8 Rekomendasi Makanan Khas Jepang, Cocok untuk Lidah Indonesia

8 Rekomendasi Makanan Khas Jepang, Cocok untuk Lidah Indonesia

IndoSuggest - Kalau kamu beruntung mengunjungi Jepang, rasanya tidak lengkap seandainya tidak mencicipi makanan khas Jepang. Pasalnya, Jepang mempunyai berbagai makanan tradisional yang cocok di lidah orang-orang Indonesia. 

Oleh karena itu, kamu kerap menjumpai restoran Jepang yang banyak tersebar di tanah air. Namun, tetap kurang afdal jika tidak mencicipi makanan-makanan ini di negeri asalnya sendiri.

Daftar Makanan Khas Jepang Paling Favorit

Lantas, makanan tradisional apa yang disukai mayoritas masyarakat Indonesia? Mungkin, kamu akan menjawab sushi dan ramen. Namun, selain makanan-makanan tersebut, ternyata ada makanan tradisional lain yang juga mencuri perhatian masyarakat Indonesia. 


Makanan Khas Jepang, Cocok untuk Lidah Indonesia

Selain rasa, sebenarnya kecintaan pada makanan Jepang disebabkan budaya jejepangan, anime, komik, dan, lain-lain.

1 Sushi

Pasti kamu tidak asing dengan makanan tradisional Jepang yang satu ini. Yap, sushi merupakan makanan yang paling populer. Pasalnya, makanan ini terkenal mempunyai cita rasa yang enak. Kalau membelinya, kamu akan tahu bahwa sushi dibuat dari nasi yang digulung dengan lauk, baik berupa daging, sayuran, atau makanan laut.

Saat dicicipi, sushi mempunyai tekstur yang lembut dan rasa yang masam. Hal ini disebabkan oleh campuran beras, garam, gula, dan cuka. Selain itu, sushi kian populer ketika terbukti memiliki kandungan gizi yang tinggi. Di Indonesia, berbagai restoran Jepang juga mengandalkan sushi sebagai menu utama karena cocok untuk lidah Indonesia.

2 Ramen

Apa kamu penggemar Naruto? Berarti kamu tahu Naruto merupakan seorang ninja yang gemar mengonsumsi ramen. Nah, kalau penasaran, cobalah untuk mencicipinya, baik ramen instan atau ramen yang ditawarkan di kedai-kedai. Kemudian, kamu akan tahu bahwa ramen mempunyai cita rasa yang kaya sehingga digemari mayoritas masyarakat Indonesia.

Sebenarnya, ramen merupakan makanan khas Jepang yang berbahan dasar mie dengan berbagai topping. Selain itu, ramen juga dilengkapi miso dan kaldu. Biasanya, makanan ini dikonsumsi dengan irisan daun bawang atau daging. Sedangkan, di Indonesia, topping ramen beradaptasi menjadi bakso, ceker ayam, sampai sosis.

3 Yakitori

Jika di Indonesia mempunyai sate, maka Jepang juga memiliki yakitori sebagai sate tradisional negara ini. Yakitori merupakan makanan yang terbuat dari ayam, baik berupa daging, ampela, kulit, hati, dan jantung. Bagian-bagian ini dipotong dan ditusuk tusukan bambu sebelum dibakar. Sedangkan, setiap tusukan kerap diisi sejenis bagian ayam tanpa dicampur-campurkan.


Yakitori Khas Jepang

Kini, yakitori terus berkembang. Tidak hanya berupa tusukan ayam sekali gigit, tetapi makanan ini juga divariasikan bersama daun bawang dan jamur shiitake sebagai pelengkap. Bahkan, beberapa koki juga menambahkan daging burung berukuran kecil dalam keadaan utuh. Nah, kalau penasaran cobalah untuk membelinya, ya.

4 Mochi

Mochi merupakan makanan khas Jepang yang menjadi bagian kuliner masyarakat Indonesia. Di Jepang, mochi kerap dikonsumsi di hari-hari tertentu, seperti ketika perayaan tahun baru. Namun, kamu tetap bisa menemukannya di toko-toko kue. Makanan ini terbuat dari beras ketan yang ditumbuk hingga lembut, kemudian dibentuk membulat.

Mochi mempunyai cita rasa yang lembut saat pertama dikunyah, tetapi kemudian menjadi lengket. Nah, jika berniat mencicipinya, sebenarnya kamu tidak perlu jauh-jauh ke Jepang. Pasalnya, kamu bisa menemukan kue mochi khas Indonesia, yakni mochi isian kacang di Kota Sukabumi. Makanan ini dikemas memakai keranjang bambu sebagai oleh-oleh.

5 Okonomiyaki

Makanan Jepang yang menjadi favorit masyarakat Indonesia selanjutnya adalah okonomiyaki. Makanan ini kerap muncul dalam berbagai anime dan komik. Biasanya, okonomiyaki dikonsumsi bersama keluarga atau teman-teman terdekat. Kamu juga bisa menemukannya di berbagai restoran Jepang yang ada di Indonesia.


Okonomiyaki Khas Jepang

Selain itu, okonomiyaki termasuk makanan tradisional yang sederhana. Oleh karena itu, kamu bisa membuatnya di rumah bersama orang-orang yang kamu sayangi. Kamu hanya perlu membuat omelet, kemudian menambahkan sayuran, seafood, ayam, dan sapi. Sedangkan, sayuran-sayuran okonomiyaki meliputi wortel, kubis, timun, dan lain-lain.

6 Sashimi

Mungkin, kamu bingung membedakan antara sushi dan sashimi. Keduanya memang makanan khas Jepang dengan nama yang terdengar mirip. Akan tetapi, sashimi termasuk ke dalam makanan ekstrem jika dibandingkan dengan sushi yang dimasak. Pasalnya, kelezatan makanan ini tergantung pada tingkat kesegaran ikan mentah yang dihidangkan.


Sashimi Khas Jepang

Ikan yang dimaksud bukan ikan sembarangan, melainkan ikan laut yang terjamin kandungan gizinya. Nah, koki di Jepang akan berlomba-lomba menyajikan sashimi yang sempurna melalui irisan yang tepat dengan bahan baku yang benar-benar segar. Sedangkan, di Indonesia sendiri, sashimi yang paling populer adalah salmon sashimi dan maguro sashimi.

7 Yakiniku

Pecinta makanan khas Korea akan tahu bahwa Yakiniku merupakan makanan tradisional Jepang yang diadaptasi dari negeri ginseng tersebut. Dalam bahasa Jepang, yakiniku berarti daging yang diolah melalui dipanggang. Sedangkan, secara umum, yakiniku merupakan makanan daging sapi atau jeroan panggang, bistik, domba panggang, dan lain-lain.

8 Onigiri


Onigiri Khas Jepang

Orang-orang yang sempat memakan onigiri akan mengamini bahwa makanan ini termasuk makanan yang enak. Selain itu, cara membuat onigiri juga tergolong sederhana. Kamu bisa membuat onigiri sesuai selera, seperti onigiri varian telur ikan, asam, sampai daging ikan. Biasanya, makanan tradisional ini dimakan dengan bumbu khusus untuk meningkatkan cita rasa.

Penutup

Demikian, rekomendasi makanan tradisional Jepang yang disukai mayoritas masyarakat Indonesia. Pasalnya, makanan-makanan tersebut mempunyai cita rasa yang sesuai dengan lidah orang-orang nusantara. Oleh karena itu, makanan Jepang kian populer bersama arus budaya jejepangan. Nah, kalau kamu, makanan khas Jepang apa yang paling kamu sukai?