8 Rekomendasi Makanan Khas Perancis yang Paling Romantis

8 Rekomendasi Makanan Khas Perancis yang Paling Romantis

IndoSuggest - Saat mendengar nama Perancis, mungkin kamu membayangkan Menara Eiffel yang romantis. Selain itu, juga terdapat berbagai makanan khas Perancis dengan penyajian yang artistik. 

Makanan-makanan ini mempunyai rasa yang tidak kalah populer dengan makanan Korea dan Jepang. Oleh karena itu, banyak masyarakat Indonesia mengidolakan kuliner di negara mode ini.

Makanan Khas Perancis untuk Kencan Paling Romantis


Makanan Khas Perancis Romantis

Nah, kalau kamu ingin berkencan, maka restoran Perancis menjadi rekomendasi yang apik. Pasalnya, selain populer sebagai negara mode, Perancis juga dikenal sebagai negara yang romantis, termasuk dengan berbagai makanan tradisional. 

Lantas, makanan Perancis apa saja yang disebut-sebut sebagai makanan paling romantis?

1# Soupe a l’oignon


Soupe a l’oignon Makanan Khas Perancis

Rasanya, nama makanan ini sukar dibaca. Namun, soupe a l’oignon merupakan makanan romantis yang layak dicoba. 

Makanan ini terbuat dari rebusan kuah kaldu sapi yang benar-benar kental, lalu dicampur dengan potongan bawang putih. 

Rasa soupe a l’oignon semakin nikmat saat keju parut dan suwiran ayam ditambahkan secara artistik.

Oleh karena itu, soupe a l’oignon menjadi makanan paling enak dengan nilai gizi yang optimal. Meski ditemukan pada zaman Romawi, tetapi makanan spektakuler ini mulai mendunia pada tahun 1960-an. 

Nah, kalau kamu ingin mencicipinya, cobalah datang ke restoran-restoran Perancis atau berlibur di negara tersebut.

2# Bouillabaisse


Bouillabaisse Makanan Perancis

Bouillabaisse merupakan makanan khas Perancis, tepatnya dari Kota Marseille. Nama makanan ini berasal dari kata bouillir dan abaiser yang berarti rebus dan terbatas. 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa bouillabaisse merupakan makanan yang direbus dengan kuah yang terbatas. Sedangkan, bouillabaisse dapat dibaca buyabes. Jadi, jangan sampai salah baca, ya.

Jika bicara mengenai asal muasal bouillabaisse, sebenarnya makanan ini kerap dimakan oleh nelayan di Marseille. Bouillabaisse dimasak dari tangkapan yang tidak laku dijual. 

Namun, kini semua menjadi berbeda. Pasalnya, bouillabaisse menjadi makanan tradisional yang kerap dicari orang-orang yang kerap berlibur di Perancis.

3# Coq au Vin


Coq au Vin Makanan Khas Perancis

Jika diterjemahkan, coq au vin berarti ayam jantan di wine. Wah, pasti kamu membayangkan makanan yang membuat mabuk, ya? 

Namun, kenyataannya, coq au vin merupakan makanan Perancis yang terbuat dari kaki ayam dan dimasak dengan anggur merah dalam waktu yang lama. 

Dengan demikian, kaki ayam ini mempunyai tekstur yang lembut dengan bumbu-bumbu meresap sempurna.

Biasanya, wine yang dipakai merupakan wine lokal. Selain itu, makanan ini juga dikombinasikan irisan bawang, jamur, dan lardon. 

Di Perancis, coq au vin merupakan makanan yang mudah dibuat. Oleh karena itu, makanan ini kerap dijumpai di setiap rumah tangga. Kalau kamu memakannya, kamu juga akan terus menginginkannya lagi.

4# Foie Gras


Foie Gras Makanan Khas Perancis

Mungkin, nama makanan ini terdengar asing di Indonesia, tetapi siapa sangka bahwa foie gras menjadi makanan favorit sejak abad pertengahan, khususnya sebagai makanan khas Perancis. 

Dengan demikian, makanan ini tergolong sebagai makanan tertua di Eropa, bahkan sejarah mencatat bahwa orang-orang di Bulgaria telah memasak foie gras sejak 20 abad sebelumnya.

Foie gras merupakan makanan tradisional yang terbuat dari hati bebek atau angsa untuk membentuk pasta. Pengolahan foie gras dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari dipanggang, digoreng, atau dicampur ke dalam sandwich

Makanan ini terkenal dengan rasa yang gurih dan lezat. Oleh karena itu, foie gras tergolong makanan berharga fantastis.

5# Croissant


Croissant Makanan Perancis

Siapa, sih, yang tidak mengenal roti populer dari Perancis? Yap, croissant merupakan roti favorit orang-orang di berbagai dunia, termasuk masyarakat Indonesia. 

Oleh karena itu, CNN menobatkan makanan ini sebagai salah satu makanan terlezat di dunia. Sedangkan, dalam bahasa Perancis, croissant berarti bulan sabit karena bentuknya.

Kamu dapat menemukan croissant di toko-toko roti, supermarket, hingga hotel berbintang di negara ini. Selain itu, kamu juga bisa memilih variasi croissant sesuai selera, seperti memakai cokelat, keju, almond, atau dicampur dengan sandwich. 

Meski kamu bisa menjumpai roti ini di Indonesia, tetapi croissant khas Perancis tetap tiada duanya.

6# Escargot


Escargot Makanan Khas Eskrem Perancis

Tampaknya, escargot merupakan makanan khas Perancis paling populer di Indonesia. Jika diterjemahkan, makanan ini berarti siput. 

Pasalnya, escargot merupakan makanan tradisional berbahan dasar siput sebagaimana namanya. Mungkin, kamu merasa jijik, tetapi olahan escargot mampu membuat siput menjadi makanan berkelas, enak, dan romantis.

Apalagi, daging siput diketahui mempunyai banyak gizi, seperti protein, asam amino, dan vitamin B2. Oleh karena itu, escargot kian populer di seluruh dunia. 

Jepang dan Cina juga telah mengolah siput menjadi berbagai olahan, tetapi tetap saja, escargot mempunyai rasa yang tidak tertandingi, khususnya dengan campuran mentega dan bawang putih.

7# Ratatouille


Ratatouille Makanan Khas Perancis

Hayo, pasti kamu pernah menonton film animasi berjudul Ratatouille. Yap, film ini mengisahkan seekor tikus yang mampu memasak ratatouille terenak. 

Tidak jauh-jauh dari film tersebut, ratatouille merupakan makanan tradisional dari daerah Nice. Makanan ini terdiri atas kentang, bay leaf, thyme, dan lain-lain.

8# Beef Bourguignon


Beef Bourguignon Makanan Perancis

Mempunyai visual layaknya rendang, membuat beef bourguignon mudah diterima masyarakat. Makanan ini disebut sebagai makanan terenak di Perancis. 

Bahkan, kalau kamu berkunjung ke negara tersebut, kamu bisa melihat banyak orang mengantre untuk makanan ini. Nah, kalau kamu penasaran, beef bourguignon terbuat dari daging sapi yang lembut.

Penutup

Demikian, rekomendasi makanan Perancis yang paling romantis. Cobalah mencicipinya untuk menemukan pengalaman kuliner yang menarik, baik melalui tempat, cara menyajikan, hingga rasa makanan. 

Nah, kalau kamu ingin tahu informasi selain makanan khas Perancis, maka kamu boleh memberi saran, ya.