1lBn3oUcMXadgYplTY9quoFOh2yQQsKaYuogpOlq

8 Umpan Ikan Tawes Kecil Sampai Babon Kena

Berburu umpan ikan Tawes sesungguhnya mudah. Bagaimana tidak, ikan ini adalah rajanya air tenang. Dengan demikian, tidak ada kriteria khusus pada umpan ikan yang satu ini.

Saat ini, popularitas ikan Tawes lebih terkenal sebagai produk budidaya. Meski demikian, tidak akan berpengaruh terhadap sensasi mendapatkan ikan tersebut di alam liar. Terutama jika kamu mendapatkannya melalui memancing.


Trik Umpan Ikan Tawes untuk Segala Usia

Bagi para pemula yang masih bingung terkait umpan ikan Tawes yang tepat, jangan khawatir. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas macam-macam umpan mancing Tawes yang paling umum dipakai oleh para senior.

Langsung saja, berikut uraiannya:

Umpan Ikan Tawes Kecil Sampai Babon Kena
Umpan Ikan Tawes

1. Lumut Batu

Umpan lumut adalah pakan ikan untuk memancing sejuta umat. Sering menjadi alternatif bagi mereka yang ingin umpan simpel dan tidak perlu mengeluarkan biaya. Namun begitu, tidak sembarang lumut bisa menjadi umpan.

Ikan Tawes menyukai kriteria lumut berwarna hijau cerah, masih segar, dan bertekstur lembut. Lumut adalah makanan alami ikan di habitatnya, sehingga kemungkinan umpan akan tersambar lebih besar.

2. Menje

Umpan ini tidak kami rekomendasikan untuk kamu yang phobia dengan kecoak. Menje sendiri memiliki nama lain kecoa batu karena bertempat tinggal di bebatuan.

Siapa sangka, ukurannya yang kecil dengan warna tubuh coklat tersebut menjadi santapan idaman para Tawes. Sebagai umpan, kamu tidak perlu membunuh Menje lebih dahulu. Biarkan ia dalam keadaan hidup ketika terkait dengan kail.

3. Pelet

Siapa yang tidak kenal pelet ikan?

Pelet menjadi makanan alternatif untuk ikan, meskipun ia tidak berasal dari habitat alamiah. Faktanya, ikan juga bisa merasa jenuh dengan makanan yang setiap hari tersedia. Oleh karena itu, pelet bisa menjadi selingan untuk membuat mereka penasaran.

Pelet sendiri merupakan produk buatan khusus untuk makanan ikan. Dengan demikian, sudah pasti pelet mempunyai cita rasa dan aroma yang sangat disukai ikan. Oleh karena itu, umpan ini jelas handal.

4. Gajih Sapi dan Kambing

Untuk menggunakan gajih sebagai umpan, kamu harus membuatnya busuk terlebih dahulu. Pertama, masak gajih hingga berminyak kemudian diamkan selama 2-3 hari. Selain itu, kamu juga bisa mencampurkannya dengan bahan lain seperti daging ikan.

5. Usus Ayam

Sama halnya seperti gajih, usus ayam yang akan menjadi umpan harus disimpan dahulu sampai busuk. Caranya, potong usus ayam dengan panjang 5 sampai 7 cm. Tusuk masing-masing potongan pada kail kemudian simpan dalam wadah tertutup hingga beberapa hari.

6. Ote-Ote Weci

Bukan hanya manusia, ikan Tawes rupanya juga menyukai Ote-Ote Weci. Bedanya, kamu tidak perlu memberikan ikan tersebut Weci yang fresh. Sebagai umpan, kamu bisa menggunakan Weci yang sudah basi.

Adapun penggunaannya, silakan potong Weci kecil-kecil kemudian kaitkan dengan kail. Agar lebih baik, kamu bisa mencampurkannya dengan kuning telur bebek. Tujuannya adalah menciptakan aroma yang lebih menyengat.

7. Roti Tawar

Inilah umpan memancing ikan Tawes yang terbilang cukup simpel dan murah. Cara menggunakan roti tawar sebagai umpan adalah dengan memotong roti sebesar kail, kemudian membalurinya dengan kuning telur bebek.

8. Racikan Getuk Tempe

Opsi umpan ikan Tawes yang terakhir dan ampuh untuk memikat ikan kecil hingga babon adalah getuk tempe. Jujur, membuat umpan ini memang membutuhkan sedikit waktu dan tenaga karena kamu harus menghaluskan tempe. Namun khasiatnya, sangat manjur.

Setelah tempe halus, campurkan dengan kuning telur dan garam. Kini, umpan ikan Tawes siap menggoda mangsanya.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar

close