8 Jenis Bunga Berwarna Hitam, Unik dan Elegan

8 Jenis Bunga Berwarna Hitam, Unik dan Elegan

IndoSuggest - Biasanya, bunga tampak menarik karena morfologi dan memiliki warna-warna yang cerah. Namun, apa jadinya jika terdapat jenis-jenis tumbuhan dengan bunga berwarna hitam? 

Tentunya, bunga-bunga ini tetap unik dan elegan melalui cara mereka sendiri. Selain itu, warna hitam juga memberi kesan misterius yang tidak dimiliki jenis tumbuh-tumbuhan yang lain.

Bunga Berwarna Hitam untuk Kamu Penyuka Hitam

Sayangnya, sebagian besar bunga dengan warna hitam diciptakan melalui perantara manusia. Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati saat merawatnya. 

Intinya jangan sampai bunga-bunga tersebut menjadi berbahaya terhadap ekosistem. Lantas, jenis bunga-bunga apa saja yang mempunyai warna hitam?

1) Petunia Hitam


Petunia Hitam

Tahukan kamu bahwa petunia hitam mendapat julukan sebagai The Blackest Flower? Yap, hal ini bukan tanpa alasan, sebab bunga ini memang mempunyai kelopak yang benar-benar berwarna hitam. 

Selain itu, petunia hitam diciptakan pada tahun 2010 sehingga tidak termasuk jenis bunga alami yang ada di alam liar.

Meski demikian, bunga ini mempunyai penggemar di seluruh dunia, sebab mempunyai warna yang terasa mencolok. 

Orang-orang juga percaya petunia hitam melambangkan pemberontakan, keunikan, dan kekuatan. Jadi, kamu tidak terkesan mainstream saat merawat atau menghadiahkannya kepada orang lain. 

Bahkan, orang-orang Amerika Selatan dan Eropa memberi petunia hitam di Hari Ibu.

2) Hellebore Hitam


Hellebore hitam

Mungkin, kamu sering melihat bunga hellebore berwarna putih atau merah muda. Akan tetapi, bunga berwarna hitam juga berhasil diciptakan untuk memperkaya varian jenis tanaman ini. 

Sebenarnya, hellebore hitam tidak benar-benar berwarna hitam, melainkan mempunyai warna burgundy gelap yang sekilas menyerupai warna hitam. Jadi, kamu harus benar-benar pintar membedakan warna, ya.

Hellebore hitam juga mempunyai nama lain Christmas Rose dan memiliki nama latin Helleborus niger. Nah, kalau kamu berniat merawatnya, sebaiknya berpikir ulang, sebab hellebore hitam termasuk jenis tanaman beracun. 

Meski demikian, banyak orang tetap jatuh cinta padanya. Bunga ini mempunyai perawatan yang mudah dan mekar di awal musim semi.

3) Hollyhock hitam


Hollyhock hitam

Sekilas, hollyhock hitam tampak mempunyai warna hitam. Padahal, seperti hellebore hitam, bunga ini sebenarnya mempunyai kelopak berwarna ungu kebiruan. 

Nah, dengan warna yang unik dan elegan, kamu disarankan menanamnya di pekarangan. Pasalnya, kelopak hollyhock hitam tampil mencolok jika dibandingkan bunga-bunga yang lain.

Selain itu, bunga ini mempunyai perawatan yang mudah, khususnya bila tumbuh di tempat beriklim hangat atau sejuk. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika hollyhock hitam dapat mengalami gangguan pertumbuhan hingga mengalami kematian. 

Di sisi lain, bunga ini dipercaya melambangkan kebangsawanan dan persahabatan. Oleh karena ini, hollyhock hitam hitam menjadi populer.

4) Mawar Baccara Hitam


mawar Baccara hitam

Mawar Baccara hitam merupakan jenis bunga berwarna hitam yang paling populer.  Seperti namanya, bunga ini berasal dari Baccarat dan diciptakan oleh Meilland. 

Sebenarnya, mawar Baccara hitam berwarna merah, tetapi bukan merah cerah seperti biasa, melainkan merah yang benar-benar gelap sehingga tampak berwarna hitam. Apalagi, jika bunga ini tersorot cahaya.

Jadi, kalau kamu bosan memelihara mawar-mawar berwarna cerah, maka mawar Baccara hitam menjadi rekomendasi yang sempurna. 

Pasalnya, tidak hanya terlihat unik dan elegan, tetapi mawar ini juga memberi kesan misterius dan gothic

Aromanya juga tidak main-main. Pokoknya, mempunyai wangi yang menarik. Oleh karena itu, kamu bisa memberikannya pada pasangan sebagai ungkapan cintaku bertahan sampai mati.

5) Tulip Hitam


Tulip hitam

Jika mendapat pertanyaan terkait ikon di negara Belanda, mungkin kamu akan menjawab bunga tulip. Bunga ini terkenal karena keindahannya yang bermekaran di bulan Maret sampai Agustus, sebab mempunyai warna-warna yang menarik, termasuk berwarna hitam. 

Nah, warna hitam sangat cocok untuk orang-orang yang ingin tampak berbeda.

Meskipun berwarna langka, tulip ini mempunyai perawatan seperti bunga-bunga yang lain. Oleh karena itu, tulip hitam cepat tersebar ke berbagai negara. 

Bunga ini juga melambangkan loyalitas dan kekuatan. Jadi, kapan kamu berniat membeli jenis tanaman ini di toko bunga terdekat? Jangan lupa untuk mengunggah fotonya di media sosial, ya.

6) Poppy Tengah Malam


Poppy tengah malam hitam

Warna gelap mengesankan membuat poppy tengah malam menjelma sebagai bunga berwarna hitam yang populer. Sebenarnya, warna ini muncul akibat perpaduan warna hitam dan ungu gelap. 

Oleh karena itu, bunga poppy tengah malam memiliki nuansa mistik di kelopaknya. Nah, apa kamu tertarik memeliharanya sebagai dekorasi pekarangan?

Pasalnya, poppy tengah malam termasuk bunga dengan tinggi sekitar 30 inchi. Dengan demikian, bunga ini cocok ditanam di pekarangan, khususnya pada pekarangan yang longgar dan tersorot cahaya matahari. 

Untuk mempercantik tanaman, jangan lupa menanam tanaman lain di sekitarnya, seperti tanaman berdaun hijau dengan bunga-bunga yang cerah.

7) Iris Hitam


Iris hitam

Iris hitam mempunyai nama latin Iris chrysographes. Bunga ini berasal dari Myanmar dan mempunyai habitat di tepi sungai, pinggir hutan, lereng bukit, dan padang rumput. 

Iris hitam mempunyai tinggi 41-51 cm. Selain itu, bunga ini hanya tumbuh pada tempat-tempat yang mempunyai pH netral.

8) Lili Bintang Hitam


Lili bintang hitam

Sebenarnya, lili bintang hitam tidak benar-benar berwarna hitam, melainkan mempunyai campuran berwarna ungu gelap. 

Tanaman ini mampu tumbuh 45-50 cm. Kalau kamu berniat memeliharanya, coba tanam bunga ini di tempat yang teduh. Jangan lupa untuk menjaga kondisi media tanam senantiasa dalam kondisi lembab.

Penutup

Demikian, jenis-jenis bunga yang mempunyai warna hitam. Selain  bunga-bunga yang diulas, kamu juga dapat memelihara tanaman hias anti mainstream lainnya, yakni tanaman karnivora

Dengan berbagai tanaman tersebut, kamu dapat belajar untuk lebih mencintai lingkungan. Jadi, bunga berwarna hitam tidak selalu berkesan negatif, ya.