1lBn3oUcMXadgYplTY9quoFOh2yQQsKaYuogpOlq

Niagahoster Promo

Mail Hosting

8 Cara Screenshot di Laptop untuk Semua Merek Pasti Work

Indo Suggest - Bagi para penggunanya, cara screenshot di laptop merupakan pengetahuan wajib. Pasalnya, tidak sedikit kegiatan yang mengharuskan kita membuat tangkapan layar. 

Contohnya, mengirimkan bukti kegiatan atau transaksi, membuat video atau artikel tutorial, menyimpan informasi penting, dll.

Melakukan screenshot di laptop sangat mudah, bahkan hanya membutuhkan hitungan detik. Hal ini karena setiap laptop sudah menyediakan tombol shortcut khusus yang terletak di deretan kanan atas bertuliskan PrtSc.


Tutorial Screenshot Layar untuk Semua Laptop

Cara screenshot di laptop ada bermacam-macam. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas 8 tutorial screenshot di laptop yang paling mudah dan umum untuk semua merk.

Cara Screenshot di Laptop
Cara Screenshot di Laptop

1. Tombol PrtSc

Sebagaimana namanya, PrtSc adalah singkatan dari Print Screen. Pada setiap merk laptop, tombol ini selalu ada dengan fungsi yang sama, yaitu screenshot layar.

Cara menggunakannya, kunjungi laman yang ingin kamu screenshot, kemudian klik tombol PrtSc. Setelah itu, buka aplikasi Paint (aplikasi bawaan, setiap laptop ada), lalu salin dengan menekan Ctrl+V.

Halaman Paint akan menampilkan gambar layar yang sudah kamu screenshot sebelumnya dalam tampilan penuh. Di sini, kamu bisa mengedit hasil screenshot tersebut sesuai kebutuhan seperti memotong bagian-bagian yang tidak perlu.

2. Kombinasi Tombol Windows+Shift+S

Caranya:

  1. Masuk ke halaman yang ingin kamu screenshot;
  2. Tekan kombinasi tombol Windows+Shift+S;
  3. Akan muncul kotak dialog yang menghendaki kamu mengatur bagian mana yang ingin ditangkap. Gunakan kursor untuk menarik bagian yang ingin kamu tangkap;
  4. Jika sudah, perhatikan bagian kanan bawah layar akan muncul kotak dialog, klik;
  5. Kamu akan masuk dalam halaman Snip and Sketch. Pengguna bisa mengedit hasil screenshot di bagian ini dengan memberikan coretan, menghapus bagian tertentu, dll;
  6. Jika sudah tepat, klik icon save yang terletak di bagian kanan atas;
  7. Kamu bisa merubah nama file sebelum disimpan dan memilih menyimpan gambar di folder mana.

Cara ini sudah terbukti berhasil di berbagai merk laptop seperti Lenovo. Huawei, dll. 

3. Kombinasi Tombol Alt+PrtSc

Cara screenshot di laptop selanjutnya adalah kombinasi tombol Alt+PrtSc. Seperti sebelumnya, proses screenshot ini juga melibatkan aplikasi Paint sebagai media mem-paste gambar agar tidak terpotong.

4. Kombinasi Tombol Windows+PrtSc

Pengguna laptop Asus mungkin sudah tidak asing dengan cara yang satu ini. Tombol Windows+PrtSc merupakan trik screenshot layar yang mudah dan tanpa harus melewati aplikasi lain seperti Paint atau Snip and Sketch.

Hasil gambar akan langsung tersimpan dalam folder picture.

5. Aplikasi Snipping Tools

Selain melalui tombol shortcut atau kombinasi tombol-tombol, Windows 10 juga menyediakan aplikasi khusus untuk membuat screenshot. Aplikasi tersebut adalah Snipping Tools.

Untuk menggunakannya, kamu tinggal memasukkan keyword snipping tools pada kolom pencarian Windows. Selanjutnya, kamu tinggal mengikuti prosedur rekam layar dari aplikasi tersebut. Aplikasi Snipping Tools juga sudah tersedia sejak di Windows 7.

6. Aplikasi LightShot

Trik screenshot simpel selanjutnya adalah melalui aplikasi LightShot. Aplikasi ini memiliki prosedur yang sangat mudah dan cepat untuk screenshot dan menyimpan hasilnya.

7. Aplikasi PhotoScape

Selain mengedit foto, aplikasi PhotoScape juga memiliki fitur tangkapan layar. Sebagai basicnya, tentu saja keunggulan PhotoScape terletak pada keleluasaan kamu untuk mengedit hasil screenshot secara maksimal.

8. Kombinasi Tombol Windows+Volume Turun

Melakukan tangkapan layar akan sangat berguna di masa sekarang, misalnya untuk keperluan dalam menggunakan aplikasi daring selain Zoom.

Jika kamu menggunakan produk Microsoft Surface pada merk laptop Acer atau lainnya, cara screenshot di laptop yang paling simpel adalah menggunakan trik ini.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar