8 Umpan Ikan Nila Alami Jitu Pasti Dapat

8 Umpan Ikan Nila Alami Jitu Pasti Dapat

IndoSuggest - Memancing dengan umpan ikan Nila yang alami akan jauh lebih sukses. Pasalnya, hal tersebut dirasa lebih mudah dan jenis umpan yang digunakan lebih gampang ditemukan. Kamu bahkan dapat memperolehnya di tempat sekitar spot memancing Nila.

Ikan Nila sendiri, tergolong sebagai salah satu ikan konsumsi yang paling populer di samping Lele dan Gurame. Ikan Nila punya duri yang tersusun rapi, sehingga mudah dipisahkan mana daging dan durinya. 

Umpan Ikan Nila yang Harus Dicoba


umpan ikan nila

Banyaknya teknik memancing paling jitu dapat didukung dengan umpan terbaik, piranti mumpuni, maupun lokasi memancing yang potensial. Joran untuk Nila yang paling cocok adalah joran Tegek, lihat juga jenis joran lainnya untuk memancing. 

Tidak afdol rasanya jika kamu memancing menggunakan umpan yang keliru. Selain kurang tepat, hal demikian dapat berakibat boncos atau tidak dapat ikan. Guna mengantisipasi hal tersebut, pakailah rekomendasi umpan paling jitu khususnya untuk ikan Nila berikut ini.

1. Lumut Watu atau Batu


umpan ikan nila lumut batu

Banyak sekali jenis lumut yang cocok digunakan memancing. Dan salah satunya, adalah lumut batu atau lebih dikenal sebagai lumut watu. Sesuai namanya, kamu dapat memperoleh jenis lumut ini di batu sungai berarus. 

Memiliki karakteristik panjang, berwarna hijau tua, dan cara memasang lumut watu adalah dipelintir-pelintir pada kail. Berbeda dengan jenis lumut lain seperti kopyok, ya. 

Selain untuk umpan ikan Nila, lumut watu terbukti jitu untuk memancing ikan Bader Abang, Tawes, maupun Nilem. Cobalah menggunakan teknik mengalir (enter enter) dengan dua kail dan pelampung. 

2. Lumut Kasar atau Jaring


umpan ikan nila lumut jaring kasar

Jika menggunakan lumut kasar untuk memancing ikan Nila, kamu pasti sedang menyasar ukuran babon. Jenis lumut ini disukai Nila babon, Mujair, bahkan ikan Bandeng!

Cara memasangnya yaitu pada keadaan kering, kemudian diikat di kail tunggal. Kalau menjajal peruntungan memancing Bandeng, gunakan timah berat, pelampung besar, senar kuat, dan joran panjang. Joran pasiran lebih disarankan. 

3. Pelet Khusus Nila


umpan ikan nila pelet ikan

Teknologi dapat membikin umpan ikan Nila yang lebih gampang. Jika kamu sukar menemukan lumut alami, maupun menemukan penjual lumut, cobalah memakai pelet ikan. Konsultasikan kepada penjual alat pancing dulu, mana pelet yang khusus untuk ikan Nila paling jitu.

4. Cacing untuk Nener


umpan ikan nila cacing

Ikan Nila dewasa jika dipancing menggunakan cacing akan sangat sulit. Berbeda jika sasaran kamu adalah Nener (anak ikan Nila). Menggunakan cacing baik cacing merah, cacing fosfor, atau cacing sawah sudah sangat jitu. 

Dalam kenyataannya, Nener sebenarnya tidak sekadar untuk anak ikan Nila. Melainkan sebutan umum untuk anak ikan secara luas. Utamanya ikan yang masih berukuran di bawah 3 nyari. 

5. Lumut Halus atau Kopyok


umpan ikan lumut halus kopyok

Ini adalah jenis lumut untuk umpan ikan Nila paling populer digunakan. Lumut halus atau kopyok, dinamakan demikian karena cara memasangnya diobok-obok. 

Merupakan lumut yang sangat mudah ditemui di toko penyedia alat pancing. Biasanya 1 wadah besar dihargai 3000 sampai 5000 rupiah saja. Cara memasangnya adalah menggunakan rangkaian khusus ikan Nila dengan 4 atau 5 kail secara paralel. 

Jangan sampai lupa tips supaya umpan lumut jadi lebih jitu. Caranya dengan memperhalus tekstur dari lumut tersebut, tambahkan garam atau shampoo ke dalam ember umpan lumut. Setelah itu aduk perlahan sambil diteteskan essens ikan.

6. Rumput Kolonjono


umpan ikan rumput kolonjono gajah

Ikan Nila liar sejatinya omnivora atau pemakan segala di sungai tersebut. Makanan yang menjadi favorit Nila babon adalah suket Kolonjono (rumput Kolonjono). Selain Nila, umpan ini juga cocok untuk Tawes babon dan ikan putihan lain. 

Cara memasangnya cukup gampang, kamu tinggal memetik satu lembar Kolonjono, kemudian kail ditancapkan hingga masuk dan memutar daun sampai ujung. Berapa kail? Tergantung selera, satu saja sudah cukup. 

7. Umpan Ikan Nila Kroto


umpan ikan kroto angkrang

Kroto adalah telur semut rangrang (angkrang). Cara memasangnya sebagai umpan ikan Nila jitu adalah beberapa Kroto pada satu kail. Mengingat harga Kroto yang lumayan mahal (200 ribu per kilogram), umpan ini jarang digunakan. Selain itu mendapatkan Kroto di toko pancing dan umpan lumayan sulit, apalagi di alam liar. 

8. Daun Kangkung Air


umpan ikan kangkung air

Seperti sungai Brantas banyak tumbuhan air seperti kangkung. Jika kamu perhatikan, ada aktivitas di bawah rimbun kangkung tersebut. Kamu tidak salah, ikan Nila yang ukurannya lumayan menggiurkan sedang memakan daun yang menyentuh air! 

Teknik ini lumayan sulit diterapkan, sebab kamu harus mencari spot mancing alami dan potensial. Sedangkan kenyataannya, sungai di Indonesia ini kebanyakan... Anu, enggak jadi. 

Itulah beberapa informasi tentang umpan salah satu ikan konsumsi terbaik. Ikuti terus situs ini dan Instagram resmi di sini. Gunakan umpan ikan Nila satu per satu dan ketahui mana yang paling cocok diterapkan di lingkungan kamu.