1lBn3oUcMXadgYplTY9quoFOh2yQQsKaYuogpOlq

8 Umpan Ikan Nila Terbaru Air Jernih dan Keruh

Sebenarnya, salah besar kalau kamu menganggap mencari umpan ikan nila itu sulit. Pasalnya, Nila masuk dalam kategori ikan yang konsumtif dan rakus sehingga mudah terkecoh. 

Namun tentu saja, jika umpan yang kamu pasang sudah tepat. Selain itu, ikan Nila juga cukup mudah ditemukan. 

Habitatnya yang paling umum adalah sungai, waduk, dan rawa. Kamu juga bisa menemukan ikan ini di dua jenis air, yaitu keruh dan jernih.


Rekomendasi Umpan Ikan Nila Paling Efektif

Umpan ikan Nila sangat banyak jenisnya. Kembali lagi, ikan satu ini memang tergolong tidak rewel masalah makanan. Namun jika kamu ingin menggunakan umpan terbaik, berikut rekomendasinya.

1. Pelet Nila

Umpan nila pelet

Sebagaimana namanya, pelet Nila merupakan produk sintesis khusus untuk makanan ikan Nila. Ia memiliki aroma yang menggugah untuk didekati ikan Nila. Meski tentu saja ikan tersebut sebenarnya kurang familier.

Terlepas dari itu, pelet adalah umpan memancing ikan Nila yang cukup ampuh.

2. Cacing Kroto

Umpan nila kroto

Rekomendasi umpan untuk memancing ikan Nila selanjutnya adalah cacing Kroto. Jika kamu sering membeli pakan burung atau ternak, tentu tidak asing dengan spesies cacing yang satu ini.

Penggunaan cacing Kroto sebagai umpan memancing sangat mudah. Tinggal kaitkan kail kepada cacing, biarkan ia tetap hidup dan bergerak secara alamiah di dalam air. Jika sudah demikian, ikan Nila akan mudah terbuai.

3. Lumut

Umpan nila lumut untuk nila

Berbicara tentang umpan ikan Nila yang paling mudah, sepertinya lumut jawabannya. Kamu tidak perlu membeli atau bahkan mencari ke suatu tempat terpencil. Kamu bisa menemukan lumut di bebatuan atau tepian sungai sebelum duduk untuk memancing.

Adapun kriteria lumut yang paling mereka sukai adalah, memiliki warna hijau cerah, masih segar, dan bertekstur lembut. Selain ciri-ciri lumut tersebut, ikan Nila tidak berminat.

4. Usus Ayam

Umpan nila usus ayam

Berbeda dengan lumut yang bisa menjadi umpan secara dadakan, umpan usus ayam harus melewati proses terlebih dahulu. Kamu perlu mencuci usus tersebut, kemudian merebusnya dan menyimpannya selama dua hari di wadah tertutup.

Usus ayam yang sudah dalam keadaan membusuk adalah umpan menggiurkan untuk ikan Nila yang sudah terbukti jitu mengelabui korbannya.

5. Roti

Umpan nila roti potong

Tidak hanya untuk manusia, beberapa jenis roti diciptakan khusus sebagai umpan memancing ikan. Roti ini terbuat dari campuran tepung, telur bebek, udang, dan vanili. Seluruh elemen kemudian diproses sebagaimana membuat roti pada umumnya.

Umpan jenis ini memang tidak umum untuk kegiatan memancing perseorangan. Umumnya, roti tersebut dibuat untuk event tertentu seperti mancing bersama, dll.

6. Rasbora

Umpan nila rasbora

Bagi kamu yang merasa jijik atau kerepotan dengan pilihan umpan-umpan diatas, langkah alternatifnya adalah Rasbora. Tampilan produk ini mirip pelet. Cara menggunakannya dengan direbus di air hangat hingga kalis.

Tidak hanya ikan Nila, Rasbora juga menjadi makanan favorit untuk beberapa ikan air tawar lain seperti Wader, Bader, dan Uceng.

7. Mie Instan

Umpan nila mie instan

Jangan kaget, mie instan memang bisa menjadi umpan menyenangkan bagi ikan Nila. Namun, cara pengolahannya tidak sama dengan cara konsumsi manusia. Untuk umpan, kamu cukup merendamnya dengan air hangat atau mencampurkannya dengan kuning telur.

Tujuannya agar remahan mi memiliki bau menyengat untuk menarik perhatian ikan Nila.

8.Rumput

Umpan nila pakai rumput kolonjono

Faktanya, rumput juga bisa menjadi umpan untuk memancing ikan Nila. Adapun rumput yang paling mereka sukai adalah jenis Pelembem dan Kolonjono. Rumput adalah umpan ikan Nila kesukaan bagi jenis babon

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar

close