1lBn3oUcMXadgYplTY9quoFOh2yQQsKaYuogpOlq

8 Umpan Ikan Jendil atau Patin Liar Paling Efektif

Daging ikan yang lezat dan gurih memicu banyak orang mencari tahu apa umpan ikan Jendil. Para pemancing tersebut bahkan rela menunggu berjam-jam untuk mendapatkan ikan ini. Itulah sebabnya memilih umpan yang tepat sangatlah penting.

Teknik memancing ikan Jendil atau Patin terhitung unik. Ikan ini aktif pada sore dan malam hari, sehingga kamu mungkin harus mengorbankan waktu tidur. Adapun pada pagi dan siang hari, ikan ini menghabiskan waktu di dasar air.


Saran Umpan Ikan Jendil yang Terbukti Ampuh

Memilih umpan ikan Jendil atau Patin memang tidak bisa sembarangan. Apalagi jika kamu memancing di perairan liar. Oleh karena itu, untuk hasil memancing yang memuaskan, pahami umpan-umpan ampuh berikut ini:

1. Usus Ayam

Umpan ikan jendil patin liar usus bacem

Ikan Jendil, Patin maupun kebanyakan ikan pada umumnya menyukai segala sesuatu yang berbau amis dan bertekstur lembut / kenyal. Inilah sebabnya, usus ayam terkenal sebagai hidangan menggiurkan untuk ikan.

Meskipun sudah terbukti ampuh, sayangnya tidak setiap pemancing mau menggunakan umpan ini. Pasalnya, kamu harus memproses usus tersebut hingga membusuk lebih dulu, 

2. Roti Tawar

Umpan ikan jendil patin liar roti tawar

Jendil terkenal sebagai salah satu ikan paling omnivora.  Ia tak membeda-bedakan makanan dan hampir semua yang ada di depannya ia lahap. Tak terkecuali jenis umpan satu ini.

Sebagai umpan, roti tawar perlu kamu campur dengan buah pisang dan air. Setelah itu, bentuk umpan dengan ukuran yang sesuai dengan kail. Jika sudah mendapatkan tekstur yang pas, umpan bisa digunakan.

3. Ote-Ote Weci

Umpan ikan jendil patin liar ote-ote weci

Jika kebetulan di rumah ada gorengan ote-ote weci yang terlanjur basi, jangan langsung dibuang. Kamu bisa memanfaatkan sisa makanan tersebut sebagai umpan memancing ikan Patin dan Ikan Jendil.

Lumayan bukan jika makanan sisa tersebut dapat menghasilkan ikan dengan daging nan nikmat?

4. Kucur

Umpan ikan jendil patin liar kucur

Selain Weci, jenis ikan unik ini juga menyukai jajanan Kucur. Barangkali sebab Kucur memiliki aroma dan warna yang menarik sehingga membuat sang ikan penasaran. Cara mengaplikasikannya sangat mudah, cukup ambil pakai ranting dan gantungkan pada kail.

5. Ayam Tiren

Umpan ikan jendil patin liar ayam tiren

Ayam mati kemaren (tiren) merupakan makanan lezat bagi ikan, meski tak layak dikonsumsi manusia. Harga ayam tiren pun jauh lebih murah daripada ayam segar sehingga sangat terjangkau bagi para pemancing.

Kamu bisa mendapatkan ayam tiren di pasar pada siang hari, tepatnya di pedagang ayam potong.

6. Bakwan

Umpan ikan jendil patin liar bakwan jagung

Makanan satu ini tentu sudah akrab sekali di telinga masyarakat Indonesia. Bahkan ternyata, penggemarnya tidak hanya dari manusia saja, tetapi juga ikan Patin dan Jendil.

Sama halnya seperti Weci, Bakwan bisa menjadi umpan alternatif untuk memancing ikan Jendil. 

7. Pelet Patin

Umpan ikan jendil patin liar pelet

Umpan mancing paling instan, mudah didapatkan, dan tentunya ampuh selanjutnya adalah pelet. Sudah menjadi rahasia umum jika produk ini banyak menjadi umpan pilihan ketika memancing.

Hampir setiap toko ternak menyediakan pelet untuk makanan ikan. Menggunakan umpan pelet cocok bagi kamu yang tidak memiliki cukup waktu untuk membuat racikan umpan sendiri.

8. Ikan Kecil

Umpan ikan jendil patin liar ikan kecil

Pilihan umpan untuk memancing yang terakhir adalah ikan-ikan kecil. Kamu bisa menggunakan ikan kecil asli maupun tiruan. Sebagai omnivora garis keras, ikan Patin doyan segala macam makanan, bahkan dari spesiesnya sendiri.

Kamu bisa mendapatkan ikan kecil khusus umpan di beberapa toko persediaan perlengkapan memancing. Ikan kecil merupakan makanan yang sangat menarik sebagai umpan ikan Jendil.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar

close