8 Daftar Mitologi Raksasa di Dunia, dari Orion sampai Hrungnir

8 Daftar Mitologi Raksasa di Dunia, dari Orion sampai Hrungnir

Indo Suggest - Jika kamu gemar membaca berbagai mitologi, maka tidak ada salahnya memahami mitologi raksasa di dunia. Selain itu, Indonesia juga mempunyai banyak mitologi yang menyoal raksasa, lho, seperti raksasa yang hendak memakan Timun Mas dalam cerita rakyat, Prabu Dewata Cengkar, Rahwana, dan lain-lain. Rasanya, mitologi-mitologi ini sangat menarik untuk diperbincangkan.

Mitologi Raksasa di Dunia yang Harus Kamu Tahu

Berdasarkan KBBI, mitologi didefinisikan sebagai ilmu tentang sastra yang mengandung dongeng-dongeng suci dan konsepsi perihal kehidupan dewa-dewa atau makhluk halus dalam suatu kebudayaan. Jadi, tanpa adanya fakta-fakta akurat, mitologi sekedar dongeng yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya, ya.

1. Raksasa Orion dari Mitologi Yunani

raksasa orion

Mungkin, kamu pernah melihat rasi bintang orion. Ternyata, orion diambil dari mitologi Yunani, yakni dari raksasa bernama Orion. Ada banyak versi yang menceritakan perihal raksasa ini, di antaranya Orion sebagai pemburu egois dan sombong, sebab dapat membunuh berbagai binatang. Mendengar hal ini, kalajengking menyengat Orion sampai mati.

Versi lain mengisahkan, Orion berusaha menentang ayahnya untuk menikahi Merope. Kemudian, karena pertentangan tersebut, Orion menjadi buta. Demi mendapat kembali penglihatannya, dia pergi ke timur dan tinggal bersama Diana. Akan tetapi, saudara laki-laki Diana yang bernama Apollo menjadi cemburu. Dia menjebak Orion, lalu Diana menempatkannya di antara bintang-bintang.

2. Raksasa Kumbhakarna dari India

raksasa Kumbhakarna

Tidak hanya datang dari Eropa, tetapi mitologi raksasa di dunia juga datang dari Asia. Di India, dikenal Kumbhakarna sebagai raksasa yang dikisahkan dalam cerita Ramayana. Kumbhakarna didefinisikan sebagai raksasa yang besar, memiliki nafsu makan yang tinggi, dan mendapat tipu muslihat Dewi Saraswati sehingga ditakdirkan untuk tidur 6 bulan setiap tahun.

Pada umumnya, Kumbhakarna memiliki karakter yang baik, tetapi setelah bangun dari tidur panjangnya, dia menjadi lapar. Alhasil, dia akan memakan apa pun yang bisa ditemukan, termasuk manusia yang tidak beruntung. Kemudian, Rahwana, saudara laki-laki Kumbhakarna membutuhkan bantuan dalam peperangan, tetapi Kumbhakarna menciptakan banyak kerugian.

3. Raksasa Gogmagog dari Tanah Inggris

raksasa Gogmagog

Berdasarkan cerita, Gogmagog dikabarkan sebagai raksasa terakhir di Inggris. Hal ini berasal dari buku berjudul Historia Regum Britanniae yang ditulis Welshman Geoffrey dari Monmouth pada tahun 1136. Dalam bukunya tertulis dataran Inggris dihuni raksasa pada awalnya, salah satu di antaranya adalah Gogmagog yang mempunyai tinggi 3,66 meter.

Kemudian, Gogmagog menyerang keturunan Yunani bernama Brutus untuk mengklaim wilayah Inggris. Dari sini, terjadi peperangan yang menewaskan banyak manusia dan raksasa sampai hanya Gogmagog yang tersisa. Gogmagog yang terpojok dibawa Brutus untuk menghadapi pegulat Inggris paling terkenal, yakni Corineus. Dalam gulat mereka, Corineus berhasil melemparkan Gogmagog ke tebing.

4. Raksasa Oni dari Negara Jepang

raksasa Oni dari Jepang

Ternyata, Jepang juga mempunyai mitologi raksasa di dunia. Dalam cerita rakyat di negara ini, terdapat raksasa bernama Oni. Raksasa ini memiliki bentuk menyerupai setan yang tampak menakutkan. Kulitnya digambarkan berwarna merah, mempunyai 3 jari tangan dan kaki, serta tanduk yang aneh. Oni juga kerap telanjang atau hanya memakai kain yang mengikat pinggang.

Raksasa ini ditakuti karena memiliki kekuatan yang luar biasa dan gemar memakan manusia. Secara tradisional, masyarakat mengadakan Festival Setsubun untuk mengusir Oni di musim semi. Di festival ini, akan dilempar kacang kedelai untuk menangkal Oni-Oni yang mungkin bersembunyi.

5. Polyphemus Raksasa Cyclops

Polyphemus Raksasa Cyclops

Polyphemus merupakan raksasa cyclops atau raksasa bermata satu yang paling terkenal. Raksasa ini berasal dari mitologi Yunani dan dikisahkan sebagai putra Dewa Laut Poseidon. Polyphemus tinggal bersama cyclops lainnya di Pulau Sisilia, di mana dia gemar memelihara domba. Sayangnya, pada suatu hari, Odysseus mendarat di pulau tersebut.

Odysseus yang pemberani memperkenalkan dirinya sebagai “Tidak Ada”. Dia kemudian dikurung Polyphemus di dalam gua bersama domba-dombanya. Akan tetapi, Odysseus yang hendak melarikan diri melukai satu-satunya mata Polyphemus sampai membuatnya buta. Polyphemus meminta bantuan pada teman-teman cyclops-nya. Namun, saat dia menjawab yang melakukannya adalah “Tidak ada”, Polyphemus dianggap gila.

6. Raksasa Goliath yang Disebut dalam Alkitab

Raksasa Goliath yang Disebut dalam Alkitab

Mitologi raksasa di dunia berikutnya adalah Goliath. Raksasa ini disebut-sebut dalam Alkitab sebagai raksasa yang dikalahkan gembala Daud. Dalam Kitab Samuel, Goliath dijelaskan tinggal di Kota Gat, di mana berdasarkan legenda, terdapat ras raksasa kuno yang mendiami kota tersebut. Alkitab juga menggambarkan Goliath sebagai raksasa dengan baju besi yang gagah.

Selain Alkitab, Goliath juga dituturkan dalam cerita klasik mengenai underdog yang berani. Dalam cerita, Daud mencoba menghadapi Goliath memakai ketapelnya. Untungnya, batu ketapelnya mengenai dahi di antara dua mata Goliath sampai dia mati. Kemudian, Daud memotong kepala Goliath memakai pedang yang dipakai raksasa itu sendiri.

7. Raksasa Jentil dari Prancis dan Spanyol

Raksasa Jentil dari Prancis dan Spanyol

Prancis dan Spanyol juga mempunyai mitologi raksasa bernama Jentil.  Berdasarkan cerita, Jenil diyakini mewakili kaum pagan yang mendiami dua negara itu sebelum Kristen. Jentil juga digambarkan suka melempar batu. Oleh karena itu, masyarakat percaya berbagai bangunan batu megalitik dibangun oleh raksasa Jentil.

8. Raksasa Hrungnir dari Legenda Norse

Raksasa Hrungnir dari Legenda Norse

Hrungnir merupakan raksasa paling besar dan paling jahat di legenda Norse. Awalnya, Hrungnir diundang ke Asgard sebagai tanda persahabatan setelah kalah dalam balapan. Tetapi, Hrungnir terlalu sombong sehingga ditantang Thor untuk berduel. Pada akhirnya, palu Thor berhasil menghancurkan kepala Hrungnir hingga membuatnya mati.

Demikian, ulasan mengenai berbagai mitologi raksasa yang ada di dunia. Selain itu, jangan lupa untuk membaca fakta-fakta raksasa di bumi. Pasalnya, rasanya sangat kebetulan jika peradaban masa lampau mengisahkan cerita-cerita yang sama, yakni mengenai raksasa di berbagai daerah. Padahal, tidak ada teknologi komunikasi untuk mempermudah penyebaran informasi, termasuk perihal mitologi raksasa di dunia.