1lBn3oUcMXadgYplTY9quoFOh2yQQsKaYuogpOlq

5 Jenis Rumput Lapangan Sepak Bola Terbaik

Jenis Rumput Lapangan Sepak Bola Terbaik


INDOSUGGEST - Dalam sepak bola baik nasional ataupun internasional, rumput menjadi salah satu media yang wajib digunakan untuk bermain bola. Meski sepak bola bisa dimainkan dimana saja namun tentu olahraga sepak bola resmi harus tetap menggunakan rumput.

FIFA sendiri memiliki standar untuk rumput ini, misalnya dari jenis, lapisan rumput lapangan sepak bola dan ukurannya. Lapangan Sepak Bola yang menggunakan rumput bagus tentu membuat pemain bola sangat nyaman dan dapat menghindari resiko cidera apalagi kualitasnya yang bagus.

Disini kami akan memberikan beberapa jenis rumput yang biasanya digunakan olahraga sepak bola mulai dari jenis Cynodon Dactylon (CD), Zoysia Matrella (ZM), Axonopus Compressus (AC), Rumput Campuran dan Rumput Sintetis atau buatan silahkan simak dibawah ini.

Jenis-jenis Rumput Lapangan Sepak Bola



1. Cynodon Dactylon (CD)

Cynodon Dactylon merupakan rumput bermuda yang biasanya digunakan oleh stadion-stadion megah yang cenderung memiliki suhu dingin misalnya di Eropa dan Amerika Utara.

Saat menonton pertandingan sepak bola eropa pasti Anda pernah melihat bahwa saat pemain menendang bola rumputnya bisa terkelupas, memang rumput ini sangat rentan terkelupas akibat gesekan dari sepatu pemain.

Tidak hanya digunakan di lapangan sepak bola saja, rumput jenis cd ini juga digunakan untuk lapangan golf, sedangkan untuk perawatan rumputnya tergolong tidak mahal seperti rumput jenis zm.


2. Zoysia Matrella (ZM)

Zoysia Matrella atau biasanya disebut rumput manila, rumput ini bisa di temui di dekat pantai karena media tanamnya ialah pasir.

FIFA pun mengatakan kalau rumput ini bisa digunakan pada lapangan sepak bola yang memiliki iklim tropis, bahkan rumput ini juga merupakan jenis rerumputan dengan kasta tertinggi karena kebanyakan stadion internasional menggunakan jenis ZM.

Saya mengetahui beberapa stadion di indonesia ada juga yang menggunakan rumput jenis ini misalnya Gelora Bungkarno dan Stadiun Gelora Bandung Lautan Api. Tentu biaya pembuatan lapangan sepak bola mungkin cukup tinggi karena kualitasnya juga sangat bagus.

Rumput ini menjadi kesukaan para pemain karena warnanya juga sangat hijau pekat. Teksturnya pun sangat baik dan aman digunakan untuk bermain sepak bola.

Semakin bagus rumput maka semakin mahal juga biaya pengelolaan dan perawatannya, tidak hanya itu harga rumput ini pun sangat mahal maka dari itu menjadi rumput kasta tertinggi.


3. Axonopus Compressus (AC)

Axonopus Compressus biasanya disebut rumput gajah, rumput ini bisa Anda temui di taman-taman wisata atau di alun-alun kota.

Akar dari rumput ini tergolong baik, namun dari daunnya tergolong lebar jadi sangat rentan mengalami kerusakan saat digunakan bermain bola.

Warna hijau dari rumput ini tidak kalah dari kedua rumput yang saya sebutkan diatas, perawatannya pun tergolong cukup mudah.


4. Rumput Sintetis

Dengan berkembangnya teknologi saat ini, dunia sepak bola pun ikut berkembang misalnya adanya rumput sintetis. Rumput sintetis ini perawatannya sangat mudah dari pada rumput alami.

Namun tak banyak yang menggunakan rumput sintetis ini karena banyak yang mengatakan kalau rumput ini berpotensi membuat pemain cedera semakin tinggi, karena rumputnya tergolong kasar dan keras.


5. Rumput Campuran

Kenapa dinamakan rumput campuran ? ya tentu karena rumput campuran biasanya digabungkan dari rumput alami dengan rumput sintetis (buatan). Biasanya stadion yang menggunakan rumput campuran berasal dari Eropa.

Yang saya ketahui rumput buatan nomor 1 di dunia merupakan rumput buatan dari Desso GrassMaster.

Ada yang mengatakan kalau dengan menggunakan rumput ini lebih bagus dan sangat enak untuk digunakan bermain sepak bola. Sistem drainasenya pun tidak kalah dengan rumput alami.

Sedangkan untuk Anda yang ingin buat lapangan sepak bola, serta ingin tau harga rumput atau biaya buat lapangan sepak bola yang bagus Anda bisa menanyakan langsung ke kontraktor lapangan sepak bola yang sangat berkualitas.

Akhir Kata

Mungkin itulah beberapa jenis rumput lapangan sepak bola yang wajib Anda ketahui untuk menambah wawasan. Untuk Anda yang ingin memiliki bisnis atau usaha lapangan sepak bola bisa mengunjungi kontraktor yang kami rekomendasikan diatas tersebut. Terimakasih karena sudah berkunjung semoga bermanfaat.

Related Posts

Posting Komentar

close