8 Jenis Ikan Hias Paling Mahal yang Membuat Kantongmu Jebol

8 Jenis Ikan Hias Paling Mahal yang Membuat Kantongmu Jebol

 Apakah kamu pernah membayangkan membeli ikan hias paling mahal seharga miliaran rupiah? Pasti, saat tahu harga tersebut, kamu akan melongo. Namun, ikan hias yang dihargai miliaran rupiah memang nyata dan tidak mengada-ada. Meski terasa tidak masuk akal, tetapi banyak kolektor yang mengejar ikan-ikan seharga miliaran tersebut. Penasaran?

Jenis Ikan Hias Paling Mahal

Ada banyak faktor yang membuat seekor ikan dihargai dengan harga selangit, mulai dari penampilan, kelangkaan, hingga perawatan yang sulit. Selain itu, memelihara ikan juga menjadi tren di era sekarang, khususnya ikan air tawar di aquarium. Pasalnya, banyak orang menyadari ikan merupakan produk investasi yang menggiurkan.

1. Pleco


ikan hias termahal pleco

Seekor ikan yang dihargai dengan harga Rp 1,4 juta termasuk ikan hias yang mahal. Pleco merupakan ikan air asin yang cocok dipelihara sebagai ikan hias air tawar. Ikan ini mempunyai banyak jenis, seperti pleco berukuran kecil dengan hidung bristle yang cocok untuk dipelihara di rumah.

2. Australian Flathead Perch


Ikan Hias Mahal Australian Flathead Pearch

Ikan hias paling mahal selanjutnya adalah australian flathead perch yang dibanderol dengan harga Rp 67 juta. Sebenarnya, jika dikonversikan, harga ikan tersebut setara untuk membeli mobil bekas BMW 528i tahun 1997. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab ikan ini digadang-gadang sebagai ikan hias tercantik di dunia, lho.

Selain faktor visualnya, ikan australian flathead perch juga sukar ditemukan di alam liar, apalagi dipelihara dalam akuarium-akuarium mewah. Habitatnya tersembunyi di antara celah-celah karang dan hanya keluar untuk mencari makan. Nah, kira-kira, mana yang lebih menarik? Mendapat mobil bekas bermerek atau membeli seekor ikan hias berharga fantastis?

3. Nami Green Arwana


ikan hias mahal Nami Green Arwana
 

Secara umum, ikan arwana tidak termasuk sebagai salah satu ikan air tawar yang langka. Akan tetapi, ikan ini mampu mempertahankan kelasnya di harga-harga yang fantastis, seperti jenis ikan hias paling mahal yang satu ini, yakni nami green arwana yang dibanderol dengan harga Rp70 juta.

Lantas, apa yang membuat nami green arwana tetap dihargai dengan harga yang fantastis? Ternyata, hal ini disebabkan naiknya angka perburuan arwana di berbagai perairan di Asia. Oleh karena itu, harga nami green arwana terus melambung, bahkan mampu untuk DP sebuah rumah menengah ke bawah di kota Bandung.

4. Neptune Grouper


ikan hias mahal Neptune Grouper

Tidak hanya ikan hias air tawar, tetapi ikan air laut juga mampu menjelma sebagai ikan hias paling mahal. Misalnya neptune grouper yang mempunyai habitat di laut dalam. Oleh karena itu, ikan ini sulit diperoleh, apalagi dipelihara dalam akuarium. Jadi, jangan kaget jika neptune grouper dibanderol dengan harga Rp 80 juta.

Selain kelangkaannya, neptune grouper juga mempunyai keunggulan yang membuatnya dihargai dengan harga fantastis, yakni mengenai tampilan visualnya. Jika diamati, ikan ini mempunyai corak yang beragam dan memukau. Bahkan, kamu bisa menikmati perbedaan corak yang muncul saat ikan mengalami pertumbuhan dan perkembangan, yakni sejak menetas hingga dewasa.

5. Golden Basslet


ikan hias mahal Golden Basslet

Seperti namanya, golden basslet merupakan ikan hias paling mahal dengan warna emas yang mencolok. Oleh karena itu, ikan ini mempunyai julukan sebagai ikan paling cantik dari lautan. Saat melihatnya, kamu mungkin berambisi untuk memeliharanya di akuarium. 

Namun, harga ikan ini setara dengan biaya sewa sebuah apartemen selama lebih dari dua tahun,  lho, yakni seharga Rp 110 juta. Pasalnya, ikan ini sulit diperoleh di habitat aslinya. Dengan demikian, golden basslet dapat menjelma sebagai ikan hias yang eksklusif.

6. Blade Basslet


ikan hias mahal Blade Basslet

Blade basslet adalah salah satu ikan hias paling mahal yang membuat kantongmu jebol dengan harga Rp 135 juta. Padahal, ukuran ikan ini kurang dari 4 cm. Akan tetapi, blade basset mempunyai daya tarik dan sukar diperoleh di habitat aslinya. Oleh karena itu, wajar jika kamu harus mengeluarkan biaya yang besar.

Selain karakteristik ukurannya yang mini, blade basslet dikenal sebagai ikan pemalu karena gemar bersembunyi di celah-celah karang. Dengan demikian, tidak semua orang bisa menangkapnya. Pasalnya, kamu butuh keahlian, teknologi, hingga trik khusus jika ingin memelihara ikan tersebut.

7. Peppermint Angelfish


ikan hias mahal Peppermint Angelfish

Seandainya kamu mempunyai uang Rp 400 juta, apakah kamu akan memakai uang tersebut untuk membeli rumah atau sekadar membeli seekor ikan hias paling mahal di dunia? Jika kamu adalah kolektor ikan hias sejati, pasti kamu akan memilih opsi yang kedua. Pasalnya, kepuasan tidak dapat dinilai dengan pundi-pundi rupiah.

Peppermint angelfish merupakan ikan hias dengan corak yang menarik. Ikan ini sukar diperoleh karena perilaku dan habitatnya. Oleh karena itu, kamu harus membelinya dengan harga Rp 400 juta. Akan tetapi, tidak ada salahnya berpikir ulang sebelum membeli. 

8. Arwana Platinum


ikan hias mahal Arwana Platinum


Dari namanya, kamu bisa menebak arwana platinum merupakan ikan hias paling mahal di dunia. Yap, kamu tidak salah. Pasalnya, ikan ini menempati urutan pertama sebagai ikan hias yang membuat kantongmu jebol. Bayangkan, seekor ikan arwana platinum dibanderol dengan harga Rp 5,5 miliar.

Ikan ini mempunyai harga yang tinggi karena termasuk salah satu ikan air tawar yang paling langka. Bahkan, karena terlalu langka, seekor ikan arwana platinum sampai mempunyai chip khusus untuk membedakannya dengan ikan arwana platinum yang lain. Jadi, apakah kamu siap untuk membeli dan memeliharanya?

Demikian, 8 jenis ikan hias fantastis yang membuat kantongmu jebol. Akan tetapi, selain sebagai hiasan, ikan ini juga dapat menjelma sebagai produk investasi. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mulai menabung atau mencari cara untuk mendapat banyak uang dari internet. Kemudian, beli ikan hias paling mahal yang kamu sukai.