1lBn3oUcMXadgYplTY9quoFOh2yQQsKaYuogpOlq

8 Langkah Cara Daftar UMKM Secara Online untuk BLT

Setiap pelaku UMKM di Indonesia seyogyanya mengetahui bagaimana cara daftar UMKM untuk mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT). Adapun jalan untuk mengaksesnya cukup mudah yaitu melalui pendaftaran secara online.

BLT sendiri merupakan dana bantuan dari pemerintah bagi para pemilik UMKM untuk tujuan pengembangan usaha. Bantuan ini bernilai 2,4 juta diinisiasi oleh Menteri Keuangan atas usulan kementerian Koperasi dan UMKM.

Sejak memasuki tahun 2021 hingga saat ini, pendaftaran BLT sudah memasuki gelombang ke-3. Meskipun pemerintah belum mengumumkan kapan pendaftaran akan mulai dibuka, tidak ada salahnya mengetahui sejak dini terkait prosedur pendaftaran.

Persyaratan Pendaftaran UMKM Secara Online

Cara daftar UMKM untuk BLT tahun 2021 terhitung sangat mudah. Faktor pandemi menyebabkan sebagian besar pemerintah daerah menyediakan halaman pendaftaran online, sehingga yang bersangkutan tidak perlu menyerahkan berkas secara langsung ke Dinas Koperasi dan UMKM daerah.

Adapun pendaftaran secara online maupun offline memiliki persyaratan yang kurang lebih sama. Berikut daftar persyaratan berkas untuk daftar bantuan UMKM:

  1. Lampiran fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan Surat Keterangan Usaha (SKU) atau Nomor Induk Berusaha (NIB). Jika melalui pendaftaran online, pendaftar melampirkan berkas-berkas tersebut dalam bentuk scan;
  2. Melampirkan foto usaha;
  3. Mengisi identitas diri pada form yang disediakan oleh Dinas;
  4. Melampirkan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM). Umumnya, dinas terkait yang menyediakan blanko surat ini, pendaftar hanya mengisi bagian yang kosong.

8 Langkah Pendaftaran UMKM Online untuk BLT

Secara keseluruhan, 8 langkah mendaftar UMKM adalah sebagai berikut:

1. Cari Informasi Ketersediaan Pendaftaran Online

Langkah pertama, cari informasi dahulu terkait ketersediaan pendaftaran online di wilayahmu. Informasi tersebut bisa kamu dapatkan melalui website Dinas Koperasi Daerah dan UMKM atau laman pemerintah daerah, bertanya langsung ke dinas terkait atau melalui teman.

2. Lengkapi Keperluan Berkas

Setelah mendapatkan info tentang pendaftaran online, segera lengkapi kebutuhan berkas seperti yang tertera di atas.

3. Klik Link Pendaftaran

Untuk melakukan pendaftaran online, calon pendaftar tinggal klik link yang sudah disediakan. Sebelumnya pastikan dahulu bahwa link tersebut sudah benar.

Gunakanlah link dari sumber yang terpercaya, bukan link asal-asalan yang kamu dapatkan dari sosial media.

4. Isi Seluruh Kolom dengan Data yang Sesuai

Input seluruh berkas scan ke dalam setiap kolom dalam form. Tahap ini membutuhkan jaringan yang stabil agar setiap berkas terupload secara cepat dan sempurna.

5. Isi Data Diri dengan Benar

Selain kolom berkas, pendaftar juga wajib mengisi kolom tentang data pribadi mereka. Isi masing-masing bagian dengan valid dan benar.

6. Lakukan Pengecekan Ulang

Sebagai tahap akhir, lakukan pengecekan ulang terhadap keseluruhan data. Satu kesalahan saja bisa menyebabkan dampak yang fatal.

7. Klik Kirim

Selesaikan proses pendaftaran tersebut dengan klik kirim.

8. Cek Kelolosan Bantuan Secara Online

Setelah melaksanakan cara daftar UMKM, pendaftar tinggal menunggu hasil pengumuman kelulusan. Tahap ini biasanya membutuhkan waktu selama 1 bulan. Pengumuman nantinya bisa kamu akses secara online melalui website.

Dalam rangka penyaluran dana bantuan kepada penerima, pemerintah berafiliasi dengan dua bank ternama di Indonesia yaitu BRI dan BNI. Jadi, untuk mengecek daftar penerima bantuan UMKM secara online, bisa melalui dua cara:

Melalui laman Bantuan Presiden Bantuan Pengembangan Usaha Mikro (BanPresBPUM)

  1. Akses link banpresbpum.id. Bisa langsung ketik url tersebut di kolom pencarian Google;
  2. Pada beranda halaman, masukkan Nomor Induk Keluarga (NIK) di KTP;
  3. Pastikan nomor yang kamu input benar, kemudian klik ‘cari’. Jika nama ditemukan, tandanya kamu berhasil mendapatkan dana BLT. Namun jika tidak, berarti belum berhasil.
  4. Melalui Laman Bank Rakyat Indonesia (BRI)
  5. Akses link bri.co.id/bpum. Kamu bisa mengetik secara manual di kolom pencarian Google;
  6. Masukkan NIK pendaftar ke kolom yang tersedia;
  7. Masukkan kode verifikasi sebagai bukti bagi sistem bahwa pengguna bukan robot. Pastikan mengisi dengan benar;
  8. Klik ‘proses inquiry’;
  9. Tunggu beberapa saat hingga halaman menampilkan status pendaftar terkait, apakah lolos atau tidak.

Adapun untuk pencairan dana BLT, penerima bantuan harus datang langsung ke bank BRI atau BNI terdekat. Proses ini tidak bisa melalui prosedur online karena pihak bank sekaligus melakukan verifikasi terhadap penerima.

Demikian ulasan mengenai keseluruhan prosedur pendaftaran hingga pengecekan kelolosan penerima BLT. Jangan lupa untuk memperhatikan persyaratan penerima sebelum melaksanakan cara daftar UMKM.

8 Langkah Cara Daftar UMKM Secara Online untuk BLT
Photo by Burst from Pexels
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar

close