1lBn3oUcMXadgYplTY9quoFOh2yQQsKaYuogpOlq

8 Peralatan Microfishing yang Kamu Butuhkan untuk Mancing Ikan Kecil

IndoSuggest – Memang, peralatan microfishing sangat berbeda jika dibandingkan dengan peralatan memancing pada umumnya.

Pasalnya, microfishing merupakan teknik memancing ikan-ikan mirco atau ikan yang berukuran kecil. Misalnya ikan wader, uceng, daker, sepat, betik, atau anakan ikan.

Tujuan dari memancing teknik microfishing salah satunya untuk mencari dan mengetahui jenis ikan. Terlebih guna mengagumi keindahan ikan kecil tersebut.

Maka dari itulah, pada dasarnya teknik mancing microfishing bukan bertujuan mencari seberapa banyak ikan.

Peralatan Microfishing yang Harus Anda Ketahui

Memancing ikan-ikan kecil membutuhkan peralatan atau piranti mancing khusus. Mulai dari joran hingga ujung mata kail.

Berikut ini beberapa alat untuk memancing teknik micro secara umum.

1. Joran Microfishing

Hal pertama terkait joran yang khusus. Joran microfishing rata-rata tidak panjang, umumnya ukuran maksimal adalah 5 sampai 8 feet saja (1,5 sampai 2,4 meter).

Kabar baik bagi Anda yang menyukai seni, joran microfishing mayoritas merupakan produk custom atau buatan sendiri.

Misalnya dari fiber optik putih, tegek custom yang sudah diserut dan dikolong, atau dari bambu yang akan menambah kesan elegan serta klasik.

Selain bahan-bahan di atas, ternyata peralatan microfishing untuk jorannya bisa dari lidi, seperti lidi aren yang lentur dan kuat.

Sedangkan action dari joran itu sendiri bebas sesuai keinginan masing-masing. Misalnya joran tulcuk (mentul pucuk) yang hanya lentur di ujungnya saja, joran lentur seperti fiber optik, dan sebagainya.

2. Senar Microfishing

Peralatan microfishing yang tidak kalah penting adalah benang atau senar. Jenis yang sering pemancing micro gunakan adalah senar mono.

Ukuran merupakan hal yang terpenting, senar berfungsi sebagai pengikat antara joran dengan peralatan yang lain seperti pelampung, timah, dan kail.

Maka dari itulah, ukuran diameter senar harus kecil. Maksimal adalah 0,15. Sedangkan yang sering pemancing pakai pada ukuran 0,08 dan 0,1.

3. Pelampung Microfishing

Floater atau pelampung ada jenis khususnya. Pelampung yang berukuran terlalu besar tidak akan efektif. Sehingga membutuhkan pelampung micro dengan ukuran kecil.

Kini di marketplace sudah banyak yang menyediakan pelampung micro. Dengan hanya satu tatakan yang mengikatnya dengan senar utama.

Sedangkan menggunakan pelampung bawang atau pelampung cabai juga tidak masalah, sebab ukurannya sama-sama micro.

4. Timah Microfishing

Ada 2 jenis timah yang umum digunakan sebagai peralatan microfishing, yaitu timah lipat dan timah merica.

Keduanya mempunyai ukuran kecil dan tipis. Timah lipat bisa Anda atur sesuai dengan keadaan spot mancing micro, sedangkan timah merica ukurannya sangat kecil dan sama-sama cocok untuk mancing micro.

5. Kail Microfishing

Ini merupakan ujung tombak untuk peralatan memancing ikan kecil. Baik pada jenis kail Akita Kitsune, Sode, atau Marusode pun bebas.

Ada berbagai merek dari jenis-jenis kail tersebut, misalnya Sasame yang sudah terkenal tajam dan awet.

Ukuran kail micro yang bisa Anda gunakan mulai dari 0,1 sampai dengan 1. Tergantung sasaran ikan target Anda.

6. Assist Hook Microfishing

Peralatan tanago Assist Hook merupakan pilihan atau opsional belaka. Assist Hook tanago micro fishing merupakan rangkaian kail, timah, senar leader, dan swivel micro yang sudah dirangkai.

Tujuannya adalah jika sewaktu-waktu di spot mancing nyangkut dan putus, Anda bisa langsung memasang rangkaian tanpa harus sakit mata.

Sebab pada Assist Hook sudah include kail ukuran 0,1 sampai 0,8 yang bisa Anda sesuaikan dengan target ikan.

7. Umpan Microfishing

Berbicara tentang umpan, ini hal yang sangat panjang. Saya mencoba meringkasnya, sebab umpan untuk mancing microfishing karena tujuannya mancing ikan kecil, maka umpannya juga berukuran kecil.

Beberapa jenis umpan yang bisa Anda gunakan adalah sebagai berikut.

  • a) Cacing merah kecil, ukurannya jauh lebih kecil daripada cacing merah pada umumnya;
  • b) Set buah belimbing, ulat yang berukuran sangat kecil yang ada di dalam buah belimbing busuk;
  • c) Keroto, merupakan larva semut yang belum menetas;
  • d) Jekutru, merupakan larva capung;
  • e) Umpan jadi, misalnya produk dari Rasbora. Bentuknya bubuk halus, simpel, dan cara menggunakannya sangat mudah, cukup tambahkan air sampai pulen.

Selain beberapa contoh umpan di atas, masih banyak lagi umpan untuk mancing tanago microfishing. Anda bisa eksplorer dan merasakan keribetannya.

Sebab, kalau tidak ribet maka tidak seru.

8. Peralatan Microfishing Tambahan

Nah, peralatan selanjutnya merupakan tambahan semata. Tidak ada peralatan ini pun tidak masalah, beberapa hal di atas merupakan peralatan tanago yang pokok.

Sedangkan peralatan tambahan untuk mancing tanago misalnya, baling-baling senar, indikator senar warna-warni (bisa dari stopper atau solder khusus di senar leader), benang PE micro untuk mengikat kail, lem G atau lem kuat, dan tank bening.

Siapkan tank bening, background keren dan natural, serta kamera HP untuk berfoto-foto dengan ikan.

Pakai pula jersey mancing microfishing agar lebih menghayati. Ini merupakan sesuatu yang ribet dan berbahaya, jika Anda belum teracuni, mending memancing ikan dengan simpel dan gampang.

Itulah beberapa peralatan microfishing yang umumnya, sampai sekarang dipakai para pemancing. Kalau ada tambahan khusus, bisa Anda tulis di kolom komentar, ya. Terima kasih.

Peralatan Microfishing yang Kamu Butuhkan untuk Mancing Ikan Kecil
Sumber Pixabay
Related Posts
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar