8 Rekomendasi Film Korea Tentang Bencana, Kamu Harus Nonton

8 Rekomendasi Film Korea Tentang Bencana, Kamu Harus Nonton

IndoSuggest - Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dunia perfilman gemar menampilkan berbagai inovasi dan genre, termasuk film Korea tentang bencana. Pasalnya, Korea Selatan merupakan negara yang menjadi mercusuar perfilman dengan visual yang apik. Jadi, tidak hanya sekadar drama Korea atau musik, ya, tetapi juga film yang merambah ke seluruh dunia.

Film Korea tentang Bencana yang Harus Kamu Tonton


Film Korea tentang Bencana

Nah, Korea Selatan berkali-kali sukses merilis film bertema bencana. Film ini kerap memakai latar di Korea Selatan, baik fiksi atau terinspirasi cerita nyata. Saat menonton, kamu mungkin sering menahan napas karena visual, karakter, suasana, dan unsur-unsur perfilman yang memukau. Lantas, film Korea bencana apa yang layak untuk ditonton?

1 Train To Busan (2016)

Kalau kamu menyukai film perihal mayat hidup atau zombie, maka Train to Busan menjadi rekomendasi yang sesuai. Namun, bagaimana jika zombie di film ini mempunyai visual yang buruk? Tenang, Korea bukan negara yang mempermainkan penonton melalui film ala kadarnya. Buktinya, Train To Busan ditonton lebih dari 10 juta orang di Korea dan memperoleh berbagai penghargaan.


Train To Busan (2016) IndoSuggest

Train To Busan mengisahkan mayat hidup yang memporak-porandakan Korea Selatan. Di waktu yang sama, Gong-Yoo mempunyai rencana ke Busan memakai kereta cepat di Korea. Akan tetapi, virus yang membuat mayat hidup telah tersebar di kereta tersebut. Dengan demikian, Gong-Yoo mau tak mau harus bertahan hidup bersama penumpang yang lain.

2 Peninsula (2020)

Korea Selatan patut berbangga dengan sekuel Train to Busan yang berjudul Peninsula. Pasalnya, film Korea tentang bencana ini menyandang gelar Official Selection Cannes 2020. Film ini dibintangi oleh Kang Dong Won, Lee Jung-hyun, Kwon Hae-Hyo, Kim Min-hae, dan Lee Ye-won. Sedangkan, proses pembuatan film terbilang singkat, yakni hanya 62 hari.


Peninsula (2020) IndoSuggest

Tidak jauh-jauh dari film Train to Busan, Peninsula menceritakan pengungsi Korea Selatan yang kembali menyelesaikan sebuah misi setelah 4 tahun meninggalkan negara asalnya. Mereka memasuki kawasan terinfeksi dan berhadapan dengan kelompok militan. Kamu dapat melihat bagaimana manusia tidak lebih baik dari gerombolan mayat hidup dan DPR.

3 The Flu (2013)

Tampaknya, film The Flu kembali populer ketika COVID-19 memporak-porandakan berbagai negara, termasuk Korea Selatan. Bahkan, film ini sempat trending di Indonesia untuk menemani waktu luang di masa pandemi. The Flu diperankan Jang-Hyuk dan Song-Ae yang mencoba bertahan hidup dari penyakit misterius. Kemudian, mereka berupaya menemukan vaksin secara mandiri.

Awalnya, virus dibawa seorang imigran yang diselundupkan melalui kontainer. Karena mematikan, imigran lain yang berada di kontainer yang sama ikut terjangkit dan meninggal dunia, kecuali satu orang yang terkatung-katung di Korea Selatan. Oleh karena itu, virus mulai menjangkiti ribuan orang. Dampaknya, muncul gelombang kematian yang mencengangkan.

4 Tidal Wave (2009)

Di Korea, film ini berjudul Haeundae. Tidal Wave merupakan film Korea tentang bencana yang pertama kali, yakni pada tahun 2009. Selain itu, film ini digadang-gadang menelan biaya produksi termahal, bahkan sempat bekerja sama dengan studio-studio internasional. Untungnya, Tidal Wave berhasil memperoleh beberapa penghargaan, seperti Best Production pada tahun 2009.


Tidal Wave (2009)

Tidal Wave diperankan oleh Sol Kyung-Gu dan Ha Ji-Won. Film berkisah mengenai tsunami yang menerjang Haeundae, salah satu lokasi wisata di Busan, di mana orang-orang dituntut untuk menyelamatkan diri atau menemui kematian. Tidal Wave dinilai sebagai film yang inovatif sehingga menjadi box office dengan 11 juta penonton di Korea.

5 Alive (2020)

Lagi-lagi, film berkisah mayat hidup atau zombie yang menyerang Korea Selatan. Film ini dibintangi Yoo Ah-in dan Park Shin-hye dengan popularitas yang baik. Alive ditulis oleh Matt Naylor dan disutradarai IL CHO. Pokoknya, kamu tidak akan kecewa saat menontonnya. Pasalnya, film ini dibuat dengan premis-premis unik dan visual yang memukau.


Alive (2020) IndoSuggest

Alive menceritakan perihal wabah misterius di Korea Selatan, yang mana wabah ini membuat orang-orang menjadi mayat hidup. Sedangkan, Yoo Ah-in dan Park Shin-hye merupakan dua orang selamat dari gedung yang berbeda. Dengan kecerdikan masing-masing, mereka berbagi makanan melalui tali. Kemudian, memutuskan untuk mencari bantuan.

6 Ashfall (2019)

Jika kamu penggemar Bae Suzy cobalah untuk menonton film Korea tentang bencana yang satu ini. Pasalnya, Bae Suzy merupakan salah satu tokoh di film Ashfall yang memerankan karakter Choi Ji Young. Ashfall digadang-gadang sebagai film terlaris di Korea Selatan pada tahun 2019.

Cerita bermula saat terjadi letusan gunung tertinggi di Korea Selatan bernama Baekdu. Pemerintah berupaya mengurangi dampak bencana dengan membuat sebuah tim khusus. Tim ini terdiri dari peledak profesional, pejabat Korea Utara, dan pakar geologi terkemuka untuk menyelamatkan semenanjung Korea.

7 The Tunnel (2016)

The Tunnel merupakan film Korea bergenre bencana yang menceritakan perjuangan bertahan hidup di terowongan yang runtuh. Film ini diperankan Jung Woo-ha dengan akting yang memukau. Kisah dimulai saat  Jung Woo-ha berniat menemui anaknya untuk merayakan ulang tahun. Tetapi, dia terjebak dalam terowongan dengan air mineral, kue ulang tahun, dan telepon genggam selama berhari-hari.

8 The Tower (2012)


The Tower (2012)

Seperti, film-film bertema bencana yang lain, The Tower mengisahkan perjuangan seorang ayah untuk menyelamatkan keluarganya. Saat itu, mereka berada di sebuah gedung bernama Tower Sky yang mengalami kebakaran. Kamu bisa melihat bagaimana orang-orang mencoba bertahan hidup sembari menunggu pertolongan. Selain itu, kamu juga disuguhkan akting Son Ye-Jin dan Kim Sang-kyung yang profesional.

Penutup

Demikian, berbagai film Korea bertema bencana yang layak ditonton. Jangan lupa menontonnya bersama orang-orang terdekat sambil menikmati makanan khas Korea Selatan. Nah, setelah menonton, jangan lupa untuk menulis ulasan di kolom komentar, ya. Intinya, bagi cerimatu soal film-film Korea tentang bencana.