8 Fakta Inner Earth yang Mencengangkan, Percaya atau Tidak?

8 Fakta Inner Earth yang Mencengangkan, Percaya atau Tidak?

Apa kamu penasaran terkait fakta inner earth atau inti bumi? Pasalnya, YouTube secara mendadak menghapus video berjudul Inner Earth Civilizations Exist & I can Prove it yang ditonton jutaan kali. 

Tentu saja, hal ini membuat orang-orang bertanya-tanya. Mungkin, video tersebut tergolong teori konspirasi layaknya teori bumi datar.

Menguak Fakta Inner Earth yang Mencengangkan

Jika bicara perihal inner earth, mungkin kamu harus mengenal teori hollow earth atau bumi kosong. 

Nah, seperti pendahulunya, yakni antara penganut teori bumi datar dan bumi bulat, penganut hollow earth mengalami pertentangan yang besar. 

Di samping itu, Artikel ini tidak mengulas kepercayaan hollow earth, tetapi mengulas fakta-fakta perihal inner earth yang dipelajari ilmuwan selama bertahun-tahun.

1. Bumi Memiliki Beberapa Lapisan

Bumi Memiliki Beberapa Lapisan

Mungkin, kamu pernah mempelajari hal ini sebelumnya, baik ketika pelajaran IPA di sekolah dasar atau pelajaran Geografi di jenjang pendidikan yang lebih tinggi. 

Dulu, buku-buku dan guru-guru menerangkan bahwa bumi memiliki 4 lapisan, yakni dari luar ke dalam adalah sebagai berikut: kerak bumi, mantel bumi, inti luar bumi, dan inti dalam bumi.

Jika ditelaah, kerak bumi merupakan lapisan tertipis di antara lapisan yang lain, sedangkan mantel bumi tergolong lapisan yang paling tebal. Inti bumi memiliki dua lapisan, yakni inti luar bumi yang berbentuk cair dan inti dalam bumi yang berbentuk padat. 

Semakin masuk ke inti, maka kamu akan tahu bahwa suhu semakin tinggi.

2. Inti Dalam Bumi Berputar Cepat

Inti Dalam Bumi Berputar Cepat

Apa kamu percaya terkait fakta inner earth yang menyatakan inti dalam berputar lebih cepat dari permukaan bumi? Mungkin, kamu baru mendengar hal ini. Akan tetapi, fakta ini tidak mengada-ada. Jadi, kamu harus berpikir terbuka perihal putaran di inti dalam.

Nah, berdasarkan penelitian para ilmuwan di Columbia University pada tahun 1997, ditemukan bahwa inti dalam memang berputar lebih cepat jika dibandingkan bumi itu sendiri. 

Akan tetapi, inti bumi memiliki arah putar yang sama dengan bumi. Jika dihitung, inti dalam memiliki rotasi 2/3 lebih cepat.

3. Putaran Inti Dalam Menyebabkan Medan Magnet

Putaran Inti Dalam Menyebabkan Medan Magnet

Tahukah kamu bahwa medan magnet bumi sebenarnya disebabkan putaran inti dalam? Secara sederhana, inti dalam berperan layaknya dinamo raksasa atau biasa disebut geodynamo

Inti dalam menciptakan arus listrik yang kemudian menghasilkan medan magnet. Meski demikian, lapisan lain juga berperan membentuk medan magnet, tetapi tidak sebesar pengaruh di inti dalam.

Akan tetapi, tahun ini, ilmuwan digemparkan dengan adanya  SAA (South Atlantic Anomaly), yang mana medan magnet tampak penyok dari Amerika Selatan sampai Afrika. 

Menurut penelitian NASA, morfologi magnetis misterius ini disebabkan 2 hal, yakni aliran logam cair di inti dalam dan kemiringan sumbu magnet.

4. Inti Bumi Tersusun dari Zat Padat

Inti Bumi Tersusun dari Zat Padat

Jika inti luar berbentuk cair, maka fakta inner earth berikutnya adalah inti dalam merupakan susunan logam yang padat. Hal ini disebabkan oleh tekanan yang besar di pusat bumi. 

Selain  itu, ilmuwan juga menemukan berbagai unsur-unsur lainnya yang ada di dalam inti dalam, yakni belerang, besi, silikon, dan zat-zat lain yang kerap dipakai pada gelas dan chip komputer.

Sedangkan, terkait bentuk dan ukurannya, inti dalam kerap disebut sebagai bola besi padat. Bola ini memiliki jari-jari 1.220 kilometer atau menyerupai ukuran bulan. 

Oleh karena itu, dapat dikatakan ada bulan berukuran lebih kecil di dalam inti bumi. Sangat mencengangkan, bukan?

5. Inti Bumi Memiliki Suhu yang Tinggi

Inti Bumi Memiliki Suhu yang Tinggi

Percaya atau tidak, inti bumi memiliki suhu yang sebanding dengan suhu di permukaan matahari. Menurut penelitian, suhu inti bumi mencapai 3.000-5.000 Kelvin. 

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab dihasilkan melalui proses 3 unsur yang berbeda. Pertama, adalah sisa panas dari pemesanan bumi; kedua, hasil tekanan inti; dan ketiga, adanya gaya terkait pasang surut dan perihal rotasi bumi.

Artinya, jika kamu membawa batu paling kuat buat ke inti bumi, maka batu tersebut akan meleleh. Dalam hal ini, berlian merupakan batu paling kuat di bumi sampai sekarang. 

Apalagi, jika kamu berniat datang sendiri ke sana. Mungkin, ini gambaran neraka yang sesungguhnya atau bahkan, neraka lebih mengerikan.

6. Inti Bumi adalah Penyelamat

Inti Bumi adalah Penyelamat

Ternyata, fakta inner earth berikutnya terkait inti yang menjadi penyelamat selama jutaan tahun, khususnya dari badai matahari yang mempunyai energi luar biasa. 

Tidak hanya setara 160 miliar megaton bom TNT, badai matahari juga mengandung sinar X dan ultraviolet yang berbahaya. Untungnya, inti bumi, melalui medan magnet dapat menahan hal ini.

7. Inti Bumi Didominasi Belerang

Inti Bumi Didominasi Belerang

Pada awalnya, ilmuwan percaya bahwa inti bumi berisi logam cair super panas. Akan tetapi, para ilmuwan di Universitas Durham mengungkapkan bahwa inti bumi didominasi belerang. 

Tidak tanggung-tanggung, jumlah belerang mencapai 90 persen di massa total. Dengan demikian, jika dikalkulasikan, jumlah ini setara dengan 10 persen dari massa bulan.

8. Sampai Saat Ini, Lubang Terdalam Ada di Rusia

Sampai Saat Ini, Lubang Terdalam Ada di Rusia

Nah, sampai sekarang, lubang terdalam yang pernah dibuat manusia ada di Murmansk, Rusia. Lubang ini dikenal sebagai superdeep borehole, sebab memiliki kedalaman mencapai 12.000 di kerak bumi. Akan tetapi, diameter lubang ini tidak terlalu besar, yakni kurang dari 23 sentimeter.

Demikian, fakta-fakta terkait inner earth atau inti bumi. Selain itu, IndoSuggest juga menyediakan berbagai fakta-fakta unik lainnya, seperti bunga-bunga berwarna hitam yang ada di dunia. Kamu juga memiliki kesempatan untuk request berbagai fakta melalui kolom komentar, ya. Jangan lupa menulis tanggapanmu perihal fakta inner earth yang diulas.