8 Jenis Hewan Laut di Kartun Spongebob Squarepants

8 Jenis Hewan Laut di Kartun Spongebob Squarepants

IndoSuggest - Apa kamu pernah mendengar kota bawah air bernama Bikini Bottom di kartun Spongebob Squarepants? Jika pernah, mungkin kamu mempunyai masa kecil yang menyenangkan. Yap, kota ini merupakan latar tempat kartun yang populer di dunia. 

Dalam cerita, kamu bisa menjumpai berbagai hewan-hewan laut yang berperan menjadi tokoh-tokoh unik dan menggemaskan.

Kenali Hewan Laut dalam Kartun Spongebob Squarepants

Tahukah kamu bahwa selain karakter mayor, kartun ini kerap menampilkan karakter-karakter minor, sebut saja Fred, Tom, Frank, dan lain-lain. Kamu pun juga bisa menemukan berbagai tokoh figuran yang dimunculkan, seperti ikan teri di berbagai episode. 


Jenis Hewan Laut di Kartun Spongebob Squarepants

Namun, apa kamu sudah tahu hewan-hewan laut apa yang mendominasi cerita? Kalau belum, yuk baca artikel ini.

1 Larry the Lobster adalah Lobster Amerika

Dalam cerita, Larry the Lobster mempunyai tubuh yang kekar dan disukai banyak wanita, termasuk tokoh minor bernama Evelyn Annette. Tokoh ini mempunyai pekerjaan sebagai penjaga Pantai Goo Lagoon. Oleh karena itu, Larry The Lobster digambarkan dengan celana renangnya. Tokoh ini muncul pertama kali dalam episode Ripped Pants.


Larry the Lobster adalah Lobster Amerika


Sebenarnya, Larry the Lobster termasuk hewan laut  bernama lobster Amerika yang mempunyai habitat di Labrador sampai New Jersey. Hewan ini memiliki nama latin Homarus americanus. Lobster dewasa mempunyai panjang 64 cm dengan berat mencapai 20 kg. Oleh karena itu, Larry the Lobster digambarkan sebagai tokoh berotot dan kekar.

2 Pearl Krabs adalah Paus Biru

Hayo, siapa yang tidak kenal Pearl Krabs di kartun Spongebob Squarepants? Yap, Pearl Krabs merupakan anak perempuan Tuan Krabs yang mempunyai perilaku layaknya remaja pada umumnya. Dia gemar berkumpul dengan teman-temannya dan mengikuti berbagai tren. Dengan demikian, Pearl Krabs kerap merasa sebal pada ayahnya yang dinilai terlalu kuno.


Pearl Krabs adalah Paus Biru

Nah, jika Tuan Krabs seekor kepiting, maka Pearl Krabs digambarkan menyerupai seekor paus biru. Dalam bahasa latin, paus biru dinamai sebagai Balaenoptera musculus. 

Sayangnya, hewan ini benar-benar dilindungi agar tidak menjadi hewan punah yang ada di dunia. Selain itu, paus biru mempunyai ukuran yang besar, sehingga Pearl kerap menyebabkan gempa dalam cerita.

3 Garry adalah Siput Bulan Utara

Spongebob mempunyai hewan peliharaan bernama Garry. Tokoh ini kerap meninggalkan lendir ketika berjalan dan gemar berendam di lumpur. Dalam cerita, Garry digambarkan mempunyai perilaku layaknya kucing karena mengeong dan tidak menyukai mandi, sedangkan anjing diwakili cacing laut yang menggonggong. Dengan demikian, Garry termasuk tokoh yang tidak bisa bicara.


Garry adalah Siput Bulan Utara

Dalam dunia nyata, Garry merupakan siput bulan utara dengan nama latin Lunatia heros. Siput ini tergolong siput laut yang mempunyai habitat di pantai timur Kanada dan Amerika Serikat. 

Jika diamati, siput bulan utara mempunyai cangkang berwarna cokelat kemerahan dan berbentuk bulat. Hewan ini termasuk predator yang memakan moluska lainnya.

4 Sheldon J. Plankton adalah Cyclops

Rasanya, tokoh terkecil dalam kartun Spongebob Squarepants adalah Sheldon J. Plankton. Tokoh ini digambarkan berwarna hijau, mempunyai antena, sebuah mata besar, dan badan berbentuk lonjong. 

Plankton merupakan rival Tuan Krabs yang mempunyai restoran Chum Bucket. Namun, restoran tersebut digambarkan sepi sehingga Plankton mati-matian mencuri resep krabby patty.

Seperti namanya, Sheldon J. Plankton termasuk plankton hewani yang disebut cyclops. Jika dilihat memakai mikroskop, cyclops mempunyai sepasang antena dan tubuh berbentuk lonjong. N

ama cyclops berasal dari mitologi Yunani, yakni mengenai hewan bermata tunggal. Sedangkan, di perairan, cyclops mempunyai peran penting dalam rantai makanan.

5 Tuan Krabs adalah Kepiting Hantu Atlantik

Satu-satunya tokoh mata duitan di Spongebob Squarepants adalah Tuan Krabs. Selain itu, dia digambarkan mempunyai karakter yang pelit. Dia mempunyai restoran Krusty Krab dengan menu andalan krabby patty. 

Tokoh ini mempekerjakan Spongebob Squarepants dan Squidward Tentacles. Sedangkan, musuh bebuyutannya adalah Sheldon J. Plankton yang mengelola restoran Chum Bucket.

Jika diidentifikasi, Tuan Krabs merupakan kepiting hantu Atlantik. Sesuai namanya, hewan ini hanya ditemukan di Samudra Atlantik. Hewan ini mempunyai morfologi yang mencolok, yakni sepasang tangkai mata yang panjang, capit yang besar, dan warna kuning kemerah-merahan. Sedangkan, makanan favorit kepiting hantu Atlantik adalah telur dan bayi penyu.

6 Squidward Tentacles adalah Gurita

Saat anak-anak, mungkin kamu berpikir Squidward Tentacles merupakan tokoh yang menyebalkan di Kartun Spongebob Squarepants. Akan tetapi, kamu mungkin berubah pikiran ketika dewasa. Pasalnya, Squidward menggambarkan karakter yang related dengan kehidupan orang-orang di dunia nyata. Squidward digambarkan menyukai seni dan gemar bermain klarinet.


Squidward Tentacles adalah Gurita

Meski mempunyai nama yang mengandung kata squid atau cumi-cumi, tetapi Squidward sebenarnya adalah gurita atau Common octopus. Hewan ini mampu tumbuh dengan ukuran 90 sentimeter. 

Tubuhnya tampak berbentuk bulat dengan 8 lengan penghisap di bawahnya. Oleh karena itu, ketika berjalan Squidward kerap menimbulkan suara yang khas.

7 Patrick Star adalah Bintang Laut Merah Muda Raksasa

Tampaknya, sebagian besar orang-orang tahu bahwa Patrick Star merupakan seekor  bintang laut merah muda raksasa. 


Patrick Star adalah Bintang Laut Merah Muda Raksasa

Hewan ini mempunyai nama latin Pisaster brevispinus dengan 5 lengan dan mampu tumbuh hingga diameter 60 sentimeter. Habitatnya berada di perairan pantai barat Amerika Serikat.

8 Spongebob Squarepants adalah Spons Laut


Spongebob Squarepants adalah Spons Laut

Nah, seperti judulnya, tokoh utama kartun terbaik sepanjang masa ini adalah Spongebob Squarepants. Di dunia nyata, Spongebob merupakan spons laut yang memiliki nama latin Spongia officinalis. Kamu bisa menemukan spons laut di Laut Karibia, Laut Mediterania, dan Samudra Hindia sebelah barat. Namun, hewan ini kerap diambil untuk kepentingan manusia sehingga terancam punah.

Penutup

Demikian, berbagai tokoh yang terinspirasi hewan-hewan laut di serial kartun berjudul Spongebob Squarepants. Oleh karena itu, selain menghibur, kartun ini juga mengajarkan berbagai keanekaragaman di perairan air asin. Kalau kamu tertarik mengenai hewan-hewan laut, cobalah mengunjungi filosofish.id setelah menyaksikan kartun Spongebob Squarepants untuk bernostalgia.