8 Jenis Cokelat di Dunia, Mana Cokelat Favoritmu?

8 Jenis Cokelat di Dunia, Mana Cokelat Favoritmu?

IndoSuggest - Ternyata, kamu bisa menemukan berbagai jenis cokelat di dunia. Jenis-jenis ini memiliki varian rasa, komposisi, sampai karakteristik yang berbeda. Jadi, cokelat tidak sebatas pada produk makanan yang itu-itu saja, apalagi hanya dikaitkan dengan produk makanan berwarna cokelat yang kerap ditemui di pasaran. Penasaran? Kalau begitu, simak artikel ini baik-baik.

Mengenal Jenis-Jenis Cokelat di Dunia


Jenis Cokelat di Dunia

Cokelat membutuhkan proses panjang sebelum dapat dinikmati di toko coklat, seperti proses pemisahan biji kakao, pengeringan, penyangraian, penggilingan, hingga menghasilkan produk-produk cokelat yang familier. Sedangkan, jenis-jenis cokelat secara dominan ditentukan melalui persentase biji kakao dan mentega kakao. Perbedaan komposisi keduanya kerap menciptakan jenis-jenis cokelat yang berbeda.

1. Cokelat Ruby

Jika kamu bertanya mengenai varietas tanaman coklat yang paling baru, mungkin jawabannya adalah cokelat ruby. Pasalnya, varietas ini mulai diformulasikan pada tahun 2017, tepatnya di China. Akan tetapi, secara alami, varietas cokelat ruby sebenarnya dapat ditemukan di Brazil, di mana varietas ini memberi warna kemerah-merahan pada coklat yang dihasilkan.


cokelat ruby

Secara umum, cokelat ruby terbuat dari 47,5 persen kakao dan 26,3 persen susu. Dengan demikian, kamu bisa merasakan rasa coklat yang intens dengan asam yang menyegarkan. Biasanya, cokelat ruby dipakai sebagai camilan atau bahan dasar permen yang warna-warni. Jika disimpan dengan baik, cokelat ruby mampu bertahan selama 1 tahun.

2. Cokelat Putih

Sebenarnya, tidak hanya memiliki warna coklat, tetapi terdapat jenis cokelat di dunia yang berwarna gading atau krem. Nah, melalui warna ini, kamu dapat mengenali produk coklat putih yang populer. Coklat putih dibuat dari komposisi mentega kakao, susu, vanila, gula, dan lesitin. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan aroma vanila yang manis pada jenis cokelat yang satu ini.


cokelat putih jenis coklat enak

Selain itu, coklat putih juga tergolong sebagai jenis coklat yang unik. Pasalnya, cokelat ini tidak mengandung padatan kakao untuk memberi rasa layaknya coklat-coklat biasa atau memberi warna coklat tua. Sedangkan, menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika, cokelat putih merupakan produk yang terbuat dari paling sedikit 20 persen mentega kakao, 14 persen susu, dan 55 persen gula.

3. Cokelat Hitam

Tahukah kamu coklat hitam tergolong jenis cokelat yang populer di dunia? Pada umumnya, coklat hitam kerap disebut sebagai cokelat setengah manis karena memang tidak memiliki rasa yang manis. Meski demikian, orang-orang tetap gemar mengonsumsi cokelat ini secara langsung atau diolah sebagai campuran bahan untuk membuat kue.


coklat hitam kaya manfaat

Baca juga: 8 Obat Herbal Diabetes Mellitus

Jika dibandingkan dengan jenis-jenis cokelat yang lain, cokelat hitam cenderung memiliki komposisi yang sederhana. Biasanya, cokelat ini diproduksi dengan campuran biji cokelat, gula, dan sejumlah kecil lesitin kedelai dan vanili. Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika cokelat hitam harus mengandung 50 persen kakao. Dengan demikian, coklat hitam tidak mengandung susu tambahan.

4. Cokelat Jerman Manis

Jenis Cokelat di dunia berikutnya adalah cokelat Jerman manis. Kira-kira, apa yang kamu pikirkan ketika mendengar nama cokelat ini? Mungkin, kamu segera berpikir bahwa cokelat ini berasal dari negara Jerman. Untungnya kamu benar. Pasalnya, cokelat Jerman manis dibuat oleh pria berkebangsamaan Jerman bernama Samuel German.


cokelat jerman manis lembut

Samuel sengaja membuat coklat Jerman manis agar para pembuat roti dapat menambahkan gula langsung di dalamnya. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab cokelat ini tergolong sebagai dark baking chocolate. Di negara asalnya, cokelat ini sering digunakan untuk membuat kue coklat Jerman.

5. Cokelat Susu

Salah satu cokelat klasik yang kerap disukai orang-orang di masa kecil adalah coklat susu. Pada umumnya, coklat ini memiliki warna cokelat muda dengan tekstur yang lembut. Jika dicicipi, coklat memiliki rasa susu yang enak sehingga menjadi populer. Cokelat susu dibuat dengan mencampur mentega kakao dan padatan kakao bersama susu dan gula. Kadang, pengemulsi juga ditambahkan.



Masyarakat menganggap cokelat susu sebagai cokelat yang baik. Pasalnya, jika dibandingkan dengan cokelat yang lain, cokelat ini memiliki rasa yang lebih manis dan tekstur yang benar-benar lembut. Dengan demikian, coklat susu berada di tengah-tengah antara coklat putih dan coklat hitam. Oleh karena itu, cokelat ini memiliki banyak penggemar, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

6. Cokelat Couverture

coklat Couverture

Mungkin, banyak yang tidak tahu jenis cokelat di dunia yang paling mahal adalah cokelat couverture. Pasalnya, cokelat ini dibuat dari presentasi mentega kakao yang lebih besar jika dibandingkan jenis-jenis cokelat yang lain. Selain itu, cokelat couverture juga dapat meleleh lebih optimal, sebab mengandung cocoa butter yang tinggi. Cokelat couverture kerap digunakan untuk membuat permen.

7. Cokelat Pahit

jenis coklat pahit

Coklat pahit sering disebut sebagai cokelat ekstra pekat, sebab mengandung lebih dari 70 persen kakao. Cokelat ini juga dimakan untuk mengoptimalkan kesehatan. Akan tetapi, seperti namanya, coklat pahit memiliki rasa yang pahit. Kira-kira, apakah kamu tetap ingin memakan cokelat ini? Pasalnya, cokelat populer dengan rasa manis yang khas.

8. Cokelat Semisweet

jenis cokelat semisweet

Jenis cokelat yang terakhir adalah cokelat semisweet. Setidaknya cokelat ini mengandung 35 persen padatan kakao, tetapi sampai sekarang tidak ada pedoman resmi yang mengatur hal ini. Nah, jika mencicipi coklat semisweet, maka kamu akan tahu bahwa cokelat ini berada di antara coklat hitam dan coklat pahit.

Demikian jenis-jenis coklat yang ada di dunia. Jangan lupa untuk mencicipi jenis-jenis cokelat tersebut guna menemukan pengalaman menarik. Selain itu, cokelat juga dapat digunakan sebagai campuran makanan yang lain, termasuk dalam jajanan tradisional Jawa Timur. Pada akhirnya, jenis cokelat di dunia dapat diinovasi dengan makanan tradisional. Lantas, mana jenis cokelat favoritmu?