1lBn3oUcMXadgYplTY9quoFOh2yQQsKaYuogpOlq

8 Jenis Ayam Hias yang Sedang Naik Daun dan Populer

Ayam hias merupakan jenis ayam yang memiliki tampilan fisik yang istimewa daripada bentuk ayam pada umumnya. Itulah sebabnya, alih-alih dipotong, ayam ini lebih dinikmati keindahannya.

Bisnis ayam hias memiliki cukup banyak peminat, baik di lingkup lokal maupun mancanegara. Bagi kamu yang gemar dengan ayam hias, tak ada salahnya mempertimbangkan untuk mulai merambah bisnis tersebut.


Aneka Jenis Ayam Hias yang Hits di Tahun 2021

Sebelum memutuskan lebih jauh berkiprah dalam dunia ayam hias, ada aspek yang penting sekali untuk kamu ketahui. Topik tersebut ialah jenis-jenis ayam hias yang akan hits di tahun 2021 ini.

Apa saja jenisnya? Berikut ulasannya:

Jenis ayam hias Plymouth Rock
Jenis ayam hias Plymouth Rock

1. Ayam Eropa

Ayam Eropa terkenal pula dengan sebutan Poland. Ayam hias asal daratan Eropa ini memiliki ciri khas berupa jambul yang lucu. Selain itu, perawakan ayam yang tinggi dan besar juga menjadi daya tarik tersendiri.

2. Ayam Serama

Bagi kamu yang suka gemas dengan hewan-hewan kecil, ayam Serama sepertinya wajib menjadi salah satu koleksi. Jenis ayam yang berasal dari Malaysia ini umumnya memiliki ukuran maksimal 15 sampai 20 cm saja.

Keunikan lain terletak pada postur ayam ini. Meskipun ukurannya sangat mini, tubuh ayam ini sangat tegap. Terkesan seperti menantang siapapun yang ada di depannya. Terkadang ayam Serama juga digunakan untuk pertarungan. 

3. Ayam Brahma

Nama Brahma diambil dari negara asalnya di India yaitu wilayah Brahmaputra. Ayam ini pada dasarnya adalah jenis petelur dan pedaging karena rasa dagingnya cukup lezat begitupun jumlah telurnya.

Namun seiring berjalannya penyebaran ayam Brahma di beberapa wilayah lain. ayam ini mulai diadopsi menjadi ayam hias. Bulu-bulu khas di kakinya menjadi daya tarik ayam ini.

4. Ayam Mutiara

Varietas ayam ini berasal dari daratan Afrika. Entah siapa yang pertama kali memberikan nama ‘mutiara’ pada ayam yang hidup di padang sabana dan semak-semak ini.

Bukan sebagai unggas, ayam mutiara justru masuk dalam kategori burung. Alasannya, ayam ini memiliki kemampuan terbang yang lebih tinggi daripada jenis ayam pada umumnya.

5. Ayam Orpington

Jenis ayam ini sesungguhnya berasal dari daratan Orpington di Inggris. Ras ayam blasteran ini terkenal sebagai petelur yang sangat handal. Oleh karena itu, jangan kaget jika kamu menemukan Orpington betina selalu dalam keadaan gemuk.

6. Ayam Plymouth Rock

Tampilan bulu sepanjang tubuh berwarna hitam putih yang konsisten menjadi ciri khas dari ayam ini. Padahal di negara asalnya yaitu Amerika, ayam ini lebih terkenal sebagai ayam petelur.

Sebagai ayam hias, Plymouth Rock telah berkembang menjadi banyak varietas baru yang berasal dari persilangan jenis-jenis ayam lainnya.

7. Ayam Rhode Island Red

Ayam hias yang berasal dari mancanegara adalah Rhode Island Red atau lebih biasa dipanggil RIR. Selain sebagai ayam hias, RIR juga merupakan spesies yang sangat produktif dalam hal bertelur dan menghasilkan daging.

8. Ayam Sultan

Jenis ayam Sultan berasal dari dari negara Turki. Tampilan fisik ayam Sultan yang unik dan sangat berbeda dengan jenis-jenis ayam lainnya membuat banyak orang mengadopsi ayam Sultan sebagai penghibur di pekarangan rumah mereka.

Cukup demikian dulu 8 jenis ayam hias dengan harga murah sampai ayam harga termahal yang kami prediksi akan sangat hits di tahun 2021. Bagi kamu para pecinta ayam hias, jangan sampai ketinggalan ya..

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar