8 Dampak Perundungan (Bullying) di Webtoon Loser Life

8 Dampak Perundungan (Bullying) di Webtoon Loser Life

Indo Suggest - Apabila kamu penggemar web komik berjudul Lookism dan How To Fight, pasti kamu juga pernah membaca Webtoon Loser Life yang merilis episode terakhir pada 29 Desember 2020 kemarin. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab ketiganya ditulis oleh orang yang sama, yakni Taejoon Park. 

Jadi, tidak heran jika di alur Loser Life kamu bisa menemukan cameo dari tokoh-tokoh di Webtoon Lookism dan How To Fight.

Dampak Perundungan di Webtoon Loser Life

Secara umum, Loser Life mengangkat cerita soal bahaya perundungan di sekolah. Dalam hal ini, nasib korban perundungan, yakni Kim Jinwoo benar-benar menyedihkan. Tidak hanya mempengaruhi mental, tetapi perundungan tersebut juga menghancurkan keluarga dan masa depannya. 

Sampai pada akhirnya, Kim Jinwoo memutuskan melompat dari gedung karena bertemu dengan orang yang menghancurkan hidupnya, yakni Jang Ancheol. Lantas, apa saja dampak perundungan dari web komik tersebut?

1. Pelaku dan Korban Tidak Berakhir Bahagia


Dampak Perundungan di Webtoon Loser Life

Sama seperti judulnya, Loser Life membahas pelaku dan korban yang sama-sama tidak mencapai tujuan melalui perundungan. Di awal cerita, dijelaskan Kim Jinwoo yang gagap hanya bekerja sebagai penggerak boneka iklan di toko ponsel.

Bahkan, sampai kematiannya, Kim Jinwoo mengutuk Jang Ancheol dan ingin kembali ke masa lalu, di mana dia menyesal karena mengalami 4 kejadian loser life yang menghancurkan hidupnya. Sedangkan, pelaku perundungan juga demikian. 

Misalnya adalah Bong Gitae dan Cha Hangoo yang harus masuk penjara. Pasalnya, keduanya tetap bertindak kriminal hingga usia dewasa.

2. Korban Hidup dengan Kebencian


Hidup dengan Kebencian

Webtoon Loser Life menggambarkan secara sempurna betapa menyedihkan kisah Kim Jiwoo. Seumur hidupnya, dia membayangkan bahwa pelaku perundungan akan hidup menderita, tetapi tidak seorang pun dapat menebak hal itu. Nyatanya, Jang Ancheol adalah pemilik toko ponsel yang mempekerjakan Kim Jiwoo. Korban yang tidak dapat menerima ketidakadilan, pada akhirnya melompat dari gedung.

Padahal, pada awalnya Kim Jiwoo bekerja untuk mendapat upah guna mengikuti ujian masuk di universitas untuk ketiga kalinya. Sayangnya, anak laki-laki tersebut harus menyelesaikan hidupnya secara menyedihkan. Lantas, tahukah kamu apa yang Kim Jinwoo inginkan seumur hidupnya? Sebenarnya, dia hanya ingin pelaku perundungan meminta maaf.

Baca juga: Kisah Romantis Webtoon Brothers and Sister

3. Meruntuhkan Mental Seseorang


Meruntuhkan Mental Seseorang

Kira-kira, apa yang kamu pikirkan ketika Kim Jiwoo berkata bahwa hidupnya hancur berantakan? Apakah hal ini memang demikian atau Kim Jiwoo secara tidak sadar melabeli dirinya hancur sehingga tidak dapat mencapai tujuan hidupnya? Apalagi, Kim Jiwoo selalu berharap agar dapat memutar waktu untuk membalas Jang Ancheol dan teman-temannya.

Dalam cerita, juga diterangkan Kim Jiwoo awalnya adalah anak yang pintar, bahkan lelaki berkacamata itu kerap mendapat ranking di sekolah. Namun, sejak Jang Ancheol melakukan perundungan, Kim Jinwoo kerap mengalami kegagalan. Apalagi, sejak dia menjadi gagap karena mendapat tekanan mental yang terlalu besar.

4. Gagap


Gagap

Webtoon Loser Life secara dramatis menggambarkan asal muasal Kim Jinwoo yang gagap. Oleh karena itu, Park Taejoon mengkategorikan hal ini sebagai salah satu kejadian loser life yang menyedihkan. Awalya, Kim Jiwoo adalah laki-laki yang dapat bicara secara normal. Namun, Kim Jiwoo yang ingin membela diri berteriak dengan kencang untuk pertama kali, membuat seluruh kelas menjadi ketakutan. Sejak saat itu, dia menjadi gagap karena perundungan.

Sayangnya, orang tua Kim Jiwoo terlambat menyadari kondisi putranya. Setelahnya, Kim Jiwoo memutuskan untuk pindah sekolah. Selama berhari-hari dia terus berlatih agar dapat bicara normal seperti semula, khususnya ketika masuk ke sekolah barunya. Akan tetapi, bayangan Jang Acheol terus terlintas di kepalanya. Dia mengalami trauma.

5. Menyebabkan Masalah Fisik


Menyebabkan Masalah Fisik

Pada dasarnya, Loser Life lebih condong pada perundungan fisik dibandingkan perundungan secara verbal. Jadi, tidak heran jika dalam cerita terdapat Na Jinsol yang harus merelakan mimpinya karena sifat Jang Ancheol yang kerap mengadu domba. Sebenarnya, Na Jinsol hanya ingin melindungi Kim Jiwoo dari kekerasan yang dilakukan Goo Sangmin.

Akan tetapi, Goo Sangmin justru menampar Na Jinsol hingga tersungkur. Dampaknya, Na Jinsol mengalami masalah pendengaran secara serius. Dengan demikian, seumur hidup dia harus menggunakan alat bantu dengar. 

Oleh karena itu, Na Jinsol tidak dapat mewujudkan mimpinya sebagai polisi. Kemudian, Jang Ancheol juga mengalami patah kaki sehingga tidak dapat mengikuti kejuaraan UFC.

Baca juga: Fakta Mr Queen Drama Korea Selatan

6. Menghancurkan Mimpi Korban


Menghancurkan Mimpi Korban

Webtoon Loser Life menggambarkan tidak hanya Kim Jiwoo yang menjadi korban perundungan, tetapi juga Lim Seulgi. Awalnya, Lim Seulgi sangat percaya diri untuk menjadi seorang penulis light novel. Namun, lagi-lagi Jang Anchoel harus menghancurkan mimpi lelaki tersebut. Dia memaksa Kim Jiwoo membaca tulisan Lim Seulgi di depan kelas. Kemudian, orang-orang mulai menghina ceritanya hingga memustukan untuk berhenti menulis.

7. Merusak Persahabatan


Merusak Persahabatan

Masalah Kim Jiwoo terus berlanjut, di mana dia harus kehilangan dua sahabat baiknya, yakni Na Jinsol dan Lim Seulgi. Sejak peristiwa dengan Goo Sangmin, Na Jinsol tidak pernah bicara dengan Kim Jiwoo. 

Sedangkan, Lim Seulgi harus pindah sekolah sebagai korban perundungan. Keduanya sama-sama mengalami loser life hingga membuat Kim Jiwoo tidak berani untuk bertemu lagi pada mereka.

8. Menghancurkan Bisnis Orang Tua


Menghancurkan Bisnis Orang Tua

Jika berpikir bahwa perundungan akan berakhir di sekolah, maka kamu salah besar. Sebenarnya, Kim Jiwoo benar-benar ingin menjadi anak yang baik untuk kedua orang tuanya. Akan tetapi, Jang Anchol dan teman-temannya justru memaksa Kim Jiwoo membeli bir dari restoran ayam orang tuanya. 

Dampaknya, restoran orang tua Kim Jiwoo harus ditutup. Kemudian, pelaku juga menyebarkan berita palsu di media sosial mengenai hal buruk soal restoran tersebut.

Baca juga: Cara Mengurangi Melihat HP

Demikian berbagai dampak perundungan yang muncul dalam web komik berjudul Loser Life. Selain itu, perundungan juga dapat membuat korban melakukan bunuh diri. Oleh karena itu, Park Taejoon sangat menyoroti hal ini melalui komik-komiknya yang ada di Webtoon. Meskipun, tampak menyedihkan, tetapi Webtoon Loser Life juga dikemas dengan humor ringan yang dapat membuat pembaca tertawa, lho.