8 Jenis Joran yang Harus Diketahui Pemancing

8 Jenis Joran yang Harus Diketahui Pemancing

IndoSuggest – Mengetahui jenis joran dapat memperbesar peluang mendapat ikan. Hal tersebut dikarenakan, perbedaan teknik memancing, umpan, dan piranti, mempengaruhi perolehan ikan. Contohnya, kamu memakai joran fiber solid ukuran 160 untuk bermain pasiran, tentu akan sangat kesulitan melakukan long cast.

Sebenarnya, selain joran, semua hal dalam kegiatan memancing juga berpengaruh. Reel atau gulungan senar, benang yang digunakan, ukuran kail dan  timah, dan sebagainya. Teknik memancing pun juga beragam, ada yang memancing dasaran, pelampung, casting, dan lainnya. Semua itu tergantung ikan buruan apa yang disasar.

Jenis Joran Pancing Secara Umum


jenis joran pancing

Inilah beberapa joran pancing yang umum dipakai di sungai, rawa, danau, waduk, dan kubangan atau pemancingan. Bahkan, joran yang sama dapat diterapkan saat di laut. Nah, kami tidak bermaksud untuk menggurui, sekadar berbagi pengalaman dalam penggunaan pancing. Kalau terdapat sesuatu yang keliru, mohon dikoreksi dalam kolom komentar.

Jika kamu penyuka teknik casting, maka cobalah umpan casting yang telah kami bahas sebelumnya. Di dalamnya berisi berbagai umpan umum yang dipakai umpan mancing hampala, baik umpan tiruan maupun umpan alaminya. Demikianlah, ini adalah beberapa model joran pancing yang dapat kamu coba supaya tidak boncos.

1. Joran Pancing Fiber Solid


Joran Pancing Fiber Solid

Jenis joran pancing berbahan dasar fiber solid mempunyai karakter sangat kuat! Dengan joran ini, kamu bebas memasang senar ukuran berapa pun, bahkan rata-rata yang dipasang berdiameter 0.50 dan ukuran reel 3000 ke atas. Sangat cocok dipakai untuk teknik dasaran dengan timah super besar (4000 – 5000 rupiah) karena bobotnya tergolong berat.

2. Joran Pancing Carbon Hollow


Joran Pancing Carbon Hollow

Joran yang punya karakter ringan. Berbahan dasar carbon rata-rata mempunyai harga lebih mahal daripada jenis fiber solid. Nah, jenis dari joran carbon maupun fiber, mempunyai model one piece (tanpa sambungan), two piece, bahkan joran travel ada yang sampai 6 piece. Joran ini cocok dipakai memancing di semua tempat termasuk danau, sungai, kolam, dan sebagainya.

3. Joran Pancing Casting Japanese Style


Joran Pancing Casting Japanese Style

Salah satu teknik memancing yang menggunakan umpan tiruan. Joran casting pun dibedakan berdasarkan action atau kekuatannya. Mulai dari Xtra Ultra Light (XUL), Ultra Light (UL), Medium Light (ML), Medium (M), Medium Heavy (MH), dan Heavy. Kategorisasi tersebut diukur dengan patokan ukuran lbs joran.

Model Japanese Style adalah yang paling ramai diperbincangkan. Jenis joran casting tersebut cukup populer dengan ciri utama pada bagian gagang. Terdapat rongga tanpa busa di atas eva pegangan, meski pada kenyataannya joran casting tidak hanya memiliki model ini semata.

4. Joran Pancing Antena atau Teleskopik


Joran Pancing Antena atau Teleskopik

Kamu ingin traveling sambil membawa alat pancing? Joran pancing model antena atau teleskopik sangat cocok kamu gunakan. Bahan pembuatnya ada yang berupa fiber, carbon, maupun composite gabungan antara keduanya. Joran jenis ini dapat dipendekkan sehingga sangat efisien dibawa bepergian.

5. Joran Pancing Spinning



Spinning rod atau joran spinning mempunyai bentuk yang beredar sangat banyak di pasaran. Pasalnya, joran ini bergagang biasa dan mayoritas terbuat dari busa lembut. Kombinasi yang serasi dari joran spinning adalah reel spinning. Kamu dapat menemui beraneka ragam joran spinning berbahan dasar fiber maupun carbon.

6. Joran Pancing Pasiran


Joran Pancing Pasiran

Mempunyai bentuk sangat panjang, biasanya berupa joran sambung 3 atau sambung 4. Meski terdapat joran pasiran model antena atau teleskopik. Panjangnya mulai dari 360, 390, maupun 450. Mempunyai ring kuat serta bobot joran pasiran lumayan berat.

Ujungnya kaku karena diperuntukkan bagi pemancing dari pantai atau tebing agar dapat melempar sangat jauh. Walau kamu juga dapat menggunakan joran pasiran untuk main di danau, waduk, dan sungai yang lumayan luas.

7. Joran Pancing Tegek


Joran Pancing Tegek

Apakah kamu tahu, bahwa joran model tegek ini sangat populer di beberapa negara, terutama Indonesia dan Jepang? Model yang minimalis tanpa ring sama sekali. Bentuknya seperti joran antena, namun tidak memiliki ring. Dan di Indonesia, joran tegek sering di-custom dikasih ring kecil dan reel set untuk memancing di sungai kecil.

Target  joran pancing tegek biasanya nila, mujair, bahkan wader, dan ikan-ikan di sungai. Teknik yang dapat kamu gunakan saat memakai joran tegek ada banyak sekali. Mulai dari teknik dasaran (pakai ombyok kecil), pelampung, eter-eter, dan sebagainya.

8. Joran Pancing Fly


Joran Pancing Fly Fishing

Teknik memancing Fly Fishing di Indonesia tidak terlalu populer. Selain alat yang tersedia lumayan terbatas, lokasi memancing yang banyak ikan predatornya pun langka sekali. Metode memancing Fly Fishing nyaris sama dengan casting. Sebab di Fly Fishing menggunakan umpan tiruan berupa serangga kecil.

Setelah mengetahui berbagai macam joran pancing baik berdasarkan bahan, model, maupun fungsinya. Kalau mendapat ikan, dapat kamu  taruh dalam kolam buatan. Lihatlah berbagai dekorasi kolam ikan hasil pancingan yang sangat indah dan bikin tenang. Dari semua penjelasan di atas, manakah jenis joran pancing yang akan kamu buru.