8 Jenis Famili Paus yang Hidup di Bumi

8 Jenis Famili Paus yang Hidup di Bumi

IndoSuggest - Meski kerap disebut sebagai ikan paus, tetapi hewan ini tergolong mamalia. Kamu bisa menemukan berbagai spesies paus di lautan, sebab  terdapat beberapa jenis famili paus yang ada di bumi. 

Sayangnya, kamu mungkin bakal sukar menemukannya. Selain karena beberapa spesies tergolong pemalu, hewan ini juga mengalami penurunan populasi.

Mengenal Jenis-Jenis Famili Paus yang Terancam Punah


8 Jenis Famili Paus yang Hidup di Bumi

Dalam taksonomi animalia, paus diketahui mempunyai 8 famili (suku) yang tersebar di dunia. 

Akan tetapi, sebagian besar spesies yang tergolong dalam famili-famili tersebut mengalami penurunan populasi. 

Hal ini disebabkan perburuan secara liar dan perubahan iklim yang terjadi sejak beberapa dekade. Oleh karena itu, konservasi dilakukan sejak tahun 1986.

1) Paus Paruh – Famili Ziphiidae


Paus Paruh – Famili Ziphiidae

Setidaknya, paus paruh atau famili ziphiidae terdiri atas beberapa spesies yang mempunyai habitat di laut dalam. Seperti namanya, paus paruh mempunyai morfologi mulut menyerupai paruh seekor burung, yakni mulut yang memanjang. 

Hal ini membuat paus paruh tergolong sebagai penyelam yang andal. Sampai sekarang, diketahui paus paruh mampu menyelam sampai kedalaman 2.900 meter selama 137,5 menit.

Paus ini mempunyai beberapa karakteristik yang unik, yakni:

  1. memiliki gigi yang tersembunyi di dalam jaringan gusi, 
  2. tidak terdapat lekukan paus jantan, dan 
  3. mempunyai tonjolan pada kepala. 

Lantas, bagaimana cara paus paruh mencari makan? Ternyata, paus ini memperoleh makanan dengan mengisap mangsa ke rongga mulutnya.

2) Paus Sperma – Famili Physeteridae


Paus Sperma – Famili Physeteridae

Seperti namanya, paus sperma atau famili physeteridae mempunyai spermaceti atau zat semi lilin yang memenuhi organ spermaceti

Kemudian, zat ini juga memiliki peran penting, khususnya untuk membantu gerakan di dalam air dan menemukan sumber suara-suara tertentu. Nah, biasanya kamu bisa menemukan paus sperma bersama kawanannya.

Lantas, dalam jenis famili paus bergigi, paus sperma tergolong spesies yang mempunyai ukuran terbesar. 

Pasalnya, paus jantan dapat memiliki bobot 70 ton. Rasanya, sebanding dengan ukuran tubuhnya, hewan ini mempunyai proporsi otak terbesar jika dibandingkan dengan hewan-hewan lain yang ada di dunia. Pokoknya, kamu akan gemetar kalau melihatnya berenang di bawah kapal.

3) Paus Sperma Pygmy dan Paus Dwarf – Famili Kogiidae


Paus Sperma Pygmy dan Paus Dwarf – Famili Kogiidae

Di  famili kogiidae hanya terdapat dua spesies paus yang masih tersisa, yakni paus sperma pygmy dan paus dwarf. 

Dua spesies ini mempunyai ukuran yang sama, kurang lebih sekitar 3 meter dengan bobot 400 kilogram. Keduanya juga mempunyai gigi, tetapi gigi mereka cenderung rapi dengan ukuran dan bentuk yang sama.

Jika diamati, paus sperma pygmy dan paus dwarf terlihat berbeda karena mempunyai sirip yang mencolok. Selain itu, mereka dapat mengeluarkan suara unik melalui  organ dan sistem tubuh yang menyerupai pipa besar. 

Saat terancam, keduanya mempunyai mekanisme pertahanan dengan mengeluarkan zat khusus yang menyerupai tinta tinja. Sangat spektakuler.

4) Beluga dan Narwhal – Famili Monodontidae


Beluga dan Narwhal – Famili Monodontidae

Seperti famili kogiidae, jenis famili paus monodontidae juga hanya memiliki dua spesies, yakni beluga dan narwhal. Dua spesies ini mempunyai perbedaan, di mana beluga cenderung berwarna putih dan mempunyai habitat di Samudra Atlantik, sedangkan narwhal berwarna gelap dan memiliki habitat di Samudra Arktik. Nah, kalau kamu penasaran soal narwhal, cobalah membaca paus narwhal di filosofish.

5) Paus Pygmy Kanan – Famili Cetotheriidae


Paus Pygmy Kanan – Famili Cetotheriidae.png

Masuk dalam kelompok balin, paus pygmy kanan atau famili cetotheriidae menjadi paus yang menyaring plankton untuk memperoleh makanan. 

Oleh karena itu, rasional jika Sheldon J. Plankton termasuk hewan laut dalam kartun Spongebob Squarepant yang takut pada paus. Paus pygmy kanan mempunyai habitat di belahan bumi selatan.

Ternyata, hewan ini dapat mempunyai bobot 3,5 ton dengan panjang 5 meter, lho

Selain itu, paus ini juga mempunyai bercak-bercak terang di belakang mata. Sayangnya, sampai sekarang, para ilmuwan hanya memperoleh sedikit informasi mengenai famili ini. Pasalnya, paus pygmy kanan dinyatakan punah pada tahun 2012.

6) Paus Abu-Abu – Famili Eschrichtiidae


Paus Abu-Abu – Famili Eschrichtiidae

Pernahkah kamu berpikir kenapa jenis famili paus abu-abu dinamai memakai contoh warna? Yap, mungkin tebakanmu benar. Paus ini mempunyai bercak abu-abu dengan bintik putih pada kulitnya yang cenderung berwarna gelap. 

Oleh karena itu, paus ini dinamai demikian. Kalau kamu penasaran, kamu mungkin beruntung menemukan paus ini di Pasifik Utara.

Nah, karakteristik yang membedakan paus ini dengan spesies lain adalah lubang ganda di ujung kepala. 

Jika diamati, lubang ini tampak menyerupai lengkungan berbentuk hati. Selain itu, juga terdapat rambut tunggal dan kaku di cekungan rahangnya. Selain itu, paus abu-abu dapat mencapai panjang 49 kaki dengan berat 36 ton.

7) Paus Sikat – Famili Balaenidae


Paus Sikat – Famili Balaenidae

Sampai sekarang, diketahui bahwa paus sikat atau famili balaenidae mempunyai tiga spesies yang berbeda, yakni:

  1. paus sikat Atlantik Utara, 
  2. paus sikat Pasifik Utara, dan 
  3. paus Sikat Selatan. 

Paus ini mempunyai panjang 15 meter dengan bobot 80 ton. Selain itu, paus sikat mempunyai balin yang dapat mencapai permukaan air.

8) Paus Rorquals – Famili Balaenopteridae


Paus Rorquals – Famili Balaenopteridae

Jenis famili yang terakhir adalah paus rorquals atau famili balaenopteridae. Nah, famili ini termasuk spesies paus balin terbesar di dunia atau lebih populer sebagai paus biru. 

Pasalnya, paus biru dapat mencapai bobot 180 ton. Sedangkan, spesies lain yang tergolong dalam paus rorquals adalah paus fin, paus sei, paus bryde, paus Eden, paus Minke umum, paus Minke Antartika, paus Omura, dan paus bungkuk.

Demikian, 8 famili paus yang berhasil diidentifikasi. Dalam setiap famili terdapat marga-marga tertentu  dan dalam setiap marga terdiri atas beberapa spesies.

Oleh karena itu, mari bahu-membahu menjaga kelestarian laut untuk melindungi mamalia terbesar di bumi. Jangan sampai beberapa jenis famili paus mengalami kepunahan di masa depan.