1lBn3oUcMXadgYplTY9quoFOh2yQQsKaYuogpOlq

8 Jenis Gula yang Populer di Pasaran

Penambahan gula pada minuman dan makanan adalah hal yang umum bagi sebagian besar orang. Tidak hanya gula pasir biasa, saat ini kopi juga menggunakan gula aren sebagai tambahan rasanya. Di pasaran sebenarnya masih banyak sekali jenis gula yang wajib Anda ketahui.


Jenis Gula di Pasaran

Setiap varian gula mempunyai kegunaan dan bentuknya masing-masing. Sehingga, varian gula tertentu bisa saja tidak cocok untuk ditambahkan pada makanan atau minuman tertentu.

Jenis Gula yang Populer di Pasaran
Jenis Gula yang Populer di Pasaran

1. Gula Pasir

Gula pasir terbuat dari bahan air perasan batang tebu. Kemudian mengalami proses pengkristalan sampai menjadi butiran kasar. Gula pasir yang ada di pasaran umumnya memiliki warna sedikit kecoklatan atau putih cerah.

2. Gula Rafinasi

Industri minuman dan makanan biasanya menjadikan gula rafinasi sebagai bahan baku. Sehingga, Anda tidak bisa menggunakannya secara langsung pada minuman atau makanan.

Gula ini terbuat dari gula tebu dan gula bit. Sehingga tidak mempunyai kalori yang berguna untuk tubuh.

3. Brown Sugar

Brown sugar berbeda dengan gula merah atau gula aren. Varian gula yang satu ini terbuat dari gula putih dengan tambahan molasses. Oleh sebab itu, warnanya berubah menjadi kecoklatan.

Kandungan kalori pada brown sugar lebih rendah daripada gula pasir biasa. Selain itu, varian gula ini juga mengandung kalsium, zat besi, dan potasium yang lebih tinggi. Brown sugar mempunyai sedikit aroma karamel, sehingga sangat nikmat saat dicampurkan pada makanan atau minuman.

4. Gula Jagung

Gula jagung berperan sebagai pengganti gula pasir biasa. Karena, gula jagung mempunyai rasa manis yang serupa dengan gula putih. Jenis gula ini terbuat dari jagung giling yang kemudian berubah menjadi sirup.

Gula jagung rendah kalori biasanya menjadi bahan utama produk gula mencegah diabetes. Anda bisa mencampurkan langsung gula ini ke dalam minuman atau makanan yang akan Anda konsumsi.

5. Gula Merah

Gula merah mempunyai khasiat dan kandungan yang berguna untuk membantu program diet Anda. Varian gula ini terbuat dari cairan nira dari berbagai tanaman palem-paleman.

Selain baik untuk diet, gula ini juga cocok untuk penderita diabetes. Karena kadar gulanya sangat rendah daripada gula pasir biasa.

6. Gula Batu

Gula batu terbuat dari larutan gula coklat atau gula putih. Kemudian terjadi proses pengkristalan menjadi seperti batu. Rasa gula batu tidak terlalu manis, sehingga cocok untuk semua jenis minuman dan makanan.

7. Gula Karamel

Karamel adalah jenis bahan pemanis dari proses pengentalan gula dengan cara memanaskannya. Pemanis jenis ini biasanya berguna sebagai pemberi warna dan perasa pada kue.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan gula karamel sebagai penambah rasa untuk makanan gurih. Contohnya seperti popcorn atau keripik singkong.

8. Gula Palem

Gula palem mempunyai indeks glikemik yang jauh lebih rendah daripada varian gula lainnya. Varian gula yang satu ini terbuat dari cairan nira pohon palem. Kemudian, melalui proses kristalisasi sampai menjadi seperti gula pasir yang kecil dan kasar.

Gula palem biasanya bermanfaat sebagai bahan campuran untuk membuat kue bolu atau kue kering. Masyarakat Indonesia mempercayai bahwa gula ini lebih sehat daripada gula pasir.

Demikian berbagai jenis gula yang populer di pasaran beserta kegunaannya masing-masing. Walaupun semuanya berperan sebagai pengubah citarasa minuman atau makanan menjadi manis. Tetapi bentuk, warna, kadar gula, dan kandungan kalorinya berbeda-beda sesuai jenisnya masing-masing.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar

close