1lBn3oUcMXadgYplTY9quoFOh2yQQsKaYuogpOlq

8 Umpan Ikan Uceng Sungai yang Simpel Tidak Kotor

Sebagaimana pekerjaan-pekerjaan lain, memilih umpan ikan Uceng pun ada ilmunya. Pemancing tidak boleh sembarangan memasang umpan jika tidak ingin waktunya habis untuk menunggu di pinggir sungai. Apalagi jika sasaranmu adalah ikan Uceng.


Variasi Umpan Ikan Uceng Anti Ribet

Tidak bisa dipungkiri, beberapa pemancing memang kurang nyaman menggunakan umpan yang kotor seperti cacing, usus ayam, dan lain sebagainya. Apalagi bagi para pemancing perempuan atau pemula.

Meski begitu terdapat banyak umpan alternatif lain yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan perhatian ikan Uceng. Sebelum semakin penasaran, berikut uraiannya yang sudah IndoSuggest rangkum untuk kamu:

Umpan Ikan Uceng Sungai yang Simpel
Umpan Ikan Uceng Sungai yang Simpel

1. Laron

Pilihan umpan pertama ialah hewan laron. Mungkin inilah alasannya mengapa musim hujan membawa berkah tersendiri bagi para pemancing. Tentu saja karena mereka tak perlu susah payah mencari umpan memancing ikan Uceng.

Menggunakan laron untuk umpan memancing cukup mudah. Kamu tinggal menanggalkan sayap-sayap laron tersebut kemudian mengaitkannya pada kail. Bahkan kamu tidak perlu membunuh laron terlebih dahulu untuk menjadikannya umpan.

2. Mie Instan

Alternatif umpan anti-kotor selanjutnya adalah mie instan. Umpan ini memang cukup familiar untuk memancing beberapa jenis ikan lain. Namun kamu perlu mengolah mie instan terlebih dahulu sebelum menjadikannya umpan.

Caranya, haluskan mie instan kemudian seduh menggunakan air panas. Selanjutnya campurkan dengan beberapa sari buah sebagai essen dan diamkan. Umpan mie instan kini tidak kalah ampuh dengan umpan cacing merah.

3. Kroto

Adapun jenis umpan selanjutnya yang tidak kalah simpel adalah Kroto. Tidak seperti cacing pada umumnya, Kroto adalah cacing hasil budidaya yang dijamin bersih. Jadi, kamu tidak perlu mengotori tanganmu untuk mendapatkannya.

4. Rasbora

Umpan rasbora sangat simpel dan gampang untuk mendapatkannya. Belakangan, umpan rasbora sedang naik daun untuk memancing dengan teknik micro fishing. Teknik micro fishing adalah memancing ikan kecil untuk mengagumi spesies atau menemukan spesies baru di sungai.

Ternyata selain ikan uceng, umpan rasbora juga sangat cocok memancing bader abang, hingga umpan ikan tawes di sungai yang lebih besar. Misalnya di Sungai Brantas, Sungai Kalimas, dan lain sebagainya.

5. Ulat Batu

Kamu bisa menemukan umpan yang satu ini di bebatuan-bebatuan sekitar sungai dangkal. Bentuknya cukup kecil dan seringkali tak kasat mata. Ulat ini juga gemar bersembunyi di antara lumut-lumut bebatuan.

6. Ulat Buah Belimbing

Jika kamu menemui buah belimbing yang sudah membusuk, jangan langsung dibuang. Barangkali di dalamnya sedang bersemayam seekor ulat Belimbing yang cukup disukai oleh ikan Uceng.

Sebagai umpan, kamu bisa langsung menggunakan ulat tersebut untuk memancing ikan Uceng.

7. Roti Klik

jenis umpan selanjutnya adalah roti klik atau kita kenal juga dengan roti crispy crackers, prosesnya hampir sama dengan memakai rasbora. Selain kerenyahannya, roti ini juga memiliki rasa gurih yang unik. Barangkali cita rasa tersebut pula yang membuat ikan Uceng menyukainya.

Untuk menggunakan roti klik sebagai umpan, kamu perlu mencampurkan remahan roti tersebut dengan kuning telur. Pemancing bisa menggunakan telur ayam maupun bebek.

8. Rayap

Jenis umpan hidup lain untuk umpan ikan Uceng tanpa kotor adalah rayap. Kamu bisa menemukan hewan-hewan kecil ini di tumpukan kayu yang sudah lapuk atau rapuh. Selain itu, ada juga di bekas pohon tumbang.

Tips lain untuk memancing ikan Uceng, ia biasa berada di perairan yang jernih dan cukup dalam. Untuk semakin meningkatkan peluang, kamu juga bisa menambahkan beberapa umpan lain seperti seikat ketela untuk mengundang mereka.

Demikian ulasan mengenai 8 umpan ikan Uceng yang paling ampuh.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar

close