8 Jenis Makanan Khas Perancis yang Sangat Romantis Bagian 2

8 Jenis Makanan Khas Perancis yang Sangat Romantis Bagian 2

IndoSuggest - Ikon terkenal negara Perancis adalah Menara Eiffel. Negara ini juga memperoleh julukan sebagai negara romantis, termasuk soal makanan khas Perancis yang tiada duanya. 

Oleh karena itu, banyak orang berkunjung ke Perancis sekadar untuk menikmati Menara Eiffel, merasakan tempat-tempat romantis, atau sekadar mencicipi makanan tradisional berkelas dunia.

Rekomendasi Makanan Khas Perancis untuk Kencan


Jenis Makanan Khas Perancis yang Sangat Romantis

Jadi, tidak ada salahnya saat kamu ingin berkencan, melamar, atau mengadakan pernikahan di negara ini. Pasalnya, Perancis mempunyai berbagai aspek pendukung untuk menciptakan suasana romantis, termasuk berbagai makanan yang digemari masyarakat dunia. 

Nah, setelah membaca rekomendasi makanan Perancis bagian 1, kamu dapat membaca artikel ini.

1# Creme Brulee


Creme Brulee Makanan Penutup Perancis

Sebenarnya, creme brulee termasuk dessert atau hidangan penutup. Makanan ini mempunyai rasa yang tidak mengecewakan, termasuk untuk lidah Indonesia. 

Creme brulee termasuk sajian semacam custard atau kue lumpur jika di Indonesia. Namun, makanan ini mendapat bahan baku tambahan sebagai pembeda, yakni vanila, susu, dan buah-buahan yang dimasak di dalam oven.

Jika mencicipinya, creme brulee mempunyai rasa manis dan segar dengan tekstur yang lembut. Jadi, kamu bisa memakannya sebagai camilan yang menyehatkan. 

Oleh karena itu, creme brulee kerap menjadi menu andalan di cafe atau restoran-restoran tanah air. Nah, untuk memperkaya pengalaman kuliner, jangan lupa mencicipinya, ya.

2# Confi de Canard


Confi de Canard Makanan Khas Perancis

Apa kamu penggemar sajian bebek? Kalau begitu, cobalah mencicipi makanan khas Perancis yang satu ini. Yap, confi de canard merupakan makanan yang terbuat dari bebek dan sangat direkomendasikan. 

Makanan ini memperoleh bahan baku dari paha bebek yang dimasak selama 36 jam. Sedangkan, pada 24 jam pertama, confi de canard diberi campuran garam, thyme, dan bawang putih.

Oleh karena itu, confit de canard mempunyai aroma yang menggoda. Kemudian, proses belum selesai, makanan ini harus dipanggang atau digoreng sesuai selera sebelum dihidangkan. 

Lantas, kira-kira bagaimana rasa confi de canard? Sebenarnya, makanan ini cenderung mempunyai rasa gurih. Selain itu, makanan ini benar-benar enak karena proses pemasakan yang panjang.

3# Cassoulet


Cassoulet Makanan Perancis Unik

Jika diamati, cassoulet menyerupai kaserol. Namun, keduanya mempunyai perbedaan, di mana cassoulet terbuat dari kacang putih dan sosis. 

Makanan ini sebenarnya menyerupai sebuah sup, tetapi dengan kuah yang kental. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab cassoulet memanfaatkan berbagai rempah-rempah. 

Selain itu, makanan ini mengandung lemak yang tinggi sehingga membuat kenyang.

Di Perancis, cassoulet kerap dimakan di depan perapian saat musim dingin. Sedangkan, di zaman sekarang, makanan ini dikreasikan dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah. 

Dengan demikian, bukan berarti makanan ini kurang pas saat dimakan di musim panas. Kamu tetap bisa menikmatinya di banyak musim, termasuk musim hujan dan kemarau.

4# Crepes


Crepes Makanan Perancis Enak

Selain, croissant, terdapat roti tradisional bernama crepes. Tampaknya, makanan khas Perancis ini populer di dunia, termasuk Indonesia. 

Oleh karena itu, kamu bisa melihat berbagai penjual makanan, kafe, sampai restoran yang menjajakan crepes. Di Perancis, makanan ini dapat dipakai sebagai menu pembuka atau menu penutup, lho.

Pasalnya, crepes mempunyai isian yang bervariasi, mulai dari es krim, cokelat, keju, telur, sampai ham. Selain itu, penyajiannya menyerupai panekuk tipis yang dilipat-lipat. 

Sebenarnya, crepes merupakan makanan tradisional yang berasal dari daerah barat, yaitu Bretagne. Akan tetapi, karena rasanya yang populer, makanan ini menjadi makanan yang dikenal masyarakat.

5# Farci Poitevin


Farci Poitevin Makanan Unik Perancis

Mungkin, bentuk dan warnanya terlihat aneh. Namun, farci poitevin merupakan makanan Perancis dengan nilai gizi yang baik. 

Pasalnya, makanan ini terbuat dari berbagai sayur-sayuran yang dikombinasikan dengan bumbu-bumbu lainnya. Kemudian, farci poitevin dibungkus ke dalam kubis. Oleh karena itu, makanan ini terlihat membulat dengan warna kehijauan.

Biasanya, farci poitevin dihidangkan pada orang-orang Perancis sebagai hidangan pembuka. Untuk pelengkap, mereka kerap menyandingkan makanan ini dengan roti tradisional Perancis. 

Hayo, apa kamu tertarik untuk mencobanya? Kalau begitu, jangan lupa untuk mengunjungi restoran Perancis atau datang ke negara ini.

6# Langue de Boeuf


Langue de Boeuf Lidah Sapi Perancis

Sebagian orang mungkin merasa jijik saat tahu bahan baku makanan khas Perancis yang satu ini. Yap, langue de boeuf adalah makanan tradisional paling unik, sebab terbuat dari lidah sapi.  

Dalam prosesnya, lidah ini diiris tipis dan dimasak memakai bumbu-bumbu dan potongan sayur.

Soal rasa, kamu tidak perlu ragu. Pasalnya, langue de boeuf mempunyai tekstur yang kenyal dan lembut. Selain itu, bumbu-bumbu pelengkap juga membuat makanan ini terasa gurih. 

Dengan demikian, kalau kamu berkunjung ke Perancis, langue de boeuf merupakan satu dari sekian makanan yang wajib dicicipi.

7# Baguette


Baguette Makanan Perancis Panjang

Selain croissant dan crepes, kamu juga bisa menemukan roti tradisional Perancis lainnya, yakni Baguette. Rasanya, roti ini merupakan makanan yang paling populer di dunia, sebab kamu kerap melihat baguette di berbagai film yang menampilkan latar belakang Perancis. 

Baguette identik dengan tekstur yang renyah dan bentuk yang panjang.

8# Tarte Tatin


Tarte Tatin Makanan Perancis Kue

Tarte tatin mendapat julukan sebagai tart buah khas Perancis. Makanan ini termasuk kue dengan pelengkap aprikot atau apel yang diolah membentuk karamel. 

Dengan demikian, tarte tatin mempunyai cita rasa yang manis. Jadi, tidak heran jika banyak orang menggemari makanan ini.

Penutup

Demikian, makanan tradisional Perancis yang populer di dunia. Sebaiknya, perkaya pengalaman kuliner dengan mencicipi berbagai makanan tersebut, mulai dari creme brulee, confi de canard, cassoulet, crêpes, farci poitevin, langue de boeuf, baguette, sampai tarte tatin. 

Pasalnya, makanan khas Perancis mempunyai cara penyajian dan rasa yang luar biasa.