1lBn3oUcMXadgYplTY9quoFOh2yQQsKaYuogpOlq

Inilah! 6 Organisasi di Kampus yang Wajib Diketahui

 INDOSUGGEST.COM - Kali ini saya akan memberi tahu mengenai Organisasi di Kampus yang Wajib Diketahui.

Untuk Anda yang akan menjadi mahasiswa baru, Anda wajib mengetahui lebih dulu organisasi apa saja yang ada di perkuliahan yang bisa Anda ikuti. Anda juga pasti sudah tidak asing dengan istilah "kupu-kupu" (kuliah-pulang) dan "kura-kura" (kuliah-rapat). Nah istilah tersebut juga berhubungan dengan organisasi.

Banyak pendapat dari dosen hingga aktivis yang menyarankan bagi mahasiswa untuk aktif mengikuti kegiatan lain diluar perkuliahan, salah satunya mengikuti organisasi kampus. Dalam berorganisasi akan ada banyak hal yang bisa Anda dapatkan. Seperti melatih komunikasi dan yang terpenting menambah relasi atau networking dengan banyak orang.


Organisasi di Kampus yang Wajib Diketahui


Organisasi di Kampus yang Wajib Diketahui

1. HIMA (Himpunan Mahasiswa)

Himpunan mahasiswa ini dibuat dengan lingkup jurusan. Nah disini Anda akan bertemu dengan anggota-anggota dari jurusan Anda sendiri. Tujuan organisasi ini untuk menjalin solidaritas antara mahasiswa jurusan. Program kerja yang dilakukan berhubungan dengan jurusan tersebut. Misal jika jurusannya manajemen, akan ada workshop entrepreneurship, dan juga lainnya.

2. BEM-F (Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas)

BEM-F ini berada di lingkup fakultas. Jadi Anda akan menemui mahasiswa-mahasiswa yang sefakultas. Tugas mereka membuat dan mengelola program kerja di tingkat fakultas.

3. BEM-U (Badan eksekutif Mahasiswa Universitas)

Ini adalah lembaga ekslusif kampus yang beranggotakan mahasiswa dari berbagai fakultas dan jurusan. BEM-U berperan menjalankan kegiatan dan program untuk mahasiswa internal maupun eksternal. 

4. DPM-F (Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas)

Dengan BEM-F sebagai lembaga eksklusif di fakultas, maka terdapat DPM-F sebagai lembaga legislatifnya. Tugasnya untuk membuat undang-undang dan mengawasi serta mengevaluasi kinerja BEM-F.

5. MPM/DPM-U (Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Universitas)

Jika DPM-F diatas hanya beranggotakan mahasiswa dari satu fakultas, maka DPM-U ini beranggotakan mahasiswa dari berbagai jurusan dan fakultas. Berperan sebagai pengawas kinerja kegiatan maupun program yang diselenggarakan BEM-U dan membuat peraturan yang digunakan sebagai acuan proses kinerja dan pekerjaan dari BEM-U.

6. UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)

Organisasi ini menjadi tempat Anda menuangkat bakat ataupun hobi Anda menjadi kegiatan yang positif. Seperti halnya ekstrakulikuler di sekolah, terddapat UKM sepak bola, tari, paduan suara, bahkan hal yang mengarah ke akademis juga.

Akhir Kata

Itulah organisasi-organisasi yang ada di perkuliahan. Terima kasih telah membaca artikel ini. Terus ikutin artikel lainnya di Indosuggest.



Related Posts

Related Posts

Posting Komentar

close