8 Fakta Arktik di Belahan Bumi Utara

8 Fakta Arktik di Belahan Bumi Utara

Sebenarnya, Arktik merupakan salah satu tempat terindah di bumi, sama halnya dengan berbagai fakta Arktik yang sebaiknya dipahami orang-orang. Pasalnya, kamu dapat menyaksikan bagaimana lapisan es menutupi permukaan samudra, kemudian membentuk wilayah berpenghuni yang tidak berfragmentasi di bumi.

Fakta Arktik yang Harus Kamu Tahu

fakta kutub utara arktik

Selain dihuni manusia dengan populasi yang terbatas, Arktik merupakan habitat asli untuk berbagai spesies-spesies menakjubkan, seperti beruang kutub hingga paus. Sayangnya, Arktik terus menghadapi berbagai tantangan, khususnya dari perubahaan iklim dan pertambangan minyak dan gas bumi. Oleh karena itu, WWF (World Wide Fund Nature) bekerja sama dengan banyak pihak untuk melindungi keanekaragaman hayati tersebut.


1.      Arktik Berarti Beruang

arti kata arktik

Ternyata, kamu tidak akan menemukan beruang kutub di mana pun, kecuali di belahan bumi utara atau di wilayah Arktik. Artinya, meskipun sama-sama memiliki lapisan es, tetapi kutub selatan atau Antartika bukan habitat alami beruang kutub.

Jadi, tidak heran jika Arktik berasal dari bahasa Yunani, yakni Arktos yang berarti beruang. Akan tetapi, nama ini sebenarnya tidak merujuk pada beruang kutub, melainkan justru pada konstelasi bintang yang muncul di utara wilayah Arktik. Dalam hal ini, kamu mungkin tidak asing dengan Ursa Minor atau beruang kecil dan Ursa Major atau beruang besar.


2.      Mencakup Delapan Negara

arktik mencangkup berapa negara

Fakta Arktik berikutnya perihal seberapa luas wilayah ini. Meski tergolong sebagai samudra terkecil di dunia dan kalah telak dari luas kutub selatan atau Antartika, tapi siapa sangka jika Arktik menaungi delapan negara yang berbeda. Ternyata, dengan negara-negara ini, WWF dapat bekerja sama untuk melindungi keanekaragaman wilayah ini.

Sedangkan, negara yang memiliki wilayah di Arktik meliputi Amerika Serikat, Rusia, Finlandia, Swedia, Norwegia, Islandia, Greenland, dan Kanada. Selanjutnya, delapan negara tersebut berkolaborasi, berinteraksi, sekaligus berkoordinasi melalui forum antarnegara yang populer sebagai Dewan Arktik. Apalagi, Arktik adalah wilayah yang rentan terhadap kerusakan.


3.      Arktik Memiliki Peran Penting

peran arktika kutub utara

Pada dasarnya, Arktik berperan penting untuk manusia. Pasalnya, meski terkenal sebagai tempat yang dingin dan terisolasi, tetapi Arktik tetap dihuni oleh beberapa juta orang. Mayoritas penduduk benua ini tergolong penduduk asli yang berhasil beradaptasi. Tujuannya agar mampu bertahan hidup di lingkungan yang keras.

Selain itu, Arktik juga menjadi satu-satunya habitat untuk berbagai spesies endemik. Misalnya adalah beruang kutub, beluga, narwhal, dan lain-lain. Berdasarkan penelitian, Arktik dan Antartika juga menyimpan sumber daya yang sangat besar, mulai dari cadangan air tawar, perikanan, sampai bahan bakar fosil. Oleh karena itu, orang-orang harus menjaga wilayah ini.


4.      Menghadapi Berbagai Ancaman

fakta arktik

Ternyata, fakta Arktik yang tidak dapat diabaikan adalah ancaman. Sampai sekarang, Arktik terus berhadapan dengan berbagai risiko, yang mana umumnya berasal dari pengelolaan perikanan, pengembangan minyak dan gas bumi, sampai lalu lintas penambangan. Semua aktivitas ini pada dasarnya dapat merusak lingkungan.

Akan tetapi, Arktik juga memiliki ancaman lain yang paling krusial, yakni perubahan iklim yang mampu melenyapkan kutub utara dalam beberapa dekade ke depan. Pasalnya, pemanasan di wilayah Arktik ternyata memiliki kuantitas dua hingga tiga kali lebih besar dari wilayah bumi yang lain. Dengan gerakan yang salah, maka manusia dapat mencairkan es abadi di wilayah Arktik, lho.


5.      Ancaman untuk Beruang Kutub

ancaman untuk beruang kutub

Jika membahas Arktik, rasanya kurang lengkap jika tidak membahas beruang kutub. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab beruang kutub hanya dapat ditemukan di sini dan tidak di tempat lain. Perlu dipahami bahwa beruang kutub mengandalkan es di lautan untuk berburu anjing laut. Sayangnya, dengan berkurangnya jumlah es di Arktik, maka beruang kutub terancam mengalami kelaparan.

Menurut penelitian, beruang kutub sebenarnya tergolong sebagai mamalia laut, yang mana dapat menghabiskan sebagian besar waktu mereka di laut. Akan tetapi, jumlah es yang menyusut mau tidak mau memaksa beruang kutub tetap berada di darat. Tentu saja, hal ini bukan kabar gembira, sebab menyerupai manusia yang dipaksa untuk terus menerus berada di air.

Baca juga:

  1. 8 Fakta Gunung Lico dengan Hutan Tersembunyi di Mozambik
  2. 8 Fakta Machu Picchu, Kota Tersembunyi di Pegunungan Andes


6.      Gletser berperan penting

gletser sungai es

Fakta Arktik yang tidak dapat dipungkiri adalah gletser. Di tempat ini, orang-orang dapat menemukan gletser terbesar di muka bumi. Pada dasarnya, gletser merupakan reservoir air tawar, yang mana menyimpan 75 persen pasokan di dunia. Secara umum, panjang gletser dapat setara dengan lapangan sepak bola, bahkan dapat mencapai panjang hingga lebih dari 160 kilometer.


7.      Arktik Memiliki Bentang Alam yang Beragam

bentang alam arktik

Mungkin, kamu bertanya-tanya apakah seluruh wilayah Arktik tertutup salju? Ternyata, jawabannya adalah lebih dari itu, sebab Arktik memiliki bentang alam yang beragam. Dengan mengunjungi wilayah ini, orang-orang dapat menemukan lautan es, tundra, lahan basah pesisir, gletser, dataran tinggi, pegunungan, sungai lebar, dan lautan itu sendiri.


8.      Mengenal Spesies Penghuni Arktik

spesies penghuni kutub utara

Pada akhirnya, dengan keragaman lanskap di kutub utara, maka kamu pun dapat menemukan spesies endemik selain beruang kutub, beluga, dan narwhal. Pada umumnya, mayoritas spesies-spesies penghuni wilayah Arktik mulai terancam punah, seperti salmon pasifik dan paus abu-abu. Sedangkan, beruang kutub adalah spesies paling ikonik yang populer di dunia.

Demikian fakta-fakta tentang wilayah Arktik atau kutub utara. Jangan lupa untuk berbagi informasi soal wilayah ini pada orang lain, yang mana untuk menggugah kepedulian terhadap lingkungan. Pasalnya, dengan kebiasaan sehari-hari yang salah, mungkin kita juga ikut andil atas penderitaan beruang kutub dan penghuni Arktik yang lain. Selain fakta Arktik, kamu pun dapat membaca fakta Gunung Lico. //