8 Jenis Sayuran Ini Ternyata Bisa Dimakan Mentah Lebih Sehat

8 Jenis Sayuran Ini Ternyata Bisa Dimakan Mentah Lebih Sehat

IndoSuggest - makanan, termasuk di dalamnya sayuran atau daun beberapa di antaranya lebih cocok kalau dimakan mentah saja. Namun sebelum memakannya, kamu perlu membersihkan dengan benar-benar. Sebab tidak sedikit sayuran yang masih memiliki kandungan insektisida. 

Alangkah lebih baik kalau kamu membeli sayuran organik. Meski harganya sedikit lebih mahal, namun terbayar dengan kandungan gizi maksimal tanpa obat-obatan. 

Menanam sayuran sendiri justru lebih disarankan. Karena kamu tahu apa saja pupuk yang digunakan, hingga obat untuk pertumbuhannya. Hal ini sangat cocok jika kamu menggemari kegiatan berkebun skala kecil.

Sayuran yang Lebih Baik Dimakan Mentah


sayuran dapat bisa dimakan mentah

Mayoritas dari sayuran adalah jenis daun yang banyak ditemui dalam kehidupan. Contoh dari sayuran seperti bayam, brokoli, cabai, atau buncis. Ada beberapa pertanyaan seperti tomat itu sebenarnya buah atau sayur? Begitu pula cabai itu sebenarnya buah atau sayur. 

1. Cabai


sayuran dimakan mentah cabai lombok

Sebenarnya perdebatan di atas menjurus pada kesimpulan bahwa cabai adalah buah. Hal itu dikarenakan struktur yang berkembang dari ovarium bunga, kemudian dibuahi serta punya biji tanaman. Kamu pasti tahu cara menanam cabai adalah melalui bijinya.

Meski demikian, tidak jarang yang menganggap cabai sebagai sayur karena fungsinya guna penyedap makanan. Nah, intinya cabai ini akan lebih baik jika dimakan secara mentah. 

Cabai adalah jenis buah dan tanaman sayur yang baik dimakan mentah karena memiliki kandungan lebih tinggi daripada harus dimasak. Kandungan cabai seperti vitamin (a dan c) yang tinggi, magnesium, zat besi, serta Capsaicin. Kandungan Capsaicin itulah yang membuat cabai terasa pedas, manfaatnya ada banyak seperti meredakan nyeri dan mengatasi gatal di kulit, loh.

2. Wortel



Secara umum, semua jenis sayuran menyehatkan tubuh. Beberapa di antaranya alangkah baiknya jika dimakan mentah seperti wortel. Kamu pasti sering menjumpai olahan dari sayuran ini seperti jus wortel atau sup ayam. Bahkan wortel juga dipakai untuk memperindah tampilan makanan.

Wortel mempunyai kandungan yang baik utamanya vitamin a. Selain itu juga mengandung senyawa karotenoid untuk mencegah munculnya kanker. Vitamin lain misalnya c, kandungan zat besi, dan serat juga terkandung di dalamnya.

Melihat beragam manfaat dari wortel jika dimakan mentah, tentunya kamu bisa menjadikannya camilan. Cuci dan kupas dengan bersih sayuran wortel dulu sebelum mengkonsumsinya, ya.

3. Asparagus


sayuran dimakan mentah asparagus

Jenis sayuran asparagus adalah batang lunak berbentuk panjang dan berwarna hijau. Kandungan nutrisi dalam sayur asparagus tidak main-main banyaknya. Mulai dari tinggi kalium, natrium, serat, dan protein. Selain kandungan tersebut juga terdapat berbagai vitamin yang dibutuhkan tubuh kamu.

Mulai vitamin a, vitamin c, vitamin b6, kalsium, zat besi, dan magnesium. Ada beberapa jenis resep masakan yang bisa kamu campur dengan asparagus. Seperti sup dan tumis. Kalau ingin cepat dan mendapat semua kandungan tersebut, langsung saja pakai asparagus sebagai lalapan yang penuh nutrisi. 

4. Tauge


sayuran dimakan mentah tauge capar

Sayuran ini sudah tidak asing lagi di Indonesia, serta merupakan sayuran yang dapat dimakan mentah loh. Kecambah kacang hijau atau akrab disebut tauge dan capar ini menjadi campuran dari berbagai olahan makanan. Biasanya cukup direbus sebentar atau langsung dalam keadaan mentah. Seperti sebagai campuran rujak, nasi pecel, sup, bahkan rawon.

Banyak nutrisi yang terkandung, dan yang paling terkenal adalah bahwa tauge dapat meningkatkan kesuburan pria dewasa. Semakin sering kamu mengkonsumsinya maka urusan membuahi pasti beres. 

Namun jangan salah, mengkonsumsi tauge berlebihan juga tidak baik. Konsumsi secukupnya untuk mengambil segudang manfaat di dalamnya. Ada lemak yang sangat dibutuhkan tubuh. Tapi kalau berlebihan juga tidak baik.

5. Kubis


sayuran dimakan mentah kubis gobis

Sayuran ini memiliki masa panen sekitar 90 hari sekali. Tanaman sayuran kubis atau kol bisa dimakan mentah dan kamu memperoleh manfaatnya. Bisa pula dioseng atau ditumis dulu, dijadikan campuran beraneka ragam bahan lainnya. 

Jika kamu mengkonsumsi kubis mentah yang sudah steril, maka akan mendapatkan manfaat seperti kesehatan jantung. Mencegah kanker hingga membantu pertumbuhan otak. Pasalnya, sayuran memang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan manusia.

6. Brokoli


sayuran dimakan mentah brokoli

Sayuran brokoli masih satu jenis dengan kubis. Brokoli bisa dimakan mentah namun sebagian besar orang lebih suka dimasak dulu. Misalnya dicampur tepung bumbu sebelum digoreng, dijadikan campuran sup ayam super gurih, atau sekadar direbus sebentar, dan sebagainya. 

Tanaman sayuran brokoli dipercaya cocok dikonsumsi ibu hamil karena kandungan di dalamnya baik untuk janin. Brokoli punya asam folat yang dapat mencegah cacat calon jabang bayi loh. Kalau dimakan mentah terlalu ekstrem, cobalah merebusnya sebentar supaya nutrisi tidak hilang.

7. Kacang Panjang


sayuran dimakan mentah kacang panjang

Tidak sedikit orang yang menggunakan kacang panjang untuk dimakan mentah secara langsung. Seperti camilan pada wortel di atas, langsung memakan kacang panjang bisa menyehatkan tubuh. Terutama dalam hal kesehatan kulit dan menangkal radikal bebas seperti virus. 

Camilan dari sayuran yang dimakan secara mentah tersebut bisa menjadi pengganti makanan berat malam hari. Makan berat seperti nasi sepiring ditambah lauk daging ayam besar tentu tidak melulu baik. Untuk mengganjal lapar, kamu bisa ganti dengan camilan sayuran mentah yang bernutrisi.

Semua bagian dari kacang panjang bisa dimakan. Namun mayoritas orang lebih suka menghilangkan bagian pangkal dan ujungnya. Serta mengelupas bagian pinggir yang lumayan keras kalau dimakan. Nah, camilan kacang panjang sudah mirip astor bundar warna hijau, kan? 

8. Kemangi


sayuran dimakan mentah kemangi basil

Merupakan jenis sayuran yang sering disepelekan. Padahal, kemangi dipercaya dapat mengharumkan aroma keringat. Maka dari itu, kemangi sangat cocok dikonsumsi oleh kamu yang merasa memiliki keringat berbau. 

Kemangi juga bisa memberi manfaat sebagai peningkat daya tahan tubuh kamu. Aromanya yang segar sering dipakai sebagai campuran pepes dan lalap. Jadi membayangkan gurame bakar dengan sambal tomat khas ditambah kemangi mentah ya? 

Itulah beberapa jenis sayuran yang baik dimakan tanpa dimasak dengan beraneka macam nutrisi. Sayuran merupakan salah satu makanan rendah gula untuk diet. Gunakan secukupnya dan manfaatkan energi kamu supaya bermanfaat bagi orang lain dengan sayuran yang baik dimakan mentah tersebut.