1lBn3oUcMXadgYplTY9quoFOh2yQQsKaYuogpOlq

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis 2022

INDOSUGGEST.COM - Kali ini membahas tentang cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis di tahun 2022.

Perguruan tinggi di banyak negara menawarkan beragam beasiswa. Bukan hanya beasiswa prestasi saja yang diperuntukkan bagi pelajar dengan akademik yang hebat. Namun lembaga pendidikan juga menawarkan beasiswa seebagian, kebutuhan hidup, dan penuh yang tersedia luas bagi pelajar asal Indonesia.

Bukan hanya informasi mengenai beasiswa di luar negeri, namun juga informasi mengenai cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis dalam negeri juga bisa Anda temukan.


Cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

1. KIP Kuliah

1) Melakukan pendaftaran online di website sistem KIP Kuliah pada laman http://kip-  kuliah.kemendikbud.go.id atau melalui KIP kuliah mobile.
2) Masukkan NIK, NISN, NPSN, dan alamat email yang aktif
3) Jika validasi sudah berhasil, selanjutnya akan dikirimkan nomor pendaftaran dan kode akses ke alamat email yang didaftarkan.
4) Pilih jalur seleksi (SNMPTN/SBMMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri
5) Menyelesaikan proses pendaftaran di portal seleksi masuk perguruan tinggi sesuai jalur yang dipilih.

2. Beasiswa LPDP

1) Mengisi formulir pendaftaran secara online di laman resmi LPDP di www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id 
2) Unggah dokumen beasiswa LPDP tujuan dalam negeri atau luar negeri.
3) Unggah semua dokumen persaratan dan dokumen pendukung yang relevan.

3. Beasiswa Bidikmisi

Syarat beasiswa ini mempunyai potensi akademik yang baik di sekolah dan termasuk dalam 10 besar terbaik di sekolah serta memiliki kartu KIP. Cara mendapatkannya yaitu :
1) Buka website resmi bidikmisi di laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id 
2) Pilih menu siswa
3) Login dengan nomor pendaftaran dan kode akses yang didapat dari sekolah
4) Pilih menu seleksi
5) Pilih ikuti seleksi pada kolom SBMPTN
6) Lalu akan mendapat KAP dan PIN yang digunakan pada laman pendaftaran SBMPTN di http://sbmptn.or.id

Cara Agar Bisa Mendapatkan Beasiswa

1. Cari informasi program beasiswa

Anda harus mencari informasi program beasiswa yang diincar. Salah satu caranya ialah bertanya pada pihak sekolah atau kampus. Biasanya sekolah atau kampus mempunyai banyak koneksi dengan lembaga yang menyediakan beasiswa kuliah gratis yang bisa Anda coba. Selain pihak sekolah, jangan malu juga bertanya pada teman atau saudara yan memiliki pengalaman lebih banyak. Atau Anda juga bisa mencari informasi melalui sosial media dan google.

2. Memiliki prestasi akademik yang baik

Beragam beasiswa bisa Anda temukan, salah satunya ialah beasiswa prestasi akademik. Akan sangat baik bila Anda sudah mempersiapkan nilai-nilai yang bagus semasa di sekolah karena itu bisa Anda gunakan untuk beasiswa ini. Dan juga sebaiknya Anda mengikuti loma-lomba yang sesuai dengna bakat anda sehingga bisa memenangkannya.

3. Kuasai bahasa inggris dengan baik

Jika Anda ingin mendapatkan beasiswa kuliah, sebaiknya sudah menyiapkan kamampuan bahasa inggris dari jauh hari. Karena hal tersebut bisa mempermudah dalam mendapatkan beasiswa khususnya di luar negeri. Umumnya beasiswa kuliah di luar negeri mengharuskan Anda memiliki skor TOEFL yang cukup tinggi minimal 500.

4. Memenangkan perlombaan di universitas incaran

Terdapt beberapa universitas yang memenangkan beasiswa kuliah bagi mahasiswa yang bisa memenangkan perlombaan di kampus tersebut. Beasiswa ini biasanya disebut beasiswa jalur prestasi. 

Akhir Kata

Itulah cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis. Terima kasih telah membaca artikel ini dan terus ikutin artikel lainnya di Indosuggest.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar

close