1lBn3oUcMXadgYplTY9quoFOh2yQQsKaYuogpOlq

8 Bisnis untuk Pelajar SMP, SMA, SMK dengan Modal Kecil

Banyak bisnis untuk pelajar yang bisa kamu mulai. Meskipun kamu seorang pelajar SMP, SMA, maupun SMK sekalipun.

Pada dasarnya, keadaan yang lumayan sulit begini menuntut kita untuk terus berkembang. Kamu yang masih pelajar, serta telah memiliki kesadaran untuk berkembang dan menghasilkan uang secara mandiri. Itu sudah sangat baik.

Tinggal menjadikannya kenyataan dengan berbagai saran atau rekomendasi usaha untuk pelajar dengan modal kecil namun sangat menguntungkan.

Bisnis untuk Pelajar

Pelajar di zaman modern sekarang sudah mengenal dengan baik teknologi informasi. Dalam bahasa yang lebih sederhana, mereka telah menguasai menggunakan smartphone (HP), laptop, dan produk teknologi yang lain daripada orang dewasa.

Hal ini bisa kamu manfaatkan guna mendapat penghasilan tambahan.

Bisnis untuk Pelajar SMP, SMA, SMK dengan Modal Kecil

8 Bisnis untuk Pelajar SMP, SMA, SMK dengan Modal Kecil

1. Berjualan Voucher Game

Banyak banget pelajar yang menyukai game. Voucher game online menjadi kebutuhan para gamers.

Melihat fenomena ini, kamu bisa memanfaatkannya untuk berjualan voucher. Temukan server penyedia voucher game termurah sebagai distributor kamu.

Kemudian promosikan jualan dengan harga bersaing di pasar. Banyak platform yang menyediakan transaksi jual beli, misalnya di Itemku (https://itemku.com/).

2. Jasa Foto Produk

Bisnis sampingan untuk pelajar ini tanpa ijazah, lho. Jadi walaupun kamu belum lulus, tidak bisa matematika, namun asalkan bisa mengemas foto produk menjadi profesional dan keren tetap dapat membuka usaha ini.

Bisnis untuk pelajar sebagai penyedia jasa foto produk masih belum terlalu banyak diminati. Justru hal ini menjadi kesempatan untuk membuat brand kamu sendiri!

3. Admin Media Sosial

Setiap hari pasti membuka HP, kan? Cobalah mencari cara menjadi admin media sosial. Tentunya dengan memanfaatkan HP, etika berkomunikasi yang persuasif, serta sikap profesional tetap dibutuhkan.

4. Blogger

Hobi menulis namun setiap mengirim tulisan ke surat kabar selalu ditolak? Kita sama dong. Tenang, tenang, guna memberi ruang untuk kamu berekspresi dengan bebas, kamu dapat membuat sebuah blog!

Saran ini terdengar sangat bagus! Bahkan jika kamu memang benar-benar ingin serius di dalam membuat konten tulisan, bisa sekalian menyewa hosting.

Misalnya menggunakan hosting dari Niagahoster ini, diskon sampai 75% lho.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Terus dari mana pendapatannya? Ada program iklan misalnya Google Adsense, program afiliasi, kerja sama dengan blogger atau brand, dan lain sebagainya!

5. Vlogger

Kalau saya hanya menulis nanti tidak terkenal? Baiklah, berarti kamu merupakan seorang yang sangat percaya diri. Bisa menjajal bisnis untuk pelajar sebagai Vlogger.

Rekam, edit, upload YouTube!

6. Jasa Pengetikan

Bisa menulis dengan 10 jari, kamu dapat masuk ke ranah jasa pengetikan. Bahkan, bisa menawarkan jasa artikel di media sosial jika kualitasnya sudah bagus. Tertarik untuk mencobanya? Kamu bisa bekerja sama dengan kami di sini sebagai penulis konten.

Silakan tinggalkan komentar jika berminat!

7. Jasa Desain

Soft selling mendesain baik itu gambar, logo, atau banner keperluan promosi. Di zaman sekarang terus dibutuhkan. Beruntunglah kamu yang menyukai desain-desain di Photoshop, Coreldraw, atau AI.

Manfaatkan kemampuan tersebut untuk membangun agensi kamu sendiri. Membuat jasa desain raksasa, bekerja sama dengan perusahaan besar, dan kabar baiknya semua itu bisa kamu lakukan walaupun masih seorang pelajar.

8. Video Editor

Begitu pula dengan jasa video editor. Sebelum menawarkan jasa ke publik, saran untuk kamu yang ingin membuka jasa video editor adalah membuat portofolio yang menarik!

Misalnya, membangun blog pribadi yang berisi portofolio dan contoh hasil pekerjaan kamu.

Itulah beberapa saran usaha di ranah digital atau online yang cocok untuk pelajar. Memang, bisnis untuk pelajar ada banyak ragamnya, dengan memulainya, kamu akan mendapat tambahan penghasilan sampingan serta pengalaman luar biasa.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar

close