, berarti kamu setuju kalau sarcosuchus menjadi dinosaurus paling menakutkan. Pasalnya, dinosaurus ini diyakini sebagai kerabat buaya yang hidup di zaman Jurasik. Secara umum, sarcosuchus merupakan buaya raksasa dengan panjang seukuran sebuah bus dengan bobot mencapai 8 ton.

Tidak hanya itu, rusuk sarcosuchus bahkan mampu mencapai ukuran pria dewasa. Dengan demikian, peneliti percaya bahwa sarcosuchus merupakan buaya paling besar yang hidup dimuka bumi. Sangat menakutkan, bukan? Menurut catatan, fosil dinosaurus ini ditemukan di benua Afrika.

5. Utahraptor


dinosaurus paling menakutkan Utahraptor

Velociraptor memang menakutkan. Namun, bagaimana rasanya jika kamu bertemu dinosaurus yang menyerupai velociraptor, tetapi tiga kali berukuran lebih besar? Yap, utahraptor merupakan sepupu velociraptor yang lebih mengerikan. Tidak hanya gigi-gigi yang tajam, tetapi utahraptor juga dipersenjatai kuku-kuku layaknya pedang pada lengan sepanjang 30 cm.

Selain lengan, cakar-cakar dinosaurus ini tidak kalah mematikan, sebab tampak didesain khusus untuk mengoyak mangsa secara brutal. Para peneliti juga menduga utahraptor mempunyai kecerdasan yang tinggi. Oleh karena itu, dinosaurus ini berburu secara berkelompok. Pasti kamu tidak ingin dikelilingi dinosaurus ini, kan?

6. Ceratosaurus


dinosaurus paling menakutkan Ceratosaurus

Dinosaurus paling menakutkan selanjutnya mempunyai visual menyerupai sepupu dekatnya, yakni T-rex. Akan tetapi, ceratosaurus memiliki bentuk tubuh yang lebih gemuk dan pendek. Jika diamati baik-baik, jari ceratosaurus berjumlah 4, sedangkan dinosaurus-dinosaurus lainnya berjumlah 3. Oleh karena itu, persentase efektivitas berburu ceratosaurus menjadi meningkat.

Dengan demikian, ceratosaurus menjadi salah satu dinosaurus yang mampu bertahan di bumi dan punah pada 11 juta tahun lalu. Menurut para peneliti, ceratosaurus merupakan dinosaurus yang menempati posisi tertinggi di rantai makanan pada periode tersebut. Sangat mengerikan.

7. Troodon


dinosaurus paling menakutkan Troodon

Zaman kapur juga mempunyai dinosaurus yang mengerikan, yakni troodon yang dikenal sebagai dinosaurus theropoda bipedal. Berdasarkan fosil yang ditemukan, troodon mempunyai panjang 3 meter. Karakteristik yang membuatnya menakutkan adalah matanya yang besar dan gigi-giginya yang tajam. Selain itu, troodon merupakan dinosaurus theropoda dengan gigi terbanyak.

Peneliti juga percaya bahwa troodon adalah dinosaurus paling menakutkan di masanya. Pasalnya, dinosaurus ini mampu berlari dengan kecepatan 64 km/jam atau setara dengan kecepatan kuda. Di sisi lain, troodon juga menempati posisi pertama sebagai dinosaurus paling cerdas, bahkan mampu mengalahkan velociraptor dan utahraptor.  

8. Therizinosaurus



Karakteristik yang membuat therizinosaurus mengerikan adalah cakarnya yang panjang dan besar. Akan tetapi, ilmuwan berpendapat cakar ini dipakai untuk mengumpulkan tumbuh-tumbuhan, bukan untuk berburu. Apapun fungsinya, yang jelas cakar therizinosaurus merupakan senjata mematikan untuk musuh-musuhnya.

Demikian, 8 jenis dinosaurus menakutkan yang hidup di bumi. Untungnya, mereka punah berjuta-juta tahun silam sehingga kamu tidak perlu khawatir. Lantas, seandainya diminta untuk memilih, kamu lebih senang bertemu jenis-jenis dinosaurus paling menakutkan atau jenis-jenis hantu dari Pulau Jawa?