8 Daftar Anime Terpanjang, Sinetron Tanah Air Kalah Telak

8 Daftar Anime Terpanjang, Sinetron Tanah Air Kalah Telak

IndoSuggest - Penggemar anime pasti tahu perihal anime dengan serial singkat dan anime dengan serial yang panjang. Namun, jika belum tahu, maka artikel ini membahas anime terpanjang yang pernah tayang. 

Bahkan, beberapa anime mempunyai episode lebih dari 7.000. Jadi, jangan sekali-kali kamu berniat menontonnya secara maraton. Lantas, apa saja anime yang dimaksud?

Cobalah Menonton Anime Terpanjang dalam Sejarah

Tampaknya, menonton anime menjadi rekomendasi apik menghabiskan waktu luang, baik untuk anak-anak, remaja, dewasa, atau orang tua. Pasalnya, anime kerap menyuguhkan berbagai cerita menarik dan amanat-amanat yang dapat dipetik. 

Namun, sebelum memutuskan untuk menonton, cobalah memeriksa apakah anime termasuk ongoing dan mempunyai episode yang panjang atau mengalami penundaan di masa pandemi.

1 Sazae-san

Jika bicara mengenai episode terbanyak, tampaknya anime berjudul Sazae-san berhasil mengalahkan jumlah episode-episode sinetron tanah air. Pasalnya, anime ini mempunyai lebih dari 7.500 episode, loh. 


Sazae-san Anime Terpanjang

Pasti, kamu membutuhkan banyak waktu jika berniat menontonnya dari awal. Oleh karena itu, kamu diminta untuk bersikap bijak, ya.

Lantas apa yang diceritakan penulis dalam episode tidak masuk akal tersebut? Ternyata, anime Sazae-san mengangkat cerita yang ringan untuk ditonton, yakni mengenai kehidupan sehari-hari keluarga Sazae. 

Anime ini pertama kali rilis pada tahun 1969, tepatnya pada tanggal 5 Oktober. Sazae-san merupakan anime dengan episode terpanjang di Jepang.

2 Doraemon

Siapa yang tidak kenal kucing masa depan bernama Doraemon? Yap, anime ini ternyata termasuk kategori anime terpanjang dalam sejarah. Sampai sekarang, anime berjudul Doraemon telah memuat lebih dari 2.500 episode. 

Selain itu Doraemon menjadi salah satu anime yang mempunyai eksistensi sampai sekarang, tepatnya sejak dirilis pada tanggal 1 April 1973. Dengan mengangkat cerita ringan, Doraemon berhasil mempopulerkan petualangan Nobita dan kawan-kawan, khususnya perihal pintu ke mana saja dan baling-baling bambu. 

Tokoh Doraemon sendiri merupakan kucing dari abad 21 yang datang ke masa lalu. Oleh karena itu, Doraemon mempunyai teknologi mumpuni, termasuk kantong ajaib yang bisa mengeluarkan benda-benda dari masa depan.

3 Nintama Rantarou

Anak-anak tahun 2000-an tampaknya disuguhkan berbagai tontonan dengan episode yang panjang, sebut saja anime berjudul Nintama Rantarou. Anime ini mempunyai eksistensi yang baik hingga merilis lebih dari 2.000 episode. 


Nintama Rantarou Anime Terpanjang

Sedangkan Nintama Rantarou pertama kali tayang di Jepang pada tahun 1993, tepatnya pada tanggal 10 April. Tidak jauh-jauh dari anime populer lainnya, Nintama Rantarou mengisahkan petualangan ninja berkacamata bernama Rentarou. 

Tokoh ini terus-menerus berpetualangan untuk mewujudkan mimpinya menjadi ninja elit di negerinya. Nah, saat membahas mengenai ninja, mungkin kamu teringat mengenai anime berjudul Naruto, tetapi Nintama Rantarou mempunyai alur yang lebih ringan.

4 Klub Oyako

Selain anime ongoing, kini diulas mengenai anime Klub Oyako yang tayang pada tahun 1994 sampai 2013. Dalam rentang waktu tersebut, anime ini telah menayangkan lebih dari 1.800 episode. 

Secara umum, Klub Oyako menceritakan mengenai hubungan unik sebuah keluarga. Oleh karena itu, anime ini populer di masanya sehingga termasuk anime terpanjang dalam sejarah.

5 Ojarumaru

Popularitas yang tinggi, yakni di Asia dan Eropa membuat anime Ojarumaru mampu merilis lebih dari 1.700 episode. Pasalnya, anime ini mengangkat cerita dengan tokoh yang menggemaskan. 


Ojarumaru Anime Terpanjang

Oleh karena itu Ojarumaru merupakan anime yang layak ditonton segala usia. Sedangkan berdasarkan catatan, anime ini pertama tayang pada tahun 1998.

6 Kirin Monoshiri Yakata

Mungkin, judul anime ini terdengar asing. Pasalnya, Kirin Monoshiri Yakata tayang pada tahun 1975 sampai 1978. Meskipun demikian, anime ini telah menayangkan lebih dari 1.500 episode. 

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab setiap episode hanya berdurasi 5 menit. Kirin Monoshiri Yakata mampu menayangkan episode fantastis dalam 3 tahun.

7 Detective Conan

Salah satu anime terpanjang yang populer di dunia adalah Detective Conan. Anime ini pertama rilis pada 8 Januari 1996. Seperti judulnya, dengan mengangkat kisah mengenai seorang detektif, anime ini mampu menayangkan lebih dari 900 episode. Bahkan, Detective Conan mempunyai penggemar di seluruh dunia.


Detective Conan Anime Terpanjang

Sebenarnya, Detective Conan mengangkat kisah mengenai Shinichi Kudou yang banyak memecahkan kasus sebagai detektif SMA. Namun, dia diracun hingga membuat tubuhnya mengecil menyerupai anak SD. 

Oleh karena itu, Shinichi Kudou menyamar sebagai Conan Edogawa untuk menyembunyikan identitasnya. Baca juga anime ditunda tayang karena pandemi ini.

8 One Piece

One Piece menjadi anime populer berikutnya. Episodenya selalu ditunggu-tunggu, meskipun sampai saat ini One Piece telah menayangkan lebih dari 850 episode. Sebenarnya, anime ini pertama kali rilis pada 20 Oktober 1999 di Jepang. 


One Piece Anime Terpanjang

Kemudian, One Piece terus tersebar ke mancanegara, termasuk Indonesia. Lantas, apa yang membuat anime ini sangat populer?

One Piece mengangkat kisah mengenai petualangan seorang bajak laut yang pantang menyerah, yakni Monkey D. Luffy. Dia merupakan kapten bajak laut topi jerami. Nah, bersama teman-temannya, Luffy berlayar ke Green Line. Namun, hal ini tidaklah mudah. Dia harus melalui berbagai rintangan, termasuk melawan bajak laut lainnya.

Penutup

Demikian, deretan anime dengan episode terpanjang dalam sejarah. Jika kamu belum menontonnya, cobalah untuk meluangkan waktu secara bijak. Kemudian bandingkan dengan sinetron tanah air dengan episode terpanjang. 

Jangan lupa ketik di kolom komentar mengenai tontonan yang lebih bermanfaat, apakah deretan anime terpanjang atau sinetron yang ditayangkan pertelevisian Indonesia.