1lBn3oUcMXadgYplTY9quoFOh2yQQsKaYuogpOlq

Cara Menulis Catatan Kuliah yang Benar dan Efektif

INDOSUGGEST.COM - Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menulis catatan kuliah yang benar dan efektif.

Manusia pasti akan mudah lupa apalagi tentang materi perkuliahan. Pasti kita tidak bisa diam saja dan hanya mendengarkan penjelasan dosen, pastinya itu akan mudah dilupakan.Nah untuk itu Anda harus membuat catatan yang baik dan efektif agar mudah diingat. Buat Anda masih bingung bagaimana cara menulis catatan saat kuliah, Anda bisa membaca penjelasan dibawah.


Cara menulis catatan kuliah yang benar dan efektif


Cara Menulis Catatan Kuliah yang Benar dan Efektif

1. Mencatatlah di buku 

Mencatat di buku lebih efektif daripada di gadget, karena bisa menulis sambil menghafalnya dan enak untuk dibaca. Dan hasil riset dari Universitas Princeton juga menunjukkan bahwa tulisan tangan lebih mudah mengingatnya.

2. Menggunakan metode Cornell

Dengan cara membuat dua kolom di satu halaman. Kolom sebelah kanan dibuat lebih besar dari yang kiri atau sekitas 2/3 halaman. Lalu tulisah poin-poin saat diterangkan pada kolom kanan tersebut. Dan kolom kiri diisi setelah kelas selesai tentang istilah penting, poin utama, dan pertanyaan. Kemudiaan dibawah dua kolom tadi tulislah rangkumannya.

3. Variasi warna dalam menulis

Jika menulis dengan warna yang bervariasi akan membuat Anda lebih mudah dalam mengingat dan lebih enak membacanya. Warna juga bisa menjadi penanda, misalnya warna biru untuk menulis rangkuman dan warna merah untuk kata kunci.

4. Menggunakan stiker post it

Stiker post it sangat berguna untuk menulis catatan penting di buku pelajaran. Anda bisa menulis catatan tambahan yang penting dan tempelkan di sela-sela halaman buku.

5. Buat mind map atau peta konsep

Mencatat akan lebih efektif jika Anda sudah bisa membuat peta konsep. Anda bisa mengetahui hubungan konsep satu dengan yang lain, dan mana yang lebih penting. Dan juga gambaran umumnya akan lebih jelas.

6. Catat poin-poin yang penting

Pembelajarn saat di sekolah dan kuliah sangat berbeda. Saat di sekolah akan mencatat apa yang dituliskan oleh guru di papan tulis. Namun saat kuliah sebaiknya Anda mencatat poin-poin penting saja dan nanti menuliskan penjelasannya sendiri agar tidak ketinggalan materi berikutnya dan menghemat waktu.

7. Menulis dengan gaya visual

Dengan menambahkan objek-objek visual seperti gambaran komik, segitiga, kotak, lingkaran, membuat tulisan tebal/miring, pita, atau yang lainnya dengan menggunakan kreativitas Anda akan membuat kita tidak bosan membacanya dan mudah mengingatnya. 

Akhir Kata

Itulah cara-cara menulis catatan kuliah yang benar dan  efektif yang bisa Anda ikutin. Terima kasih telah membaca artikel ini. Terus ikutin artikel lainnya di Indosuggest.


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar

close