1lBn3oUcMXadgYplTY9quoFOh2yQQsKaYuogpOlq

8 Umpan Ikan Hampala Kalau Ingin Dapat

Jenis-jenis umpan ikan Hampala sesungguhnya sangat bervariatif. Akan tetapi, jika kita lihat dari seleranya, ikan ini cenderung karnivora sehingga menyukai umpan sebangsa hewan. Namun tidak menutup kemungkinan juga bisa menggunakan umpan sintetis.

Mungkin sebagian orang kurang familiar dengan nama Hampala. Ikan ini memang terkenal memiliki banyak nama, seperti Hampalong, Ampalong, Palung, Kabarau, Kebarau, Sebaju, Wader, Palung, dll. Beragam nama tersebut tidak terlepas dari fakta bahwa ikan ini terdapat di berbagai wilayah di Asia Tenggara.


Daftar Umpan Ikan Hampala Supaya Gampang Strike

Terutama bagi pemancing pemula, ketahuilah bahwa umpan Hampala tidak sembarangan. Ikan ini tidak doyan lumut, roti tawar, atau mie instan seperti jenis ikan lainnya. Jadi, jangan sampai kamu membuang waktu untuk menunggu umpan yang salah.

Berikut daftar umpan yang manjur untuk ikan Hampala:

Umpan Ikan Hampala Kalau Ingin Dapat
Umpan Ikan Hampala Kalau Ingin Dapat

1. Ikan Kecil

Umpan favorit ikan Hampala yang pertama ialah ikan-ikan kecil, seperti wader atau sebangsanya. Untuk mendapatkan umpan ini, kamu bisa membelinya di toko kebutuhan memancing maupun menjaringnya di sungai. 

Ikan kecil cocok menjadi umpan mancing Hampala di air jernih. Dalam mengaplikasikan, biarkan ikan kecil tetap hidup di ujung kail sehingga bisa memberikan gerakan tubuh yang natural. Hal ini akan membuat Hampala lebih mudah terbuai. 

2. Menje

Kecoa batu atau Menje disebut-sebut memiliki aroma tubuh yang sangat disukai oleh ikan Hampala. Bahkan, kini kamu bisa membeli Menje di toko pakan ternak maupun online shop untuk keperluan memancing.

3. Udang Hidup

Jika kamu sedang memancing ikan Hampala di danau, udang kecil adalah rekomendasi umpan yang tepat. Hampala sangat menyukai udang kecil, terutama yang masih hidup dan segar. Oleh karena itu, lebih menggunakannya sebagai umpan dalam keadaan hidup-hidup.

4. Larva Capung Jekutru

Bagi kamu yang biasa main ke sawah, mungkin tidak asing dengan larva capung Jekutru. Banyak orang mengatakan larva jenis ini dapat diolah menjadi hidangan yang lezat dan menyehatkan.

Tetapi bagi kamu yang hobi memancing, larva Jekutru merupakan salah satu umpan terbaik untuk mendapatkan ikan Hampala. Lebih efektif lagi jika menggunakannya di air keruh.

5. Anak Katak

Meskipun cukup sulit ditemukan, katak kecil adalah menu favorit Hampala. Di perairan liar, Hampala suka berburu anak-anak katak di sudut bebatuan yang lembab. Oleh karena itu, menggunakan anak katak sebagai umpan sangat efektif, terutama di perairan yang jernih.

6. Laron

Musim hujan merupakan waktu terbaik untuk memancing ikan Hampala. Alasannya, musim hujan adalah waktu dimana Laron bermunculan, seakan menyerahkan dirinya untuk umpan bagi para pemancing.

Laron adalah salah satu serangga kesukaan Hampala. Namun tentu saja, kamu harus jeli mengenali keberadaan Laron. Jika ia sudah di depan mata, hampir tidak perlu perlawanan sedikitpun untuk menangkapnya.

7. Umpan Tiruan WTD

Selain menggunakan pilihan umpan-umpan diatas, kamu juga bisa menggunakan umpan tiruan, baik tipe sinking, floating, maupun suspend.

Untuk mendapatkan perhatian lebih dari calon target, gunakan umpan dengan bentuk ikan kecil dan memiliki warna yang cerah. Pada ikan air keruh, umpan kamu harus tetap nampak mencolok.

8. Umpan Spoon

Jika kamu sedang tidak menemukan salah satu umpan tadi, jalan alternatif selanjutnya adalah menggunakan spoon bekas. Meskipun bersifat murah, mudah, dan awet, umpan ini tidak boleh kamu anggap sepele.

Spoon memiliki tekstur dan warna yang sangat disukai oleh ikan Hampala. Adapun cara menggunakannya, bentuk spoon menyerupai ikan kecil. Selanjutnya, kamu boleh mengecat spoon ikan kecil dengan warna terang atau tetap menggunakan warna aslinya (kuning).

Kini, tidak lagi sulit untuk mendapatkan ikan sejuta umat ini. Tak perlu modal besar untuk mendapatkan umpan ikan Hampala, namun hasilnya, jangan tanya.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar

close