8 Fakta Ratu Nefertiti, Penuh Misteri dan Intrik

8 Fakta Ratu Nefertiti, Penuh Misteri dan Intrik

Indo Suggest - Jika membaca ratu paling terkenal di sejarah peradaban kuno, kamu akan menemukan Nefertiti. Oleh karena itu, artikel ini membahas perihal fakta-fakta Ratu Nefertiti yang terkenal penuh misteri dan intrik. Dalam sejarah, Ratu Nefertiti populer sebagai istri Firaun Akhenaten dan memerintah pada tahun 1353-1336 SM.

Mengintip Fakta-Fakta Ratu Nefertiti

Tahukah kamu dalam sejarah Nefertiti dikenal sebagai ratu paling kontroversial? Pasalnya, bersama suaminya, Ratu Nefertiti merombak kepercayaan Mesir Kuno secara besar-besaran, yakni untuk menyembah Dewa Matahari Aten dan memindahkan ibu kota ke Amarna. Dalam praktiknya, Ratu Nefertiti mewakili aspek perempuan Aten, sedangkan Firaun Akhenaten mewakili laki-laki.

1. Diangkat Sebagai Ratu di Usia Remaja

Fakta Ratu Nefertiti

Ternyata, Ratu Nefertiti menikah di usia 15 tahun, sedangkan suaminya berusia 16 tahun. Awalnya, suami Nefertiti bernama Amenhotep IV, tetapi diganti menjadi Firaun Akhenaten setelah menciptakan gerakan religius yang baru. Gerakan ini dimulai setelah mereka menikah dan memerintah bersama-sama selama 5 tahun.

Dalam agama ini, Nefertiti mencoba menggiring orang-orang untuk menyembah Dewa Matahari Aten. Dengan demikian, Nefertiti dan suaminya kian terpisah dari pemerintahan lama di Mesir kuno. Oleh karena itu, keduanya memutuskan untuk membangun ibu kota yang baru, yakni Amarna.

2. Nefertiti Mempunyai Banyak Gelar

Fakta Ratu Nefertiti usia muda

Seperti ratu-ratu spektakuler pada umumnya, Nefertiti juga memiliki banyak gelar. Tentunya, ini merupakan fakta Ratu Nefertiti yang tidak dapat disanggah. Gelar Ratu Nefertiti meliputi Mistress of Upper and Lower Egypt, Lady of All Women, Great King’s Wife, His Beloved, Main King’s Wife, Lady of the Two Land, Sweet of Love, Lady of Grace, Great of Praises, dan Hereditary Princess.

3. Hidup Sesuai Arti Namanya

Fakta Ratu Nefertiti arti nama

Berdasarkan sejarah, Ratu Nefertiti lahir pada tahun 1370 SM, tepatnya di Kota Thebes, Mesir. Jika diartikan, namanya mempunyai arti wanita cantik telah datang. Kemudian, ketika Nefertiti dan suaminya menggeser agama di Mesir Kuno, Nefertiti memutuskan untuk mengadopsi nama baru, yakni Neferneferuaten yang berarti cantik merupakan keindahan Aten, wanita cantik kini telah datang.

Sesuai dengan namanya, Ratu Nefertiti digambarkan sebagai ratu tercantik di peradaban Mesir kuno. Dia mewakili simbol kecantikan paling ideal di kerajaan tersebut. Ilmuwan juga berhasil mengidentifikasi patung Nefertiti yang ditemukan. Ratu Nefertiti digambarkan memakai mahkota dengan pinggul yang lebar dan memiliki payudara menonjol.

4. Memerintah pada Periode Terkaya

Fakta Ratu Nefertiti kekuasaan
Sumber: DevianArt

Tampaknya, tidak hanya beruntung dilahirkan dengan kecantikan yang layak dikenang orang-orang, Nefertiti juga memerintah di periode terkaya dalam peradaban Mesir kuno. Rasanya, hal ini memperkuat pendapat mengenai penyebab kesuksesan Ratu Nefertiti menciptakan agama baru di masa lalu. Jadi, kekayaan Mesir kuno pada masa Nefertiti dipakai sebagai bahan bakar untuk visi-misi yang dijalankan.

Selain itu, fakta Ratu Nefertiti juga menunjukkan terjadi perkembangan berbeda terhadap gaya artistik ibu kota Mesir yang baru atau Amarna. Di Amarna, Nefertiti membuat gambaran dirinya dan suaminya dengan sosok yang tampak dilebih-lebihkan, khususnya dengan  proporsi kaki dan tangan yang panjang. Namun, para ilmuwan menilai hal ini sebagai ledakan artistik yang berharga.

5. Ratu yang Kuat

Fakta Ratu Nefertiti kuat

Sebagai seorang ratu, Nefertiti dituntut menjadi istri yang kuat di hadapan Firaun Akhenaten. Dengan demikian, Ratu Nefertiti menjadi permaisuri yang disukai sejak awal pemerintahan suaminya. Berdasarkan catatan sejarah, Ratu Nefertiti mempunyai 6 anak perempuan, di mana mereka dinamai sebagai Setepenre, Never Neferure, Neferneferuaten-tasherit, Akhes-en-pa-eten, Meketaten, dan Meritaten.

Walaupun sepanjang hidupnya Nefertiti tidak melahirkan anak laki-laki sebagai penerus tahta, tetapi Firaun Akhenaten tetap menerima Nefertiti dengan baik. Buktinya, berbagai karya seni di Amarna menggambarkan keduanya memiliki hubungan yang kuat dan penuh kasih sayang. Selain itu, Nefertiti juga digambarkan dengan peran memukul musuh, menghadiri seremonial bersama suaminya, dan mengendarai kereta.

6. Nefertiti Ikut Memerintah Sebagai Firaun

Fakta Ratu Nefertiti sebagai firaun

Fakta Ratu Nefertiti berikutnya terkait pemerintahan Mesir kuno sepeninggal Firaun Akhenaten. Di sisi lain, kematian Ratu Nefertiti merupakan sebuah misteri sampai saat ini, sebab namanya lenyap dari catatan sejarah, tepatnya pada tahun 12 sampai 17 di masa pemerintahan Firaun Akhenaten. Dalam hal ini, ilmuwan mulai mengungkap berbagai teori-teori yang populer, seperti Nefertiti yang memutuskan untuk meninggalkan gelarnya.

Teori lain menyatakan Nefertiti memerintah sebagai Firaun itu sendiri setelah suaminya meninggal. Hal ini untuk mengikuti aturan Akhenaten sehingga Nefertiti mengganti namanya menjadi Smenkhkare. Jika demikian, mungkin Ratu Nefertiti mengikuti ratu pendahulunya, yakni Ratu Hatshepsut yang memerintah sebagai Firaun dengan mengadopsi simbol-simbol seorang raja.

7. Mempunyai Hubungan dengan Firaun Tutankhamun

Firaun Tutankhamun Ratu Nefertiti

Yap, Firaun Tutankhamun merupakan Firaun paling terkenal dalam sejarah. Saat Ratu Nefertiti tidak memiliki anak laki-laki, maka Firaun Tutankhamun yang lahir dari selir Firaun Akhenaten diangkat menjadi raja. Jadi, meski tidak mempunyai hubungan darah, tetapi keduanya tetap memiliki hubungan sebagai pemimpin di kerajaan Mesir kuno.

8. Dicintai dan Dibenci

Ratu Nefertiti dicintai dan dibenci

Sebagai ratu yang memerintah dengan intrik, Nefertiti banyak menerima cinta dan kebencian dari orang-orang. Cinta ini datang dari masa pemerintahan yang kaya dan sejahtera, di mana pada masa sebelumnya, Mesir tidak pernah mendapat kekayaan yang melimpah.  Selain itu, Ratu Nefertiti juga dicintai karena kecantikan, kharisma, dan keanggunan sebagai seorang ratu.

Akan tetapi, Nefertiti mulai dibenci saat menciptakan agama baru. Agama ini dinilai meresahkan kerajaan, baik untuk para bangsawan atau rakyat biasa. Kebencian terhadap Nefertiti juga kian memuncak saat memutuskan memberi kepemimpinan aktif di agama yang mempunyai orientasi menyembah dewa matahari Aten.

Demikian, fakta-fakta perihal Ratu Nefertiti yang digambarkan penuh misteri dan intrik. Sampai saat ini, ilmuwan menemukan berbagai peninggalan sejarah yang menggambarkan Ratu Nefertiti dan suaminya di masa lalu. Oleh karena itu, fakta-fakta Ratu Nefertiti dapat disusun sesuai data-data yang ditemukan.