8 Makanan Khas Italia, Ternyata Bukan Hanya Pizza

8 Makanan Khas Italia, Ternyata Bukan Hanya Pizza

Jika mengingat Italia, mungkin kamu membayangkan berbagai makanan khas Italia yang populer. Akan tetapi, selain pizza, Italia juga mempunyai makanan-makanan enak yang layak dicoba oleh berbagai kalangan masyarakat. 

Nah, bagi penggemar pisa, jangan ragu untuk mencoba makanan lainnya, meskipun mungkin kamu berpaling pada jenis makanan yang berbeda.

Makanan Khas Italia Paling Favorit

Sayangnya, entah kenapa di Indonesia, makanan Italia diidentikkan dengan restoran-restoran mewah, tentunya dengan harga makanan yang tidak dinilai murah. Mungkin, hal ini bukan tanpa alasan, sebab makanan-makanan ini kerap disajikan dengan peralatan yang elegan, tentunya dengan penataan dan visual yang memukau. 

Selain itu, sebaiknya juga mencicipi berbagai makanan Italia di negara asalnya.

1. Fettucini Alfredo

Fettucini Alfredo khas italia

Meski terdengar layaknya nama seorang anak laki-laki, tetapi fettucini alfredo merupakan nama makanan Italia yang populer. Sebenarnya, fettucini alfredo adalah makanan sejenis pasta yang banyak dijumpai di gerai-gerai makanan yang ada di dunia. 

Mungkin, jika mendengar kata pasta, kamu langsung membayangkan makanan italia lainnya, yakni spageti.

Akan tetapi, keduanya tetap memiliki perbedaan. Fettucini alfredo biasanya disajikan memakai saus krim berwarna putih. Selain itu, pasta ini juga memiliki ukuran yang lebih lebar. Dengan demikian, kamu bisa membedakannya secara mudah. 

Nah, seperti namanya, fettucini alfredo dibuat oleh koki bernama Alfredo pada tahun 1920-an.

2. Ravioli

Ravioli khas italia

Rasanya, ravioli merupakan makanan khas Italia paling favorit berikutnya. Pada awalnya, ravioli berkembang di masa Romawi. Secara umum, makanan ini terbuat dari ricotta dan bayam. 

Jadi, ravioli menjadi pilihan pas untuk para vegetarian. Ravioli juga kerap disajikan dalam porsi ukuran kecil. Oleh karena itu, orang-orang harus makan ravioli sebanyak 2 sampai 3 porsi.

Mungkin, saat pertama melihat makanan ini, kamu berpikir ravioli adalah sejenis pangsit. Akan tetapi, kamu tidak salah. Pasalnya, ravioli terbuat dari adonan pasta tipis dengan berbagai isian di dalamnya. 

Biasanya, ravioli berbentuk lingkaran, setengah lingkaran, atau bujur sangkar. Selain itu, makanan ini kerap dinikmati dengan kaldu dan saus untuk menambah cita rasa.

3. Lasagna

Lasagna khas italia

Hayo, apa kamu ingat makanan favorit kucing gemuk bernama Garfield? Yap, dalam serialnya, Garfield menyukai makanan Italia bernama lasagna. Makanan ini juga kerap ditemui di berbagai restoran Italia yang ada di Indonesia, lho. 

Dengan demikian, kamu dapat mencicipinya bersama orang-orang terdekat atau membuatnya sendiri di rumah.

Secara umum, lasagna terbuat dari daging, sosis, keju, mozarella, sayuran, makanan laut, dan lain-lain. Selain itu, saat memesan lasagna di restoran-restoran Italia, kamu bisa memilih isian sesuai selera. 

Makanan ini juga populer karena memiliki rasa makanan yang berbeda, yakni pada saus spesial yang membuat lasagna semakin enak.

4. Linguine Alle Vongole

Linguine Alle Vongole

Saat membaca nama makanan linguine alle vongole, sebaiknya jangan mengeluh, sebab makanan ini memiliki rasa yang enak layaknya makanan khas Italia pada umumnya. 

Makanan ini tergolong sebagai pasta bersama spaghetti dan fettucini alfredo. Selain itu, linguine alle vongole juga mempunyai tampilan menyerupai fettucini alfredo.

Sedangkan, hal yang membuat linguine alle vongole berbeda dari pasta lainnya adalah adanya saus vongole. 

Saus ini berasal dari campuran kerang dan bahan-bahan lainnya sehingga memberi cita rasa yang enak dan berbeda. Sayangnya, makanan ini tidak mudah ditemukan di restoran-restoran Italia.

5. Tramezzino

Tramezzino khas italia

Tidak hanya Perancis yang memiliki berbagai roti tradisional di artikel makanan khas Perancis, tetapi Italia juga memiliki roti tradisional yang disebut tramezzino. Makanan ini kerap disajikan dalam potongan segitiga sesuai namanya. 

Tramezzino dibuat dari dua roti yang dibuang pinggirnya sehingga tampak terbuat dari roti putih yang lembut.

Biasanya, tramezzino dimakan sebagai camilan layaknya roti lapis lainnya. Selain itu, kamu juga bisa memilih berbagai isian sesuai selera, seperti ikan tuna, prosciutto, buah zaitun, dan sebagainya. 

Makanan ini tergolong makanan sehat. Oleh karena itu, kamu direkomendasikan untuk sering-sering memakannya, ya.

6. Gnocchi

Gnocchi khas italia

Sebenarnya, gnocchi tergolong pangsit yang dimasak dari tepung dengan banyak isian rasa dan gaya. Misalnya, gnocchi berisi daging atau gnocchi untuk vegetarian. Sebagai saran, makanan ini dinikmati memakai keju dan saus untuk meningkatkan cita rasa. Untungnya, gnocchi dapat ditemukan di banyak restoran Italia, sebab termasuk makanan Khas Italia paling populer.

7. Pasta Carbonara

Pasta Carbonara khas italia

Tidak hanya di restoran italia, tetapi Carbonara banyak ditemukan di berbagai restoran Indonesia. Pasalnya, makanan ini mempunyai cita rasa lezat dan disukai orang-orang di berbagai negara. Biasanya, pasta carbonara disajikan dalam ukuran sedang. Sedangkan, karakteristik makanan ini adalah mempunyai krim kental.

Sedangkan, beberapa bulan sebelumnya, Indonesia populer dengan pasta carbonara yang terbuat dari mie instan. Dari sini, makanan ini kian populer, baik di restoran-restoran atau dibuat memakai tips dan trik khusus di rumah masing-masing. Pokoknya, kamu harus mencoba untuk menemukan rasa makanan yang tiada duanya.

8. Tiramisu

Tiramisu khas italia

Tiramisu juga menjadi makanan tradisional Italia. Sebenarnya, makanan ini merupakan perpaduan sempurna antara kue dan krim yang memiliki rasa lezat dan lembut. 

Mayoritas restoran Italia menyajikan tiramisu sebagai makanan penutup, tentunya dengan es krim di dalam gelas dan lapisan tiramisu di bawahnya. Hal yang membuat tiramisu menjadi idola adalah rasanya yang manis dan pahit.

Demikian, jenis-jenis makanan tradisional di Italia. Makanan ini tidak hanya dinikmati di negara asalnya, tetapi juga tersebar di banyak negara. Setidaknya, hampir semua makanan tradisional Italia juga disukai masyarakat Indonesia, sebab menawarkan berbagai cita rasa yang menarik. 

Oleh karena itu, membuka peluang usaha dengan makanan khas Italia dapat menawarkan keuntungan.