1lBn3oUcMXadgYplTY9quoFOh2yQQsKaYuogpOlq

8 Aplikasi Daring Selain Zoom Gratis dan Berbayar

Sebenarnya ada banyak aplikasi daring selain Zoom yang patut diketahui. 

Berbagai kegiatan dan pertemuan kini diselenggarakan serba online. Untuk itu, diperlukan aplikasi yang dapat menghubungkan para peserta pertemuan, salah satunya adalah Zoom. Selain Zoom, ada beberapa aplikasi meeting online lain yang bisa digunakan. 

Pada kesempatan kali ini ada 8 aplikasi daring selain Zoom yang akan kita bahas.


Pilihan Aplikasi Daring Selain Zoom 

Beberapa jenis aplikasi yang bisa menjadi rekomendasi daring, meeting, dan urusan online lainnya adalah sebagai berikut.

1. Google Meet

Aplikasi daring selain Zoom Google Meet

Salah satu yang bisa Anda gunakan adalah aplikasi Google Meet. Aplikasi meeting online ini terintegrasi dengan layanan Google lain semisal Google Calendar dan Google Docs. Aplikasi yang semula bertajuk Hangouts Meet ini bisa pengguna nikmati secara gratis dan mudah. 

Sayangnya, kapasitas maksimal peserta rapat hanya berjumlah 25 orang saja. Namun, Google juga menyediakan paket berbayar agar meningkatkan kapasitas peserta.  

2. Microsoft Teams

Microsoft Teams daring

Aplikasi meeting online besutan Microsoft ini dapat Anda integrasikan dengan Office 365. Dengan demikian, anggota grup Conversation Channels dapat langsung membagikan dan mengakses seluruh aplikasi yang pengguna perlukan. Fitur tersebut membantu pekerjaan terkelola dengan baik. 

Selain itu, fitur bot membantu sekali untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan secara otomatis.  

3. Slack

Slack untuk daring

Panggilan audio atau video juga dapat dilakukan dengan aplikasi video conference Slack. Menariknya, Slack dapat terkoneksi dengan berbagai aplikasi lain. Dengan demikian tak perlu buka-tutup aplikasi yang bikin pekerjaan jadi lebih fokus. 

Versi gratis aplikasi ini hanya menunjang panggilan video antar 2 pengguna saja. 

4. Adobe Connect

Adobe Connect daring dan pembelajaran

Selain Photoshop, ternyata Adobe juga merilis aplikasi video conference Adobe Connect. Fitur screen sharing jadi keunggulan utama Adobe Connect. Misalnya fitur pods (beberapa tampilan layar yang terbuka dalam satu waktu) mempermudah alih layar tampilan di hadapan peserta. 

Sama seperti layanan Adobe lain, Adobe Connect menggunakan skema berlangganan mulai dari 50 USD per bulan.  

5. BlueJeans Meetings

BlueJeans Meetings daring dan pembelajaran

Kenyamanan dan kualitas audio-visual menjadi keunggulan dari aplikasi meeting online satu ini. BlueJeans menawarkan kejernihan audio dengan sistem Dolby Voice dan kualitas video High Definition (HD). Selain itu, host juga dapat memberikan akses kepada peserta untuk mengoperasikan presentasi. 

Keunggulan BlueJeans membuat meeting online terasa seperti pengalaman di bioskop bahkan bisa menggunakan HP saja. 

6. GoToMeeting

GoToMeeting Daring dan Pembelajaran

Perlu menyimpan hasil rekaman pertemuan? GoToMeeting jadi pilihan paling pas. 

Dibandingkan kapasitas penyimpanan Zoom yang hanya 1GB, fitur unlimited storage GoToMeeting terasa sangat lega. Tak hanya itu, dengan memanfaatkan kemampuan Bandwidth Adjustment performa video selama meeting jadi lebih stabil. 

7. Cisco WebEx

Cisco WebEx untuk daring dan pembelajaran

Bila keamanan meeting jadi isu utama, Cisco WebEx merupakan pilihan tepat. Aplikasi daring selain Zoom satu ini memiliki sistem keamanan paling mumpuni ketimbang alternatif yang lain. Tentu kita tidak ingin meeting penting diusik pengganggu. 

Cisco WebEx juga dapat digunakan untuk komunikasi pesan, berbagi file dan media, serta terhubung dengan cloud storage. 

8. Zoho Meeting

Zoho Meeting aplikasi daring

Alternatif aplikasi seminar online terakhir menawarkan layanan dengan harga miring. Meski murah, Zoho Meeting tetap menawarkan fitur beragam. Fitur-fitur tersebut antara lain screen sharing, chat group, manajemen meeting, rekaman meeting, dan integrasi email. 

Layanan video conference Zoho Meeting juga dapat dinikmati tanpa download. Hanya dengan menambahkan extension Zoho di browser, kita sudah dapat memulai meeting online. 

Demikian 8 aplikasi daring selain Zoom yang bisa menjadi pilihan menunjang aktivitas pertemuan online. Dengan berbagai pilihan tersebut, waktu work from home dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dan lebih produktif.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar

close