8 Jenis Pohon Paling Besar, Hindari jika Kamu Megalophobia

8 Jenis Pohon Paling Besar, Hindari jika Kamu Megalophobia

IndoSuggest - Saat mendengar kata pohon, kamu pasti membayangkan tumbuhan berkayu, besar, dan tinggi. Akan tetapi, terdapat beberapa spesies pohon paling besar yang ada di dunia, bahkan pohon-pohon ini mempunyai ukuran di atas rata-rata. Kira-kira, seberapa besar pohon-pohon yang dimaksud? Apa kamu bisa membayangkan ukuran mereka di pikiranmu?

Jenis Pohon Paling Besar yang Ada di Dunia


pohon paling besar

Sadar atau tidak, pohon mempunyai peran penting dalam kehidupan, salah satunya sebagai produsen oksigen. Namun, tidak semua orang mampu menghargai pohon-pohon yang ada, sebab kerap terjadi perusakan lingkungan yang berdampak pada menurunnya kuantitas pohon-pohon di bumi. Padahal, selain berperan penting, beberapa pohon juga mempunyai keunikan perihal ukuran yang besar.

1. General Sherman – Pohon Sequoia


Pohon General Sherman – Pohon Sequoia

Jika mengunjungi California Giant Forest  of Sequoia National Park, kamu bisa menemukan pohon sequoia raksasa yang dinamai sebagai General Sherman. Nah, pohon ini juga dinobatkan sebagai pohon terbesar dan tertua yang ada di dunia. Pasalnya, General Sherman mempunyai volume 1.487 m3 dengan usia antara 2300 hingga 2700 tahun.

Karena ukuran dan usianya yang terbilang wow, pohon ini diperkirakan telah melalui berbagai masa-masa sulit, seperti perubahan iklim, modernisasi manusia, hingga kebakaran. Oleh karena itu, General Sherman menjadi daya tarik wisata untuk turis-turis di seluruh dunia. Jadi, kapan kamu akan mengunjunginya?

2. Arbol del Tule – Pohon Cemara


Pohon Arbol del Tule – Pohon Cemara

Dari namanya, mungkin kamu menebak Arbol del Tule berasal dari Spanyol. Yup, kamu tidak salah. Jika diterjemahkan, Arbol del Tule berarti the tree of Tule. Pohon ini termasuk kelompok cemara yang tumbuh di Kota Santa Maria of Tule, Meksiko. Dari sana, pohon ini menamai kota tersebut dan diingat orang-orang.

Arbol del Tule layak menyandang gelar sebagai salah satu pohon paling besar di dunia, sebab pohon ini mempunyai diameter 11,62 meter. Sedangkan, perihal volume, pohon Arbol del Tule mempunyai volume sebesar 750 m3. Selain itu, Berdasarkan ukurannya, pohon ini diperkirakan berusia 1400 tahun. Sangat luar biasa, bukan?

3. Tane Mahuta – Pohon Kauri


Pohon Tane Mahuta – Pohon Kauri

Tane Mahuta termasuk pohon Agathis australis atau lebih populer sebagai pohon kauri. Berdasarkan penduduk lokal, yakni suku Maori, Tane Mahuta berarti pohon penguasa atau Lord of the Forest. Nama ini diambil dari deretan dewa-dewa yang dipercaya penduduk lokal.  Sedangkan, mengenai lokasi Tane Mahuta, pohon ini tumbuh di Waipoua Forest, Selandia Baru.

Jika diukur, Tane Mahuta mempunyai volume hingga 516 m3. Oleh karena itu, pohon ini menjadi salah satu pohon terbesar yang menjadi kebanggan Selandia Baru. Selain ukuran, Tane Mahuta juga dinobatkan sebagai salah satu pohon tertua di bumi yang hidup sampai sekarang, yakni berusia 1250 hingga 2500 tahun.

4. Strong Girl – Pohon Blue Gum Tasmania


Pohon Strong Girl – Pohon Blue Gum Tasmania

Tampaknya, setiap pohon paling besar di bumi dinamai dengan nama-nama yang unik, seperti pohon ek terbesar yang bernama Strong Girl. Pohon ini tumbuh di Tasmania, Australia. Oleh karena itu, jika kamu ingin berkunjung bersama keluarga, cobalah untuk mengelola keuangan dengan baik dan benar agar dapat mengunjungi Australia suatu hari.

Strong Girl diketahui mempunyai volume 368 m3 dengan tinggi mencapai 90 meter, lho. Sampai sekarang, Strong Girl merupakan salah satu pohon blue gum Tasmania yang paling banyak ditanam di Australia. Dengan demikian, kamu bisa menjumpai pohon-pohon dengan spesies yang sama, tetapi mempunyai ukuran yang lebih kecil.

5. Gothmog – Pohon Eucalyptus obliqua


Pohon Gothmog – Pohon Eucalyptus obliqua

Ingin  tahu perihal pohon Eucalyptus obliqua terbesar di Australia? Jawabannya adalah pohon yang dinamai Gothmog. Saat diukur, pohon ini mempunyai diameter 3 meter dengan tinggi mencapai 90 meter. Dengan demikian, jangan sekali-kali memanjat tanpa memakai alat bantu. Pasalnya, kamu mungkin kelelahan, bahkan sebelum mencapai puncak.

Berdasarkan morfologi, Gothmog identik dengan daun-daun yang hijau mengkilap. Sedangkan, kayunya kasar dan berserabut dengan kulit kayu yang tebal. Ukuran daunnya mencapai panjang 6 hingga 22 cm dan lebar 1,5 sampai 7 cm. Lantas, berapa volume pohon ini? Diperkirakan Gothmog mempunyai volume 337 m3.

6. White Knight – Pohon Eukaliptus


Pohon White Knight – Pohon Eukaliptus

Selama 300 tahun, pohon White Knight tumbuh di Evercreech Forest Reserve. Jadi, kalau kamu berniat berfoto di bawahnya, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 15 kilometer dari Mathinna. Selain itu, pemerintah terus berupaya melindungi kelestarian pohon paling besar ini, termasuk dengan membuat trek jalan di sekeliling pohon White Knight.

Sebenarnya, White Knight termasuk pohon eukaliptus dengan diameter 3,3 meter. Tidak hanya itu, saat diukur tingginya mencapai 91 meter dengan volume 180 m3. Selama bertahun-tahun, White Knight melalui masa-masa sulit yang hampir merobohkannya, seperti pada tahun 1940-an dan 1970.

7. Neeminah Loggorale Meena – Pohon Blue Gum


Pohon Neeminah Loggorale Meena – Pohon Blue Gum

Namanya memang sulit dilafalkan masyarakat Indonesia. Akan tetapi, hal ini bukan berarti membuat pohon Neeminah Loggorale Meena layak dilupakan. Berdasarkan catatan sejarah, nama Neeminah Loggorale Meena diberikan oleh seorang siswa Aborigin. Kalau kamu ingin melihatnya, silakan mengunjungi Tasmania, Australia.

Namun, seperti nasib pohon-pohon lainnya. Neeminah Loggorale Meena termasuk dalam kelompok blue gum yang terancam ditebang. Oleh karena itu, pemerintah bergegas membuat aturan perihal pelarangan penebangan pohon-pohon dengan ketinggian di atas 85 meter. Sedangkan, pohon ini telah tumbuh setinggi 90,7 meter.

8. Hyperion – Pohon Coast Redwood


Pohon Hyperion – Pohon Coast Redwood

Apa kamu pernah membayangkan sebuah pohon yang tumbuh hingga 115,9 meter? Yap, Hyperion merupakan pohon terbesar dan tertinggi di dunia. Sebenarnya, Hyperion termasuk pohon coast redwood yang ditemukan ilmuwan pada tahun 2006. Kamu bisa menjumpainya di Taman Nasional Redwood, California.

Demikian, 8 jenis pohon terbesar di bumi. Oleh karena itu, sebaiknya jaga pohon-pohon tersebut, sebab pada dasarnya pohon tidak mempunyai batas tumbuh. Nah, kalau kamu pengidap megalophobia atau takut pada benda-benda raksasa, sebaiknya jangan mengunjungi pohon-pohon paling besar secara langsung.