8 Jenis Kaktus Terunik, Cocok untuk Koleksi Pecinta Tanaman

8 Jenis Kaktus Terunik, Cocok untuk Koleksi Pecinta Tanaman

IndoSuggest - Apa yang kamu pikirkan mengenai jenis kaktus terunik? Kaktus memang identik sebagai tanaman gurun. Pasalnya, kaktus termasuk tanaman tangguh yang mampu bertahan di tempat-tempat ekstrem. 

Meski demikian, kamu tetap dapat menjumpai kaktus terunik di tempat-tempat tersebut. Oleh karena itu, kaktus mempunyai penggemar tersendiri dari berbagai kolektor tanaman di dunia.

Kenali Jenis Kaktus Terunik untuk Koleksi

Ternyata, selain mencari untung melalui modal 2 juta, kaktus juga dapat menjadi peluang bisnis yang murah meriah, tetapi tetap memberi untung yang menggiurkan. 


Jenis Kaktus Unik

Jadi, tidak heran seandainya kamu menjumpai banyak rumah kaktus di seluruh nusantara. Pasalnya, kaktus mempunyai beragam bentuk, warna, harga, dan karakteristik-karakteristik unik yang lain.

1 Discocactus horstii

Kaktus ini kerap mencuri perhatian orang-orang yang melihatnya. Ketika dewasa, Discocactus horstii mempunyai duri tebal yang besar dan bunga putih yang menawan. Pokoknya, kamu tidak menyangka kaktus ini luar biasa, sebab saat muda, Discocactus horstii hanya berwarna hijau dengan getah berwarna merah. Kemudian, kaktus ini berubah ketika tumbuh.


Discocactus horstii Kaktus Unik

Lantas, di mana kamu bisa menemukan kaktus ini? Sebenarnya, Discocactus horstii mempunyai habitat pada ketinggian 1000 kaki di atas permukaan laut. 

Namun, kamu tetap dapat menemukannya di berbagai rumah kaktus secara offline atau online. Kalau kamu ingin memeliharanya, pastikan Discocactus horstii hidup di tanah yang sesuai. Pasalnya, kaktus ini sangat sensitif.

2 Peyote

Tahukah kamu bahwa suku Indian di benua Amerika sangat akrab dengan jenis kaktus terunik satu ini? Yap, peyote adalah kaktus endemik di Amerika yang kerap dimanfaatkan penduduk lokal  untuk ritual tertentu. 


Peyote Kaktus Unik

Menurut kepercayaan, peyote mampu mempermudah komunikasi dengan roh leluhur. Oleh karena itu, peyote termasuk kaktus yang disakralkan.

Namun, kesakralan peyote mulai memudar. Hal ini disebabkan penduduk luar yang memanfaatkan peyote sebagai obat bius. Dengan demikian, kaktus ini mempunyai dua sisi layaknya mata pisau, yakni untuk ritual yang bernilai positif dan obat bius yang berbahaya. 

Akhirnya pemerintah Amerika membuat undang-undang untuk peyote, khususnya perihal pemakaiannya.

3 Hylocereus undatus

Kalau ingin memelihara kaktus dengan bunga-bunga yang cantik, maka Hylocereus undatus dapat dipilih sebagai referensi. Kaktus ini mempunyai bunga yang indah. 


Hylocereus undatus Kaktus Unik

Selain itu, bunga Hylocereus undatus dapat memanjang sampai 35 sentimeter dan lebar 23 sentimeter. Oleh karena itu, kamu pasti menyukainya, terlebih jika dipakai sebagai dekorasi halaman.

Tidak hanya itu, ternyata Hylocereus undatus mempunyai keunikan yang lain, yakni bunga yang mekar di malam hari sebelum menjadi buah dan mati. 

Nah, saat mekar, kamu akan tahu bahwa Hylocereus undatus mengeluarkan aroma vanila. Selain itu, kamu juga dapat memakan buahnya, sebab kaktus ini lebih populer sebagai buah naga.

4 Pereskiopsis spathulata

Mungkin, jika mendengar kata primitif, kamu akan membayangkan hal-hal kuno dan ketinggalan zaman. Akan tetapi, dalam dunia tanaman, sesuatu yang primitif memberi kesan yang berbeda, termasuk jenis kaktus terunik bernama Pereskiopsis spathulata. 

Sebenarnya, kaktus ini dikatakan primitif karena mempunyai daun dan duri yang berukuran kecil.

Selain itu berbeda dari kaktus-kaktus yang lain, Pereskiopsis spathulata mempunyai pertumbuhan yang cepat. Oleh karena itu, kaktus ini kerap dipakai sebagai media okulasi untuk mempercepat pertumbuhan kaktus-kaktus yang lain. 

Meski demikian, Pereskiopsis spathulata tetap mempunyai morfologi yang unik sehingga dapat memperindah halaman. Nah, apa kamu sudah mempunyai kaktus ini?

5 Turbinicarpus subterraneus

Ternyata, beberapa spesies kaktus mempunyai bulu, lho. Contohnya adalah Turbinicarpus subterraneus. Kaktus ini populer di kalangan pecinta tanaman karena keunikannya. Yap, Turbinicarpus subterraneus mempunyai bulu di bagian batangnya, lalu membentuk batang hijau berduri layaknya kaktus-kaktus yang lain. Selain itu, bulu di dekat akar juga tampak menyerupai tongkat.


Turbinicarpus subterraneus Kaktus Unik

Kaktus ini juga termasuk segelintir kaktus tangguh yang ada di dunia. Turbinicarpus subterraneus mempunyai akar yang dalam untuk menyimpan air dan bertahan hidup. 

Oleh karena itu, kaktus ini tergolong kaktus dengan usia yang lama. Selain itu, Turbinicarpus subterraneus mampu melalui musim panas yang ekstrem.

6 Astrophytum caput-medusae

Jenis kaktus terunik selanjutnya adalah Astrophytum caput-medusae. Kaktus ini mempunyai nama Medusa karena mempunyai morfologi yang unik, yakni memiliki batang bercabang yang menyerupai ular di kepala Medusa. 

Sedangkan, berdasarkan mitologi Yunani-Romawi, Medusa merupakan seorang perempuan dengan rambut dari kumpulan ular. Namun, kaktus ini tidak berbahaya, ya.

Jadi, kalau kamu membelinya, cobalah untuk merawatnya dengan baik. Kaktus ini sangat unik, terlebih ketika dewasa, Astrophytum caput-medusae mempunyai bunga kuning yang memukau. 

Selain itu, kaktus ini merupakan kaktus dengan biji yang besar, yakni sekitar ¼ inchi. Oleh karena itu, Astrophytum caput-medusae sangat populer.

7 Ariocarpus fissuratus

Ariocarpus fissuratus juga dikenal sebagai living rock


Ariocarpus fissuratus Kaktus Unik

Kaktus ini tidak mempunyai duri dan memiliki pertumbuhan yang lambat. Ariocarpus fissuratus mampu bertahan hidup sampai 150 tahun dengan diameter 1-5 inchi. Selain itu, kaktus ini tergolong kaktus beracun sehingga dihindari hewan-hewan di habitat aslinya.

8 Blossfeldia liliputana

Mempunyai habitat di Pegunungan Andes, membuat Blossfeldia liliputana menjadi kaktus endemik dengan keunikan tersendiri. 


Blossfeldia liliputana Kaktus Unik

Kaktus ini juga mempunyai ukuran yang kecil, yakni berukuran 1,3 sentimeter untuk kaktus dewasa. Oleh karena itu, Blossfeldia liliputana sangat cocok untuk dekorasi ruangan. Apalagi, saat mekar di musim panas.

Penutup

Demikian, jenis-jenis kaktus dengan  berbagai karakteristik unik yang tersebar di dunia. Jangan bilang kamu pecinta tanaman jika tidak memiliki kaktus-kaktus ini sebagai koleksi. 

Oleh karena itu, cobalah berkunjung di rumah-rumah kaktus terdekat. Jangan lupa untuk bertanya perihal perawatan berbagai jenis kaktus terunik yang telah diulas.